Artikel

5 Musuh Terburuk Batman, Siapa yang Paling Menakutkan?

Dalam sejarah hidup Batman, berpuluh-puluh, bahkan beratus-ratus penjahat telah tercipta. Para penjahat atau musuh terburuk Batman yang jumlahnya sangat banyak tersebut secara bergantian meneror kehidupan masyarakat di kota Gotham dengan berbagai macam tindakan kriminal, seperti perampokan, penghancuran, hingga pembunuhan.

Dengan kehancuran yang selalu menimpa kota Gotham, dan musuh yang datang silih berganti, Bruce Wayne tidak pernah hidup dengan tenang. Bahkan sebagian besar musuhnya tak kalah tenar dibandingkan dengan sang manusia kelelawar sendiri. Dilansir dari forum Comic Vine, sepuluh musuh terburuk Batman adalah Jason Todd, Joker, Ra’s al Ghul, Riddler, Penguin, Two-Face, Superman, Poison Ivy, Mr. Freeze, dan Scarecrow.

 

Mereka muncul di berbagai macam media, mulai dari versi awalnya, yaitu komik, hingga versi adaptasinya di serial televisi hingga film layar lebar. Beberapa di antaranya hadir dalam trilogi film Batman karya Christopher Nolan, trilogi yang sukses dan dipuji-puji oleh para penikmat film di sepenjuru dunia: Batman Begins, The Dark Knight, dan The Dark Knight Returns. Siapa saja mereka? Simak daftar berikut ini:




  1. Ra’s Al Ghul


    Musuh Batman Al Ghul

    Namanya dalam bahasa Arab berarti Kepala Iblis atau The Demon’s Head. Dia dikenal memiliki umur yang sangat panjang (sekitar 700 tahun) dan ahli dalam beragam macam keahlian beladiri. Keahliannya begitu melegenda, hingga tak sedikit pahlawan maupun penjahat super selain Batman, ikut dilatih oleh Al Ghul sendiri.

     

    Al Ghul menganggap umat manusia sebagai kanker yang menggerogoti Bumi, dia memiliki misi untuk melenyapkan sebagian besar manusia untuk menghindari bencana. Al Ghul sempat menginginkan Batman menjadi penerusnya, tapi Batman tidak setuju dengan rencananya untuk melakukan genosida.

    Musuh Batman Liam Neeson

    Ra’s Al Ghul muncul dalam film Batman Begins dan The Dark Knight Rises dengan rencana untuk menghancurkan kota Gotham, kota yang menurutnya bobrok luar dalam. Di dalam kedua film ini, tokoh Ra’s al Ghul diperankan oleh aktor Liam Neeson yang karismatik.

     

    Al Ghul juga adalah pemimpin dari League of Assasins, sebuah organisasi yang menampung para penjahat tenar, dan salah satunya adalah penjahat berikutnya dalam daftar ini.

  2. Bane

    Iya, Bane adalah salah satu anggota League of Assasins. Bane tumbuh besar di dalam sebuah penjara bernama Pena Duro hanya karena alasan yang sepertinya berlebihan. Ayah Bane, yang dikenal sebagai King Snake, buron. Karena tak kunjung mendapatkan sang Ayah, para penegak hukum memutuskan untuk memenjarakan Bane. Tak heran kalau dia kemudian menjadi penjahat, kan!

     

    Selama dipenjara, Bane terus berlatih. Tidak hanya melatih ototnya, Bane juga melatih otaknya dengan membaca buku apa pun yang dapat dia peroleh dalam penjara tersebut. Sudah kuat, cerdas lagi… sungguh perpaduan yang berbahaya dalam diri seorang penjahat.


    Musuh Batman Tom Hardy

    Tapi semua latihan tersebut tak serta merta menjadikan Bane beringas. Sebuah percobaan telah dilakukan di dalam penjara Pena Duro. Dan bukan sembarang percobaan, karena semua orang yang menjadi kelinci percobaan tersebut telah meregang nyawa. Hanya Bane yang mampu bertahan setelah disuntikkan serum mematikan bernama Venom. Serum tersebut terbukti dapat meningkatkan kekuatan fisik Bane, tapi dia harus terus mengonsumsinya setiap 12 jam sekali (melalui serangkaian selang yang terhubung langsung ke kepalanya). Bane lalu melarikan diri dari penjara, dan menghantui kota Gotham. 


    Bane menjadi antagonis utama dalam film The Dark Knight Rises, tokohnya diperankan oleh aktor Tom Hardy. Melihat perawakan Hardy yang kurang tinggi besar, bahkan tidak lebih tinggi daripada Christian Bale yang memerankan Batman, para fans sempat meragukan Hardy. Namun Tom Hardy membuktikan dirinya mampu berakting memerankan Bane dengan luar biasa. Efek khusus dan tambahan sol tiga inci di sepatu botnya juga membantu Hardy terkesan jauh lebih mengintimidasi dari sebenarnya.

     

    Dengan keunggulan fisiknya, Bane menjadi satu-satunya penjahat yang mampu “mematahkan Batman,” dalam artian dia benar-benar mematahkan punggung Batman. Adegan ikonik ini juga dapat dilihat dalam The Dark Knight Rises.

  3. Joker

    Tokoh Joker pertama kali diperkenalkan pada 1940, dan kini menjadi tokoh penjahat terpopuler di seluruh dunia. Joker bertanggung jawab atas beberapa tragedi besar dalam hidup Batman.




    Penampilan luarnya mungkin konyol mirip badut, namun kepribadian Joker sungguh kejam. Dia tidak hanya senang menyiksa secara fisik, tapi juga psikologis. Joker adalah sosiopat yang membunuh orang demi kesenangan semata. Joker menjunjung tinggi anarkisme, motif kejahatannya bukan uang, dia tokoh yang sulit dipahami.


    Musuh Batman Joker Nolanverse

    Dalam trilogi Batman-nya Christopher Nolan, Joker muncul dalam film kedua, The Dark Knight. Di sini, Joker diperankan dengan sangat sukses oleh Heath Ledger, hingga meraih berbagai penghargaan dalam kategori peran pendukung, di antaranya Academy Award dan Golden Globe Award. Sayangnya, sang pemeran tokoh Joker ini tidak dapat menikmati kesuksesannya, karena dia meninggal dunia sebelum The Dark Knight rilis.



  4. Two-Face

    Harvey Dent awalnya adalah seorang Jaksa, dan dia juga merupakan sekutu bagi Batman. Jika Batman dijuluki Dark Knight, Harvey dijuluki White Knight. Harvey akan melakukan berbagai cara untuk menegakkan keadilan dan membersihkan Kota Gotham dari para kriminalis.


    Musuh Batman Two Face

    Dalam versi komik, separuh wajah Harvey Dent rusak karena disiram cairan asam oleh salah seorang mafia di ruang persidangan, sedangkan dalam versi film Nolan, kerusakan wajah Harvey disebabkan oleh luka bakar. Setelah insiden tersebut sifat Harvey beranjak mengalami perubahan. Two-Face yang diperankan oleh aktor Aaron Eckhart muncul dalam film The Dark Knight.

    Musuh Batman Two Face Aaron Eckhart

    Karakter Two-Face sendiri terinspirasi dari karakter sastra klasik berjudul The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde karya Robert Louis Stevenson. Two-Face selalu melemparkan koin miliknya sebelum memutuskan akan berbuat baik atau jahat. Jadi kalau berhadapan dengan Two-Face, berharap saja koin miliknya menghadap ke arah yang benar.

     

    Keterikatan Two-Face dengan koin berasal dari pengalaman masa kecilnya dianiaya oleh ayah sendiri. Ayah Harvey akan melempar koin terlebih dahulu untuk menentukan dia akan memukul anaknya atau tidak. Namun Harvey kecil tidak tahu bahwa koin yang ayahnya gunakan memiliki dua sisi sama, sehingga setiap kalinya Harvey akan tetap dipukul.

  5. Scarecrow

    Nah, kita telah tiba pada penjahat terakhir dalam daftar musuh Batman ini. Kalau sebelumnya kita bertemu dengan jaksa bermuka dua, kini kita akan berjumpa dengan seorang psikiater bernama Dr. Jonathan Crane, yang bekerja di Arkham Asylum.


    Musuh Batman Scarecrow

    Dr. Crane terobsesi untuk menguji coba bagaimana sebuah fobia atau ketakutan itu bekerja. Dia menciptakan semacam gas beracun yang jika dihirup, membuat korbannya berhalusinasi melihat kekakutan terbesarnya. Crane mengenakan topeng dari karung goni yang mencegahnya terpengaruh oleh gas tersebut. Topeng ini membuatnya tampak seperti orang-orangan sawah, karena itulah dia dijuluki Scarecrow.

     

    Crane melakukan berbagai macam tindakan kriminal hanya demi penelitiannya. Dia tidak terobsesi dengan kekayaan, walaupun dia pernah merampok sebuah bank. Uang tersebut dia gunakan hanya untuk penelitian gilanya.

    Scarecrow atau Dr. Crane muncul dalam ketiga film Nolan: Batman Begins, The Dark Knight, dan The Dark Knight Returns, diperankan oleh aktor Cillian Murphy.

    Musuh Batman Scarecrow Cillian Murphy

    Nah, dengan beragam jenis kegilaan dan obsesi para penjahat ini masing-masing, yang mana menurutmu penjahat paling menakutkan?



    [Oleh: Lathifah Thifa]



    Baca juga: Justice League, Tim Superhero Bergengsi dari DC, Siapa Saja Anggotanya? 

    Baca juga: 8 Teknologi Andalan Batman, Nomor 3 Keren Banget!

    Baca juga: 8 Fakta Bruce Wayne yang Perlu Kamu Tahu


Author


Avatar