Artikel, baru

3 Hal Persiapan Nikah Ini Bakal Bikin Mentalmu Lemah

Sudah merasa cocok dengan pacar atau calon yang sekarang? Atau, sudah tak tahan ingin segera menikah? Sebaiknya luangkan waktu untuk membahas persiapan nikah. Tiga hal berikut wajib didiskusikan baik bersama-sama pasangan maupun masing-masing. Jangan nikah dulu, sebelum merenungkannya matang-matang.



1. Keluarga


Kalau masih berpikir menikah itu hanya tentang kamu dan aku, segera buang jauh-jauh. Kenyataannya, menikah juga melibatkan dua keluarga besar. Tak hanya keinginan suami dan istri yang perlu diwujudkan, tapi juga inginnya ibu, ayah, kakak, adik, tante, paman, belum lagi ayah mertua, ibu mertua, kakak ipar, nenek, kakek, dan seterusnya seterusnya. Wah banyak ya jamaahnya? Tapi itulah isi dari pernikahan.

Baca juga:
3 Alasan Kenapa Menunda Menikah Bukanlah Kegagalan

Bicarakan dengan si calon, nanti saat persiapan nikah maupun saat mengarungi bahtera rumah tangga, keinginan siapa yang harus diprioritaskan. Kembalikan lagi pada tuntunan agama. Dalam Islam prioritas utama seorang wanita adalah suaminya, sementara laki-laki meskipun sudah beristri tetap prioritasnya adalah ibunya. Jangan sampai setelah menikah hal-hal mendasar seperti ini belum terpikirkan.



2. Kebebasan


Pernikahan memang tak mengekang kebebasan siapa pun. Baik suami maupun istri memiliki hak yang sama sebagai seorang pribadi dan juga seorang muslim. Tapi, kebebasan saat sudah menikah tak bisa disamakan dengan bebasnya kita saat masih single. Ada hal-hal yang harus dibatasi bukan karena tak boleh, melainkan untuk saling menjaga ikatan.

Seperti sudah tak bisa lagi travelling bersama teman-teman satu geng selama seminggu, sementara suami pulang ke rumah tak ada yang menemani. Atau, seorang suami menghabiskan semua uangnya untuk diri sendiri dan orangtuanya sementara istri hanya dapat sisa-sisa.

Hal-hal besar hingga sepele seperti liburan, keuangan, makan sehari-hari, semua perlu dibahas bersama. Kalau belum siap, jangan nikah dulu!

Baca juga:
Jangan Nikah Dulu, Kalau Masih Ingat Mantan


3. Impian


Manusia akan selalu penuh kejutan. Tak hanya mengejutkan orang lain, dirinya sendiri pun kadang menyadari betapa pilihannya berubah drastis. Impian saat masih sendiri mungkin akan berubah seiring berjalannya pernikahan.

Visi, misi, rumah tangga juga harus dibahas saat persiapan nikah. Apa yang akan kita lakukan sebagai pasangan untuk jangka pendek, jangka sedang, dan yang akan datang.

Perbedaan demi perbedaan akan muncul menjadi sebuah tantangan. Dulu masih mungkin bermimpi ingin kuliah lagi sambil bisnis. Tapi, setelah menikah dan punya anak? Bukan saja tak bisa, melainkan ada hal-hal lain yang perlu dikorbankan. Jika masih ragu, jangan nikah dulu.[]

Penulis: Lilih S. Hilaliah



Segera terbit buku Jangan Nikah Dulu karya Hanny Dewanti!

Menunda Menikah

Author


Avatar