fbpx

Your address will show here +12 34 56 78
Anak, Artikel

 



Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menetapkan Hari Buku Internasional pada tanggal 23 April. Bertepatan dengan peringatan Hari Buku Internasional, di Bandung digelar Festival Hari Buku Anak (FHBA). Hhmm … sepertinya seru, ya?

Pada hari minggu tanggal 23 April 2017 di Bandung diadakan acara seru dan keren yaitu Festival Buku Anak. Acara ini dibuat oleh komunitas Pustakalana, yaitu komunitas yang fokus terhadap dunia literatur anak dan keluarga. Acara ini digelar di Taman Cinta Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kaegiatan ini terlaksana sebagai bentuk dukungan terhadap visi Kota Bandung yang ingin menjadi World Book Capital (Ibu kota buku dunia) pada tahun 2017. Selain sebagai dukungan untuk visi Kota Bandung, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan minat membaca sejak dini.

Karena menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Connecticut, Indonesia menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara dalam hal minat membaca. Sedih banget, kan? Maka dari itu acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan minat membaca masyarakat Indonesia.



Komunitas Pustakalana membuat acara ini fokus pada buku anak-anak. Kak Yasmin Kartikasari sebagai Koordinator Acara Utama menyampaikan “Kenapa kami memfokuskan pada buku anak, karena kami ingin mengenalkan buku ke anak, mendekatkan buku ke anak, karena membaca buku itu membuka dunia. Dan kenapa targetnya anak-anak? Karena merekalah generasi penerus di masa yang akan datang”.

Kegiatan yang dilaksanakan di sana juga beragam, lho! Selain pameran buku anak-anak, ada juga kegiatan permainan yang dilakukan berdasarkan pada buku seperti bercerita (story telling), membuat kerajinan tangan, mewarnai boneka kayu, dan banyak lagi.

Sahabat tahu tidak, kalau buku tidak hanya bisa dibaca saja tetapi bisa juga sebagai media untuk berinteraksi dengan orang tua atau teman-teman. Misalnya dengan membaca buku dengan suara keras (read aloud) dengan teman-teman atau melakukan aktivitas berdasarkan cerita di buku. Seru, kan?



Ada yang spesial juga lho di sana, yaitu workshop KKPK! Nah, di acara workshop tersebut Sahabat bisa dapat tips menulis yang baik dari Kak Rama sebagai editor buku-buku KKPK. Selain itu, ada talkshow dari salah satu penulis buku KKPK yang berbagi pengalaman menulisnya. Kak Admin yakin kalian yang kemarin datang ke workshop ini akan langsung bisa menulis buku!



Selain workshop dan talkshow untuk anak-anak, ada juga talkshow untuk orang tua kalian. Talkshow yang bertema “Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca” dan diskusi publik “Melatih kecakapan Literasi Visual Pada Anak Melalui Buku Bacaan.”

ini akan sangat berguna untuk para orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Supaya orang tua semakin mengerti bagaimana memberi dukungan pada anak-anaknya yang tertarik dalam dunia literasi atau membaca dan menulis.



Hal menarik lain dari festival yang baru pertama kali diselenggarakan di Bandung ini adalah, bahwa festival ini bertema “Good Festival” yang berarti festival ini ramah untuk anak-anak. Di area festival ada larangan untuk merokok dan para pengunjung juga diminta untuk membawa kantung belanjaan sendiri berikut dengan botol minum dan tempat makanan sendiri. Jadi, di festival ini tidak akan banyak sampah plastik seperti di festival lainnya.

Mungkin hal ini dilakukan untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh bertepatan sehari sebelum acara ini dilaksanakan yaitu pada tanggal 22 April. Selain itu, acara yang diselenggarakan di taman itu juga memungkinkan anak-anak untuk bermain dan berlarian di tempat terbuka, yang pastinya aman. Dengan bermain di tempat terbuka juga kalian berkesempatan untuk bersosialisasi dan mendapatkan teman baru!


FHBA4 | Image
Tidak lengkap rasanya jika acara festival tidak dilengkapi dengan bazar dan pertunjukan seni. Di sini juga ada tenda-tenda yang menjual jajanan sehat dan makanan berbahan dasar organik. Tidak ketinggalan sayuran-sayuran organik yang bisa dibawa pulang untuk dimasak di rumah.

Untuk menghibur para pengunjung, disajikan juga pertunjukan seni tari dan musik serta komunitas-komunitas yang aktif menyuarakan gerakan gemar membaca.



Oh iya, KKPK juga punya tenda khusus yang menjual novel dan buku KKPK, lho! Siapa yang kemarin memborong buku KKPK di sana? Ayo foto dan tag kita di instagram KKPK ya! Bagaimana acaranya, Seru banget kan? Sahabat yang tidak sempat datang pasti ingin supaya acara seperti ini segera digelar kembali …

Dan untuk Sahabat yang kemarin datang ke acara keren ini, ceritakan pengalaman kalian selama menghadiri festival itu di rumahkkpk yuk! Kakak admin tunggu lho ceritanya!
0

Anak, Artikel


Kue Terenak | Feature
Setiap negara pasti memiliki kue nasional sebagai pelengkap sajian kuliner di negaranya. Mungkin, yang paling Sahabat ingat adalah kue Dorayaki kesukaan Doraemon dari negeri Jepang. Baru-baru ini CNN membuat survey untuk mendata kue apa saja yang dianggap kue paling enak dari seluruh dunia.

Ada kue dari Indonesia tidak ya? Ini dia hasil surveynya …



1 . Tiramisu dari Italia



Kue yang pertama datang dari Italia. Tiramisu yang memiliki arti “bawa aku” sangat menggambarkan kelezatan kue ini. Karena kita tidak akan keberatan untuk membawa pulang kue ini, kan?

Kue tiramisu biasanya terbuat dari kue spons yang direndam di dalam kopi dan dilapisi dengan krim keju yang manis dan gurih. Rasanya manis dan pada bagian atasnya ditaburi bubuk kopi. Namun sekarang kue tiramisu ini sudah banyak macam rasanya.



2 . Kue Black Forest dari Jerman



Pasti Sahabat tidak asing lagi dengan kue yang ini. Kue ini sering disajikan jika ada perayaan atau pesta seperti ulang tahun atau peringatan hari besar. Kue spons berlapis cokelat ini biasanya dihiasi dengan buah ceri.

Katanya, pencipta kue ini adalah Josef Keller pada tahun 1915 dan kafe Schaefer di Jerman didaulat sebagai pemegang resep asli kue Black Forest ini.



3 . Cheesecake dari Amerika




Dari sekian banyak kue asli asal Amerika seperti Red Velvet dan Brownies ternyata yang dinilai paling enak adalah Cheesecake. Jika diterjemahkan, Cheesecake memang artinya kue keju. Tapi berbeda dengan kue keju yang biasa dikenal di Indonesia sebagai kue kering.

Cheesecake asal amerika ini merupakan kue basah yang teksturnya sangat lembut. Bahan dasar kue ini adalah krim keju yang dicampur dengan macam-macam bahan lainnya. Sampai sekarang sudah sangat banyak variasi dari Cheesecake ini.



4 . Kue Pandan dari Malaysia dan Singapura



Nah, kalau kue ini lebih terkenal dengan sebutan bolu pandan. Mungkin sebagain dari Sahabat belum tahu kalau bolu pandan itu aslinya berasal dari Malaysia/Singapura. Karena bolu ini juga banyak di Indonesia. Bolu lembut ini biasanya berwarna hijau muda dan harum khas daun pandan. Bolu ini juga bisa dihias macam-macam lho!

Di bandara Changi, Singapura ada toko yang menjual bolu pandan ini. Toko yang terkenal adalah toko Bengawan Solo. Hhmm … terdengar Indonesia sekali, ya?



5 . Madeleines dari Perancis



Nama kue ini cukup asing di telinga ya?Kue ini adalah kue kering renyah yang biasanya berbentuk seperti kerang. Kue ini berbahan dasar mentega sehingga teksturnya sangat lembut. Hhmm … jadi penasaran nih!



6 . Lamington dari Australia



Namanya memang sedikit asing, tetapi dari bentuknya sepertinya agak familiar. Kue spons berlapis coklat dan ditaburi parutan kelapa ini mulai populer di Indonesia. Yang terkenal adalah Lamington dari Pontianak. Tapi rasanya sama seperti yang di Australia tidak yah? Hihihi …



7 . Pavlova dari Selandia Baru



Kue lembut cantik ini terbuat dari putih telur yang dikocok dengan gula dan dibakar dengan api kecil. Bagian luarnya sedikit garing, tapi bagian dalamnya bertekstur seperti marshmallow, empuk lembut seperti kapas yang agak lengket.

Nama kue ini diambil dari nama seorang balerina terkenal dari Rusia yaitu Anna Pavlova. Kue ini indahnya seperti balerina sedang menari, kan?



8 . Lapis Legit dari Indonesia




Ternyata kue dari Indonesia ini menjadi salah satu kue terenak di dunia! Sahabat semua sudah tahu kue lapis legit kan … Itu loh, kue padat dan lembut yang warnanya berlapis-lapis.Sesuai namanya, kue ini rasanya legit alias manis.

Sahabat tahu tidak kalau cara membuat kue lapis legit ini sedikit rumit. Jadi kue ini masuk ke oven berkali-kali sesuai jumlah lapisannya. Karena setiap satu lapis yang dituang ke dalam loyang harus dimatangkan terlebih dahulu sebelum ditambah lagi lapisannya. Begitulah seterusnya sampai memiliki jumlah lapisan yang diinginkan.



9 . Kue Tres Leches dari Meksiko



Kue ini hampir mirip dengan kue spons lainnya, yang membuat penampilan dan rasanya unik ini karena kue spons ini di rendam ke dalam campuran dari susu kental manis, susu cair dan susu dari hasil penguapan. Bagian atasnya diberi krim kocok. Rasanya pasti manis dan seperti susu.



10 . Dorayaki dari Jepang



Sahabat pasti sudah menduga kue kesukaan Doraemon ini pasti menjadi salah satu kue terenak di dunia. Kue ini merupakan kue spons yang diberi isian dari pasta kacang merah yang manis yang disebut “anko”.

Dorayaki biasanya berbentuk bulat dan terdiri dari dua lapis yang ditengahnya terdapat anko tersebut. Dari sekitar 17 kue yang menjadi kue terenak di dunia ternyata kue dari Indonesia menjadi salah satunya.



Nah, kesepuluhnya sudah dibahas sedangkan tujuh lainnya adalah kue Prinsesstarta dari Swedia, Kransekage dari Denmark, Ma Lai Go dari Hong Kong, Kaiserschmarrn dari Austria, Postre Chaja dari Uruguay, Victoria Sponge dari Inggris, dan Baklava dari Turki.

Dari semua kue tersebut, kue apa saja yang Sahabat pernah cicipi? Kasih tahu kita dong bagaimana rasanya … Tulis artikel kamu sendiri di rumahkkk.com ya!


Sumber diambil dari CNN
0

Anak, Artikel

Istana Bekas Pabrik Semen
Beginilah cara seorang arsitek membuktikan kreativitasnya. Ricardo Bofill yang berprofesi sebagai seorang arsitek, melakukan perjalanan ke Barcelona, Spanyol di mana dia menemukan bangunan bekas pabrik semen dari era perang dunia pertama. Dia kemudian membeli tempat itu pada awal tahun 70an.



Istana Bekas Pabrik Semen
Memang, membutuhkan waktu lama untuk memugar dan membuat bangunan itu menjadi “istana”. Tetapi melihat hasilnya, benar-benar menakjubkan! Selama 40 tahun Bofill tidak berhenti merenovasi setiap sudut bekas pabrik yang sangat luas ini. Dia menambahkan kebun-kebun disekitarnya dan menjadikan beberapa bangunan sebagai tempat kerjanya.

Meskipun begitu, waktu yang diperlukan untuk merenovasi sebenanrnya hanya 2 tahun. Sisanya, Bofill hanya sedikit mengembangkan dan bereksperimen dengan ruang yang ada.


Istana Bekas Pabrik Semen
Bangunan itu sekarang terdiri dari sebuah gereja, galeri untuk karya-karyanya, dan sebuah bangunan 4 lantai yang menjadi kantor untuk firma arsitektur yang dipimpinnya.


Istana Bekas Pabrik Semen
Lihat deh, bangunan ini benar-benar nampak seperti istana. Dengan taman-taman di bagian rooftop bangunan tersebut tidak hanya indah dilihat dari daratan, tetapi dari atas juga. Bagian dalam tidak kalah indahnya. Dengan memadukan gaya arsitektur surealis, abstrak, dan industrialis menjadikan bagian interior bangunan ini terlihat simpel, minimalis dan tetap nyaman.


Istana Bekas Pabrik Semen
Jika Sahabat berkesempatan mengunjungi Catalonia di Spanyol, Sahabat bisa mengunjungi galeri arsitektur Pak Bofill ini. Hhmm … kalau Sahabat belum punya kesempatan untuk mengunjungi langsung, Sahabat bisa lihat keindahannya dari galeri di website Pak Bofill ini.


Istana Bekas Pabrik Semen
Pak Ricardo Bofill ini benar-benar bisa membuktikan kreatifitasnya sebagai seorang arsitek ya? Tidak perlu membangun dari nol, bangunan yang sudah berdiri kokoh pun masih bisa dikreasikan. Salut!


Istana Bekas Pabrik Semen



Dihimpun dari omgfacts.comwww.thisiscolossal.com, dan www.ricardobofill.com
0

Anak, Artikel

 


Gua adalah lubang  di tanah atau batu yang terbentuk alami dan biasanya berada di pegunungan. Gua biasanya gelap karena tertutup atap batuan yang tidak memungkinkan cahaya matahari dapat masuk ke dalam. Tapi, ada yang berbeda dengan gua di Selandia Baru ini.

Namanya gua Waitomo, nama ini berasal dari ‘wai’ yang artinya air dan ‘tomo’ yang artinya lubang. Gua ini berada di daerah Waitomo, Selandia Baru.



Gua Waitomo2 | Image
Gua Berbintang                                       

Yang berbeda dengan gua lain di dunia, gua Waitomo ini diterangi cahaya putih kebiru-biruan yang nemempel di langit-langit gua ini. Gua ini tidak dipasangi lampu, tetapi cahaya tersebut berasal dari jutaan cacing yang menghasilkan cahaya berpendar dari tubuhnya.

Cacing ini merupakan spesies Arachnocampa luminosa. Cacing tersebut menempel di langit-langit gua sehingga tampak seperti langit berbintang. Keindahan ini menjadi daya tarik paling menakjubkan bagi wisatawan yang datang.


 


Menjadi Objek Wisata
           

Sebenarnya, penduduk suku Maori sudah tahu sejak lama mengenai keberadaan gua tersebut. Namun, mereka tidak pernah benar-benar mengeksplorasi gua tersebut. Barulah pada tahun 1887, kepala suku Maori yang bernama Tane Tinorau menjelajahi gua ini dengan didampingi seorang petualang asal Inggris, Fred Mace.

Mereka masuk ke gua dengan menggunakan rakit, menyusuri sungai bawah tanah sambil membawa lilin sebagai alat penerangan. Merek begitu terkagum-kagum melihat langit-langit gua yang bercahaya kelap-kelip layaknya bintang. Setahun kemudian, gua ini dibuka untuk umum.

Pak Tane dan istrinya sendiri yang memandu para wisatawan untuk melihat-lihat keindahan gua tersebut dengan bayaran yang murah saja. Sampai kemudian pada tahun 1906, pengelolaan gua tersebut diambil alih oleh pemerintah setempat.


 


Tidak Kalah Indah


Selain bercahaya seperti langit berbintang, gua ini tidak kalah indah dengan gua lainnya, gua yang dasarnya dialiri sungai bawah tanah ini juga memiliki stalaktit yaitu batuan kapur yang menempel di langit-langit gua dengan ujung meruncing, seperti gigi taring pada hewan buas. Juga stalagmit yaitu susunan batuan kapur yang tumbuh dari dasar gua mengarah tegak ke atas.

Untuk menikmati indahnya Gua Waitomo, kita bisa berkeliling dengan berjalan kaki atau dengan perahu. Bagi yang suka berpetualang, kita juga bisa merasakan pengalaman unik dengan melakukan arung jeram bawah tanah. Bagaimana, Sahabat tertarik mengunjungi gua unik ini?  



[Oleh : Rini]

0

X