fbpx

Your address will show here +12 34 56 78
Anak, Artikel

Mickey Disney | Feature
Teman-teman pasti tahu, kan, siapa Walter Elias Disney? Iya, benar, dia itu orang yang sekarang lebih dikenal sebagai Walt Disney, seorang pencipta karakter Mickey Mouse yang disuarakan oleh Disney sendiri, serta karakter dari perusahaan Walt Disney lainnya.

Disney lahir di Chicago, Amerika Serikat pada 5 Desember 1901. Ia dikenal sebagai produser film, sutradara, animator, sekaligus pengisi suara. Bahkan, ia menjadi salah satu produser film paling terkenal di dunia.

Disney mendirikan perusahaan yang sekarang dikenal sebagai The Walt Disney Company dan memiliki pendapatan sekitar 35 miliar dolar pertahunnya. Keberhasilannya itu tidak semata-mata diraihnya dengan mudah, Disney melewati banyak kegagalan, sebelum akhirnya bangkit dan menjadi suskes.



Walter Disney | Image

Sejak remaja, Disney suka menghadiri kursus menggambar di Kansas City Art Institute dan Chicago Art Institute. Sewaktu SMA, Disney menjadi seorang kartunis di koran sekolahnya. Akibat perang dunia pertama, keadaan dunia masih belum stabil. Makanya, karya-karya Disney banyak yang berbau kepahlawanan.

Disney dikeluarkan dari sekolahnya pada usia 16 tahun. Setelah dikeluarkan dari sekolah, Disney mencoba bergabung dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Tapi, ia ditolak karena belum cukup umur. Disney juga pernah bekerja sebagai relawan supir ambulans di Perancis, sebelum akhirnya bekerja menjadi pembuat ilkan di koran, majalah, atau untuk bioskop.

Tidak lama, Disney dikeluarkan dari perusahaan koran tersebut dengan alasan bahwa ia tidak cukup kreatif dan tidak memiliki imajinasi yang bagus. Akan tetapi, Disney bertemu dengan seorang kartunis bernama Ubbe Iwerks dan mulai mendirikan perusahaan mereka sendiri.

Perusahaan mereka diberi nama “Iwerks-Disney Commercial Artists” yang menyediakan jasa pembuatan iklan. Namun lagi-lagi, perusahaan mereka tidak berjalan lancar dan berumur pendek.

Disney melanjutkan usahanya dengan membeli studio sendiri dan mempekerjakan banyak animator. Sayangnya, Disney tidak mampu mengurus keuangan, sehingga studionya dililit utang dan mengalami kebangkrutan lagi. Tapi, Disney tidak pernah menyerah. Ia mendirikan lagi sebuah studio di Hollywood, California dan merupakan awal dari Disney Brother’s Studio.

Bersama teman-temannya, Disney kembali bangkit dan mulai mempekerjakan karyawan-karyawan lamanya yang sempat berhenti bekerja karena kebangkrutan perusahaannya. Saat Disney diminta untuk membuat animasi yang akan didistribusikan melalui Universal Pictures, Disney mendapat kabar buruk karena Universal akan menurunkan bayarannya.

Namun, apabila Disney tidak menerima kesepakatan itu, maka proyek tersebut akan dikerjakan tanpa Disney. Sekali lagi, Disney kehilangan karyawannya dan harus bekerja sendirian.



Disney Princess | Image
Setelah mengalami kegagalan lainnya, Disney merasa bahwa ia harus tetap berkreasi. Disney ingat seekor tikus yang pernah dipeliharanya saat dia bekerja di Kansas. Disney dan temannya, Ubbe Iwerks mulai mengerjakan karakter tikus yang kemudian dikenal sebagai Mickey Mouse. Iwerks mengerjakan animasinya, sedangkan Disney mengisi suara Mickey.

Mickey Mouse sangat terkenal pada awal tahun 1930-an. Setelah serial Mickey Mouse, Disney terus menciptakan karakter lainnya, seperti cerita Putih Salju dan Tujuh Kurcaci, Pinokio, dan Alice di Negeri Ajaib. Sambil terus mengembangkan karakter Mickey, Donald Duck, Goofi, dan Pluto. Pada tahun 1940-an, Disney mulai merangcang taman bermain yang sekarang dikenal sebagai Disneyland.

Hingga kini, Disneyland telah dibangun di beberapa negara besar di dunia. Sejak 1960-an, semua usaha Disney mulai terbayar dan Walt Disney Company menjadi produsen utama hiburan di dunia.

Disney meninggal dunia pada 15 Desember 1966, pada usia 65 tahun. Meskipun beliau sudah tidak ada, Disney telah mengispirasi banyak animator yang sampai sekarang meneruskan perjuangannya di bidang animasi.


Disneyland | Image
Pelajaran yang bisa kita ambil dari perjuangan Om Disney ini adalah, meskipun kita gagal, kita harus terus berjuang dan jangan putus asa. Karena kesuksesan akan datang pada orang-orang yang mau berusaha.

Karakter animasi yang telah dihasilkan oleh Walt Disney Company sampai saat ini berjumlah ratusan, lho, Teman-teman. Salah satu karakter Disney terbaru adalah Moana. Kalau karakter Disney favorit Teman-teman, apa, nih? Ceritakan di rumahkkpk.com, yuk!




(Penyunting: Dini Ocktarina)
0

Anak, Artikel
Listening | Feature
Permainan untuk indra pendengaran? Pasti ada yang baru dengar jenis permainan seperti ini, ya? Banyak, lho, permainan yang bisa melatih kesensitifan indra pendengaran. Mau tahu apa saja? Yuk, kita bahas satu-persatu …



Tebak Bunyi | Image
1 . Tebak bunyi.

Permainan ini sebaiknya dilakukan oleh 2 orang atau lebih. Teman-Teman bisa coba bermain dengan beras yang dimasukan kedalam wadah yang terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Misalnya wadah yang berbahan kaleng, plastik, kayu, atau kaca. Atau sebaliknya, kamu isi benda yang berbeda-beda kedalam wadah yang serupa.

Misalkan, koin, biji-bijian, kancing, kacang-kacangan, dan beras. Kemudian, tutup mata kamu dan temanmu akan mulai membunyikan satu-persatu wadah secara acak. Tugasmu adalah menebak wadah mana yang sedang dibunyikan oleh temanmu itu. Seru, kan…



Tongue Twister | Image
2 . Kalimat berantai.

Permainan ini lebih asyik jika dilakukan dengan teman-teman, semakin banyak pesertanya, akan semakin seru. Cara bermainnya begini, persiapkan kalimat-kalimat rumit contohnya

“Dudung, ambilkan dandang di dinding dong, Dung!” atau “Kuku kaki kakak kakak ku kayak kuku kaki kakek kakek ku.”

Lalu, bisikkan kepada temanmu, dan suruh temanmu membisikkannya ke temanmu yang lain, berurutan sampai pada orang terakhir harus mengulang kalimat tersebut dengan benar. Permainan ini dijamin seru banget dan bikin ketagihan.

Selain melatih indra pendengaran, jenis permainan ini juga melatih daya ingat, lho …



Nada | Image

3 . Tebak Kunci Nada.

Kalau kalian suka musik dan berminat untuk memperdalam pengetahuan bermusik, permainan ini bisa dicoba untuk melatih sensitifitas telinga kamu terhadap nada.

Caranya begini, siapkan aplikasi piano dari gadget kamu, atau bisa menggunakan pianika. Kemudian, suruh temanmu membunyikan satu tuts piano, dan tugasmu adalah untuk menebak kunci nada apa yang temanmu bunyikan tadi.



Mengejar Suara | Image

4 . Mengejar suara.

Dimainkan oleh dua orang atau lebih. Caranya gampang, kamu sebagai orang yang akan mengejar suara harus menggunakan penutup mata. Kemudian temanmu bertepuk tangan dan kamu harus menghampiri sumber suara sampai kamu menangkap temanmu. Pastikan tempat bermain kalian cukup luas, ya… Supaya tidak menabrak barang-barang disekitar kalian.


Permainan-permainannya seru, kan, Teman-Teman? Ceritakan pengalaman kamu setelah bermain permainan ini di rumahkkpk.com , ya …



(Penyunting: Nizar Tegar)
0

Anak, Artikel, Tips

Kalung Karin Featured
Halo teman-teman! Pasti di rumah teman-teman seringkali ada barang bekas yang tidak terpakai. Daripada dibuang begitu aja, lebih baik kalau kita menjadikannya sesuatu yang bisa bermanfaat.

Bagaimana kalau kali ini kita membuat kerajinan tangan, yuk! Karin punya ide nih …, kita akan membuat pernak-pernik dari kertas. Manik-maniknya kita buat sendiri dari bahan kertas bekas. Paling bagus sih kalau bahannya dari kertas majalah supaya berwarna-warni gitu.

Alat dan bahannya Karin jamin gampang didapat, cara membuatnya juga gampang banget kok. Kita ikutin cara-caranya dibawah ini. Pertama, persiapkan alat dan bahannya dahulu, ya …

Alat dan bahan:

Membuat Kalung Lucu
  1. Gunting
  2. Jarum jahit
  3. Lem kertas
  4. Majalah bekas
  5. Benang
  6. Bandul kalung atau manik-manik besar


Cara membuat:


Membuat Kalung Lucu
  •  
  • Gunting kertas majalah menyerupai segitiga memanjang. Usahakan semua kertas sama panjang, supaya hasil manik-manik kertas yang kalian buat berukuran sama. Buat sekitar 30 sampai 50 buah, tergantung panjang kalung yang kalian akan buat.

  • Gulung kertas dari bagian yang terlebar menuju bagian terkecil, beri lem pada ujung gulungan supaya bentuknya tidak berubah. Pastikan bagian tengahnya tetap memiliki lubang untuk benang ya…
  •  
Membuat Kalung Lucu
  •  
  • Masukan benang kedalam jarum. Jika benang jahit terlalu tipis, buatlah berlapis-lapis sampai benang menjadi lebih tebal dan kuat. Kemudian masukan manik-manik kertas kedalam benang melalui jarum sampai terbentuk untaian. Hati-hati tertusuk ya, teman-teman.
  •  
  • Setelah kalian mendapatkan panjang yang sesuai dengan keinginan, jangan lupa masukan bandul untuk mempercantik kalung kalian. Kemudian, ikat kedua ujung benang menjadi simpul mati.
  • Selesai!
  •  
Membuat Kalung Lucu
Gimana, teman-teman? Cantik kan kalungnya? Selain kita menjadi lebih kreatif, kita juga telah membantu menjaga lingkungan karena kita membuatnya dari bahan bekas. Benar kan yang Karin bilang, cara membuatnya gampang banget! Selamat berkreasi!


Punya pengalaman membuat karya seni atau aksesoris dengan bahan bekas? Bagi pengalaman kamu di rumahkkpk.com ya teman!




(Penyunting Nizar Tegar)


0

Anak, Artikel

Boneka | Feature
Teman-Teman di sini pasti suka bermain boneka, kan? Boneka yang paling sering kalian temui pasti boneka Barbie atau Teddy Bear. Tahu, tidak? Boneka itu sangat banyak macamnya, lho … Sekarang, kita bahas berbagai boneka unik dari penjuru dunia, yuk!


Kokeshi | Image

Kokeshi


Boneka Kokeshi ini berasal dari negara Jepang. Boneka yang terbuat dari kayu ini biasanya menggambarkan sosok seorang anak perempuan dengan bagian kepala dan tubuh saja, tidak ada bagian tangan dan kaki. Kendatipun berbentuk tidak sempurna seperti Barbie, boneka ini tetap lucu dan menggemaskan.

Kokeshi ini mulai dibuat sejak pertengahan zaman edo, sekitar tahun 1603-1867, sebagai mainan anak-anak. Sampai sekarang dibuat dan menjadi oleh-oleh khas dari Jepang untuk para wisatawan. Lucu banget, ya?

Hinamatsuri | Image

Hinamatsuri

Lagi-lagi dari negara matahari terbit, nih, Teman-Teman. Boneka Hinamatsuri ini adalah boneka yang mengenakan pakaian adat Jepang lengkap dan disusun pada rak berbentuk tangga berundak. Terdiri atas boneka kaisar, permaisuri, dayang-dayang, dan pemusik istana. Boneka ini menggambarkan upacara pernikahan di Jepang. Sejarahnya, Hinamatsuri dirayakan setiap tanggal 3 Maret untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan.

Biasanya setiap keluarga yang memiliki anak perempuan akan memasang satu set boneka di rumahnya. Meskipun merupakan bentuk dari upacara adat, kalian bisa melihat boneka-boneka tersebut saat festival hinamatsuri dirayakan.
  Bisque | Image

Bisque


Boneka Bisque ini merupakan boneka yang terbuat dari porselen atau keramik. Boneka yang berbentuk menyerupai manusia dan mengenakan gaun yang cantik ini berasal dari negara Prancis.

Awalnya, boneka ini dibuat sekitar pertengahan abad ke-19, kemudian mulai populer tahun 1860-an. Eh, lihat, tuh! Matanya terbuat dari kaca, lho… Menurut kalian, boneka ini cantik atau seram, Teman-Teman?

MATRYOSHKA | Image

Matryoshka

Teman-Teman ada yang pernah melihat boneka dengan bentuk serupa dan disusun berurutan dari yang terbesar hingga yang terkecil? Mungkin yang kalian lihat itu adalah boneka Matryoshka.

Boneka ini berasal dari Rusia dan biasanya terbuat dari porselen. Uniknya, boneka ini bisa disusun bertumpuk sesuai dengan ukurannya, lho. Bagian dalam boneka ini merupakan wadah untuk boneka yang lebih kecil.

Model-model boneka Matryoshka dapat bervariasi. Sebagai contoh, bentuk gadis petani dengan pakaian tradisional, karakter dongeng, sampai dengan para pemimpin Rusia. Wah, bisa juga digunakan untuk menghafal urutan presiden, ya? Hihihi ….

Ondel-Ondel | Image

Ondel-Ondel


Kalau yang ini pada tahu, kan? Betul, boneka Ondel-Ondel ini berasal dari negara kita. Tepatnya, merupakan boneka khas dari Betawi. Boneka ini biasanya berukuran sangat besar, lebih besar dari manusia. Boneka ini bisa bergerak, asalkan ada orang dewasa yang masuk ke dalamnya.

Umumnya, boneka raksasa ini dibuat sepasang, yakni boneka dengan topeng warna merah adalah laki-laki, sedangkan yang bertopeng putih adalah perempuan.

Meski pada awalnya Ondel-Ondel digelar sebagai acara penolak bala atau untuk mengusir gangguan roh halus, namun sekarang, boneka Ondel-Ondel sering ditampilkan sebagai salah satu hiburan, penyambutan tamu, atau penyemarak acara.

Wayang golek | Image
Wayang Golek

Wayang golek ini merupakan boneka yang terbuat dari kayu dan berasal dari kebudayaan Sunda. Kata ‘Golek’ sendiri artinya boneka. Pada umumnya, boneka ini dipahat menyerupai tokoh-tokoh pewayangan dengan bagian ujung yang lancip, kegunaannya supaya bisa ditancapkan di batang pohon pisang saat pertunjukan wayang berlangsung.

Boneka ini bukan sekadar pajangan, tetapi bisa dijadikan sebagai pertunjukan. Setiap boneka akan digerakkan oleh seorang dalang dan memiliki perannya masing-masing. Kalian sudah pernah melihat pertunjukan wayang golek, belum?


Teman-Teman punya boneka unik lainnya? Ceritakan di rumahkkpk.com, yuk!



(Penyunting: Nurasiyah Jamil)



0

X