Artikel

5 Cara Melupakan Mantan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ‘mantan’ berarti ‘bekas pemangku jabatan’ atau ‘kedudukan’. Kamu pasti sering mendengar istilah mantan gubernur, mantan presiden, mantan direktur, dan sebagainya.

Sedangkan dalam istilah anak muda sekarang, mantan diartikan sebagai ‘bekas pacar’ atau orang yang sempat singgah di hati dan menjadi teman setia, tapi kemudian pergi tiba-tiba.

melupakan mantan

Mengingat kembali masa lalu bersama mantan adalah hal yang sangat penting agar kamu tidak mengulangi lagi kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan.

Justru hal ini bisa dijadikan pegangan dalam menghadapi masa depan.Tapi kamu tentu tak ingin terus-menerus dihantui bayangan tentang dirinya, bukan? Coba gunakan cara-cara ini untuk melupakan mantanmu !


Baca Juga: Ini alasan untuk putusin pacarmu

 

  1. Tidak berusaha melupakan



Mungkin terdengar aneh dan kurang masuk akal. “Bagaimana aku bisa melupakan ketika aku tidak berusaha melupakannya?” Pertanyaan itulah yang akan muncul di benakmu. Tapi, tahukah kamu? Ketika kamu berusaha keras untuk melupakan,  justru kamu akan semakin mengingatnya. Karena dalam proses melupakan ada celah bagi kamu mengingat kembali segala hal tentangnya.

Bersikaplah sewajarnya. Tak usah terlalu memaksa pikiranmu untuk membuang jauh-jauh kenangan tentangnya. Biarkan saja ia menjadi bagian masa lalumu.

Akuilah bahwa ia pernah ada, kenangan-kenangan yang kamu jalani dengannya juga tak bisa dihapus. Segala hal yang pernah kalian lalui semuanya nyata bukan ilusi semata yang dengan mudahnya dilupakan.


Biarkan status mantan tetap melekat padanya. Mencoba membiarkan ia tetap ada, tetap hidup menjadi seseorang biasa. Semuanya perlahan akan menjadi biasa saja. Hambar. Ini hanya sebatas sebuah hal yang pernah terjadi. Sebuah hubungan yang pernah kamu jalani dengan dia yang membuatmu tersakiti.


  1. Minimalisir Interaksi dengan Mantan

Ketika dulu kamu sering berinteraksi dengannya, kemudian hubunganmu kandas, tentu pertemuan itu tak akan sesering dulu. Kalian akan semakin jarang bertemu. Atau kalaupun pertemuan itu masih berlangsung, tentu akan berbeda dengan saat sebelum hubunganmu usai.

Melupakan akan menjadi sebuah usaha yang sia-sia ketika sosok yang kamu hindari justru selalu dijumpai setiap hari. Kamu hanya perlu hadapi, jalani sebagaimana kamu belum mengenalnya atau menjalin hubungan dengannya.


Meski rasamu untuk dia masih utuh dan berharap ada ruang di hatinya untukmu, kamu tetap harus menyembunyikannya. Jangan berusaha mencari celah untuk bertemu atau mengobrol jika itu tidak dibutuhkan. Bersikaplah sama seperti kepada yang lainnya.

Terkadang menjadi asing kembali itu diperlukan. Agar perih yang pernah kamu rasakan sedikit demi sedikit bisa memudar dan hilang. Menjadi asing tidak untuk menjauhi, tapi untuk menjaga hatimu agar tak tersakiti kembali.


  1. Sibukkan dengan hal-hal positif

Salah satu penyebab kamu masih teringat mantan adalah kurang kegiatan. Kamu terlalu sering berdiam diri hingga tak sengaja kembali mengingat-ingat segala hal tentangnya. Sibukkanlah dirimu. Jalani hal apa pun yang membuat kamu sibuk, hingga tak ada celah untuk memikirkannya.

Isilah hari-harimu dengan tobat dan beribadah. Mintalah kepada Allah diberikan jodoh yang terbaik dan tidak usah lagi terjerumus dalam hubungan yang tak berujung pada kejelasan. Beribadah juga bisa membantumu mengatur emosional, karena hal itu salah satu cara meditasi yang paling baik.




Menyibukkan diri dengan kebaikan dan juga hal yang bermanfaat sangatlah efektif untuk dilakukan. Seperti kata Ibnul Qayyim, “Siapa yang tidak menyibukkan diri dengan hal yang bermanfaat, pasti ia akan menyibukkan diri dengan hal-hal yang sia-sia.” (dailymoslem.com).

 

  1. Niatkan untuk memperbaiki diri

Manusia adalah makhluk tempat salah dan lupa. Banyak lubang ketidaksempurnaan yang harus ditambal sedikit demi sedikit. Salah satunya dengan berupaya melepaskan diri dari jerat masa lalu yang terus menghantuimu.



Kamu adalah pribadi yang kuat dan tangguh. Jangan kalah oleh luka yang dalamnya tak seberapa jika dibandingkan dengan kekuatan yang kamu miliki. Kamu berhak untuk maju dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Yakinilah ketika kamu merasa bahwa bersama dengannya menjadi penghambat kesuksesan dan berbenturan dengan syariat agama, maka berpisah menjadi solusinya. Perpisahan menjadi ajang bagimu memperbaiki diri adalah jalan terbaik daripada kamu terus-menerus menjalani hal yang tak diridhai oleh-Nya.

 

  1. Perbanyak bergaul dengan Teman-Temanmu

Ketika kamu menjalin hubungan dengan mantanmu, tak bisa dimungkiri waktumu akan tersita dengannya dibanding bersama teman-temanmu. Bahkan kamu menjadi apatis terhadap mereka. Karena sudah merasa terlalu nyaman dengan si dia, dunia seakan milik berdua.


 

Mungkin kamu tak menyadari betapa pentingnya teman-temanmu. Mereka ada di saat kamu mengalami suka maupun duka. Momen putus dari pacar jadikanlah sebagai waktu-waktu berharga untuk kamu memperbaiki hubungan dengan teman-teman terkasihmu.

Perbanyaklah bergaul dengan mereka, bukan hanya mengungkit cerita pahitmu dengan mantan, melainkan untuk berkonsultasi agar kamu bisa mengambil pelajaran. Gunakan juga waktumu dengan pergi berlibur ataupun melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya bersama mereka.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk melupakan mantan. Namun,  hal yang perlu digarisbawahi, ketika belum mengenalnya kamu baik-baik saja, maka ketika sudah tak lagi bersamanya pun seharusnya kamu baik-baik saja. Jalani hidup seperti saat kamu belum bertemu dengannya.

Selamat berusaha, bangkitlah, dan lihat dunia!

[Ana Dwi Itsna Pebriana]


Baca Juga: Beteman dengan Mantan?

Baca Juga: Doa dimudahkan Jodoh

 

Author


Avatar