Anak, Artikel

[DAR Anak] Boneka-Boneka Unik Dari Penjuru Dunia


Boneka | Feature
Teman-Teman di sini pasti suka bermain boneka, kan? Boneka yang paling sering kalian temui pasti boneka Barbie atau Teddy Bear. Tahu, tidak? Boneka itu sangat banyak macamnya, lho … Sekarang, kita bahas berbagai boneka unik dari penjuru dunia, yuk!



Kokeshi | Image
Kokeshi

Boneka Kokeshi ini berasal dari negara Jepang. Boneka yang terbuat dari kayu ini biasanya menggambarkan sosok seorang anak perempuan dengan bagian kepala dan tubuh saja, tidak ada bagian tangan dan kaki. Kendatipun berbentuk tidak sempurna seperti Barbie, boneka ini tetap lucu dan menggemaskan.

Kokeshi ini mulai dibuat sejak pertengahan zaman edo, sekitar tahun 1603-1867, sebagai mainan anak-anak. Sampai sekarang dibuat dan menjadi oleh-oleh khas dari Jepang untuk para wisatawan. Lucu banget, ya?

Hinamatsuri | Image
Hinamatsuri

Lagi-lagi dari negara matahari terbit, nih, Teman-Teman. Boneka Hinamatsuri ini adalah boneka yang mengenakan pakaian adat Jepang lengkap dan disusun pada rak berbentuk tangga berundak. Terdiri atas boneka kaisar, permaisuri, dayang-dayang, dan pemusik istana. Boneka ini menggambarkan upacara pernikahan di Jepang. Sejarahnya, Hinamatsuri dirayakan setiap tanggal 3 Maret untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan.

Biasanya setiap keluarga yang memiliki anak perempuan akan memasang satu set boneka di rumahnya. Meskipun merupakan bentuk dari upacara adat, kalian bisa melihat boneka-boneka tersebut saat festival hinamatsuri dirayakan.
  Bisque | Image
Bisque

Boneka Bisque ini merupakan boneka yang terbuat dari porselen atau keramik. Boneka yang berbentuk menyerupai manusia dan mengenakan gaun yang cantik ini berasal dari negara Prancis.

Awalnya, boneka ini dibuat sekitar pertengahan abad ke-19, kemudian mulai populer tahun 1860-an. Eh, lihat, tuh! Matanya terbuat dari kaca, lho… Menurut kalian, boneka ini cantik atau seram, Teman-Teman?

MATRYOSHKA | Image
Matryoshka

Teman-Teman ada yang pernah melihat boneka dengan bentuk serupa dan disusun berurutan dari yang terbesar hingga yang terkecil? Mungkin yang kalian lihat itu adalah boneka Matryoshka.

Boneka ini berasal dari Rusia dan biasanya terbuat dari porselen. Uniknya, boneka ini bisa disusun bertumpuk sesuai dengan ukurannya, lho. Bagian dalam boneka ini merupakan wadah untuk boneka yang lebih kecil.

Model-model boneka Matryoshka dapat bervariasi. Sebagai contoh, bentuk gadis petani dengan pakaian tradisional, karakter dongeng, sampai dengan para pemimpin Rusia. Wah, bisa juga digunakan untuk menghafal urutan presiden, ya? Hihihi ….

Ondel-Ondel | Image
Ondel-Ondel

Kalau yang ini pada tahu, kan? Betul, boneka Ondel-Ondel ini berasal dari negara kita. Tepatnya, merupakan boneka khas dari Betawi. Boneka ini biasanya berukuran sangat besar, lebih besar dari manusia. Boneka ini bisa bergerak, asalkan ada orang dewasa yang masuk ke dalamnya.

Umumnya, boneka raksasa ini dibuat sepasang, yakni boneka dengan topeng warna merah adalah laki-laki, sedangkan yang bertopeng putih adalah perempuan.

Meski pada awalnya Ondel-Ondel digelar sebagai acara penolak bala atau untuk mengusir gangguan roh halus, namun sekarang, boneka Ondel-Ondel sering ditampilkan sebagai salah satu hiburan, penyambutan tamu, atau penyemarak acara.

Wayang golek | Image
Wayang Golek

Wayang golek ini merupakan boneka yang terbuat dari kayu dan berasal dari kebudayaan Sunda. Kata ‘Golek’ sendiri artinya boneka. Pada umumnya, boneka ini dipahat menyerupai tokoh-tokoh pewayangan dengan bagian ujung yang lancip, kegunaannya supaya bisa ditancapkan di batang pohon pisang saat pertunjukan wayang berlangsung.

Boneka ini bukan sekadar pajangan, tetapi bisa dijadikan sebagai pertunjukan. Setiap boneka akan digerakkan oleh seorang dalang dan memiliki perannya masing-masing. Kalian sudah pernah melihat pertunjukan wayang golek, belum?


Teman-Teman punya boneka unik lainnya? Ceritakan di rumahkkpk.com, yuk!



(Penyunting: Nurasiyah Jamil)



Author


Avatar