Artikel, baru

4 Novel Keren dengan Tokoh Kucing Hitam

Kucing Hitam: Maskot yang Dicintai Sekaligus Ditakuti


Sejak dahulu kala, sosok kucing hitam diselimuti berbagai mitos. Beberapa masyarakat menganggapnya membawa keberuntungan, sementara beberapa lainnya menganggap ia pembawa kesialan. Dalam budaya barat, kucing hitam erat hubungannya dengan penyihir.

Anggapan ini berasal dari mitologi Yunani yang menyatakan bahwa kucing hitam adalah jelmaan dari Galinthias, asisten Hecate, dewi ilmu sihir. Kucing hitam dianggap membawa sial karena gerak-geriknya yang terlihat licin, seolah sedang merencanakan sesuatu yang buruk.

Namun di budaya Skotlandia, adalah suatu keberuntungan jika ada kucing hitam yang mendatangi rumah. Dan di budaya Jepang, kucing hitam dianggap jimat keberuntungan yang dapat membantu para wanita lajang menemukan jodohnya.

Baca juga:
– 7 Karakter Superhero DC yang Paling Populer
– 7 Sosok Demigod Paling Terkenal yang Harus Kamu Ketahui

Terlepas dari semua mitos itu, keunikan kucing hitam menjadikannya begitu populer hingga dijadikan tokoh penting dalam berbagai novel. Mulai dari kisah klasik The Black Cat karya Edgar Allan Poe, hingga maskot salah satu tokoh terkenal dari DC Comics, Catwoman. Sosok kucing hitam juga sering tampil dalam desain sampul novel dan menjadi faktor penarik orang untuk membeli novel tersebut. Novel apa saja contohnya? Simak daftar berikut ini.



Pet Sematary karya Stephen



Pertama kali terbit pada 1983, Pet Sematary adalah salah satu karya terbaik dari penulis horor terpopuler sedunia, Stephen King. Novel ini telah diangkat menjadi film layar lebar pada 1989 dan baru saja diproduksi ulang pada April 2019 kemarin.

Pet Sematary mengisahkan tentang Keluarga Creed yang baru saja pindah ke Maine. Di halaman belakang rumah baru mereka, ada menemukan sepetak lahan yang digunakan sebagai kuburan hewan-hewan peliharaan warga setempat. Lebih jauh dari kuburan ini, ada lahan keramat yang tidak boleh dimasuki. Ketika Church, kucing peliharaan Keluarga Creed tewas tertabrak, salah seorang tetangga mengajak Louis, sang ayah, untuk menguburkan Church di lahan keramat. Keesokan paginya, Church hidup kembali … dan teror pun dimulai.


Coraline karya Neil Gaiman

 


Coraline
adalah novel horor karya Neil Gaiman yang ditujukan untuk para pembaca remaja. Novel ini telah diadaptasi ke dalam versi komik oleh P. Craig Russell, dan pada 2009 didaptasi ke format animasi layar lebar.

Seorang gadis kecil bernama Coraline dan keluarganya baru pindah ke tempat tinggal baru bernama Pink Palace. Dengan kedua orangtua yang sibuk bekerja, dan tanpa saudara kandung, Coraline merasa kesepian. Dia menjelajahi Pink Palace hingga akhirnya menemukan sebuah pintu ajaib menuju dunia lain, sebuah dunia di mana Coraline bisa mendapatkan apa pun yang dia inginkan dengan bayaran nyawa.

Kucing hitam dalam kisah Coraline tidak memiliki nama, namun ia memiliki peran yang sangat penting dalam menyelamatkan nyawa Coraline.

Baca juga:
– 9 Film Batman Paling Populer, Mana Favoritmu?
– 8 Fakta Tersembunyi Wonder Woman

Crenshaw karya Katherine Applegate



Crenshaw
adalah kisah drama keluarga yang ditujukan bagi para pembaca remaja. Tokoh utamanya adalah Jackson, seorang anak laki-laki yang memiliki teman khayalan berupa kucing raksasa bernama Crenshaw. Kucing ini tidak sepenuhnya berbulu hitam, melainkan jenis kucing tuksedo, karena ada petak putih bulu di bagian depannya.

Keluarga Jackson dikisahkan mengalami kebangkrutan untuk kedua kalinya, dan Jackson beserta adik perempuannya terancam tinggal di jalanan. Jackson berusaha mengatasi kondisi sulit ini dengan berpaling pada Crenshaw. Tapi apakah teman khayalan bisa menyelamatkan Jackson dari kelaparan dan kemiskinan?

Behind the Bookcase karya Mark Steensland

 


Mirip dengan premis Coraline, Behind the Bookcase juga tentang seorang anak gadis yang menemukan portal menuju ke dunia lain. Bedanya, portal dalam kisah ini berada di balik rak buku. Tentu saja dunia di balik rak buku ini sarat bahaya, dan Sarah, sang anak gadis, dipandu oleh sesosok kucing hitam bernama Balthazat.

Behind the Bookcase mengangkat isu yang cukup berat untuk bacaan anak remaja: konsekuensi fatal dari keputusan-keputusan buruk yang diambil secara impulsif.


Baca juga:
– 5 Musuh Terburuk Batman, Siapa yang Paling Menakutkan?
– Justice League, Tim Superhero Bergengsi dari DC, Siapa Saja Anggotanya?

Dari keempat novel di atas, mana saja yang sudah kamu baca, atau ingin kamu baca?

Jika saat ini kamu sedang menulis suatu cerita, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk memasukkan sosok kucing hitam ke dalam ceritamu. Siapa tahu, binatang menawan nan misterius ini dapat menjadikan ceritamu lebih keren.[]

Sumber:
Black Cat Myths and Facts Debunked

Author


Dyah Agustine

Dyah Agustine

Editor penanggung jawab fiksi di salah satu unit penerbit Mizan Pustaka.