Artikel

5 Fakta Ustaz Nouman Ali Khan Yang Harus Kalian Ketahui


Fakta Tentang Nouman Ali Khan Muslim Amerika
Baru-baru ini Indonesia dikunjungi oleh seorang Muslim dari Amerika, Nouman Ali Khan. Ceramahnya sudah banyak tersebar di media sosial dan banyak membahas cara untuk memahami Islam lebih mendalam secara perlahan. Untuk kalian yang ingin mengenal Nouman Ali Khan lebih dalam, ini dia lima fakta menarik tentang Nouman Ali Khan!

  1. Ayahnya Adalah Seorang Diplomat

Mempunyai ayah seorang diplomat membuat Nouman Ali Khan dan keluarganya sering berpindah-pindah. Dia lahir di Jerman lalu pindah ke Riyadh setelah ayahnya ditugaskan di Kedutaan Besar Pakistan untuk Arab di Riyadh.

Dia tinggal di sana dari kelas 2 sampai 8. Selama tinggal di sana, dia belajar sedikit tentang Bahasa Arab, tapi dia lebih banyak belajar bahasa Urdu ketimbang bahasa Arab. Setelah remaja, Nouman Ali Khan dan keluarga pindah ke New York, Amerika Serikat sampai sekarang.

  1. Sempat Jauh dari Islam dan Kembali Lagi ke Islam

Saat tinggal di Amerika, Nouman Ali Khan sempat menjadi seorang agnostik karena lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. Pada masa itu juga dia banyak mengkritik dan mempertanyakan Islam, bahkan dia mengakui sempat lupa bagaimana caranya sholat.

Masa-masa agnostik tersebut berakhir setelah Nouman Ali Khan bertemu dengan temannya di Muslim Student Association. Di sana dia mempertanyakan Islam pada temannya. Lalu saat waktu shalat tiba temannya mengajak untuk shalat. Pada saat shalat itulah hatinya mulai tergugah dan dia kembali tertarik untuk belajar Islam.

  1. Mulai Belajar Bahasa Arab Sejak…

Untuk memahai lebih dalam tentang Al Quran, Nouman Ali Khan belajar Bahasa Arab secara serius pada Dr. Abdus-Samie. Dia mengembangkan metode untuk memahami tata bahasa Bahasa Arab secara lebih mendalam untuk memahami Al Quran.

  1. Mendirikan Bayyinah Institute

Bayyinah Institute didirikan oleh Nouman Ali Khan pada tahun 2005 dan sekarang berbasis di Dallas, Texas. Tujuannya adalah agar Al Quran lebih mudah diakses oleh masyarakat khususnya New York. Di sana, dia mengajarkan Bahasa Arab dengan metode yang dia kembangkan. Selain itu, banyak juga video ceramahnya di kanal YouTube-nya.

  1. Merilis Buku

Buku pertama yang Nouman Ali Khan rilis adalah Divine Speech: Exploring Quran As Literature tahun 2016 lewat Bayyinah yang dia dirikan. Buku tersebut membahas cara memahami Quran lewat fitur-fitur literatur. Seperti pilihan kata dan gaya bahasanya.

Sedangkan Revive Your Heart: Terapi Al Quran untuk Menyucikan Hati, membahas tentang bagaimana Muslim milenial menjaga hubungan spiritualnya dengan Allah dan menghadapi tantangan masa kini.



Itulah lima fakta Nouman Ali Khan. Kisah hidup dan karyanya sangat menarik untuk diikuti dan dinikmati. Metode yang diterapkan untuk memahami islam lebih dalam bisa kita
aplikasikan.  



[ OLEH : LOGIKA ]

 

Author


Avatar