Artikel

5 Negara Dunia dengan Budget Militer Terbesar

Negara merupakan sekumpulan orang yang menempati suatu wilayah tertentu dan diatur oleh pemerintahan negara yang sah dan umumnya memiliki kedaulatan. Demi menjaga kedaulatan, kekuatan militer dibutuhkan suatu negara. Dari total 193 jumlah negara berdaulat yang ada di dunia, berikut ini adalah 5 negara dengan anggaran militer terbesar.

Baca juga: 5 Buku Terpopuler tentang Perang

Amerika Serikat



Negara adidaya yang satu ini menempati urutan pertama sebagai negara dengan anggaran militer terbesar di dunia. Setelah Presiden Trump menandatangi RUU, anggaran militer Amerika Serikat mencapai US$ 654,7 miliar atau setara dengan Rp 9.000 triliun. Dengan dana sebesar itu, Pentagon, markas Departemen Pertahanan AS akan mendapatkan dana anggaran sebesar US$ 589,5 miliar dan tambahan sebesar US$ 65,2 miliar untuk operasi militer AS di luar negeri yang sebagian besar akan digunakan untuk mendanai operasional di Irak, Suriah, dan Afghanistan.


China



Negeri Tirai Bambu menempati urutan kedua sebagai negara dengan anggaran militer terbesar di dunia, dengan anggaran pertahanan pada tahun 2018 mencapai 1,1 triliun Yuan atau setara dengan 2.384 triliun Rupiah. Anggaran militer China naik sebesar 8,1% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Jurubicara acara tahunan NPC ke-13, Zhang Yesui, mengatakan bahwa pengeluaran militer per kapita China masih lebih rendah daripada negara-negara besar lainnya.Anggaran tersebut digunakan untuk mengembangkan kemampuan militer baru dengan peralatan dan alat tempur canggih seperti jet tempur siluman, kapal induk, hingga peluru kendali anti-satelit.


Arab Saudi



Sebagai negara terkaya di Timur Tengah, Arab Saudi menempati posisi ketiga negara dengan anggaran militer terbesar. Menurut CIA Factbook, Arab Saudi mengalokasikan dana untuk militernya sebesar US$ 87,18 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk melengkapi alat pertahanannya dari berbagai negara termasuk membeli perlengkapan tempur dari Amerika Serikat, Rusia, Perancis, dan Inggris. Selain itu, Arab Saudi juga mempunyai kebijakan untuk memproduksi alat pertahanan di dalam negeri termasuk suku cadang dan industri militer.


India



India menjadi negara keempat dengan anggaran militer terbesar di dunia dengan anggaran sebanyak US$ 50 miliar. Peningkatan anggaran pertahanan India dipengaruhi dengan kemajuan ekonomi yang terjadi di negara tersebut. India juga mulai membangun kapal induk guna menjaga kawasan maritimnya. Selain itu, India juga akan menambah tiga kapal selam bertenaga nuklir. Hal tersebut dilakukan sebagai respon atas tantangan China di Asia Selatan dan menjadikan India unggul di Samudra Hindia.


Rusia




Berbeda dengan keempat negara yang disebutkan di atas yang menambahkan anggaran pertahanannya, Rusia mengurangi anggaran pertahanannya dari US$ 47 miliar pada 2017 menjadi US$ 46 miliar di tahun 2018. Hal tersebut terjadi lantaran Rusia harus memangkas anggaran pertahanannya di tengah sanksi dan dinamika perekonomian dalam negeri terutama setelah mencaplok Crimea dari Ukraina. Kendati demikian, Rusia menempati posisi kelima sebagai negara dengan anggaran militer terbesar di dunia. Namun Presiden Rusia, Vladimir Putin, menarik perhatian publik dengan mengatakan bahwa negaranya memiliki alutsista supersonik yang mencakup rudal hingga drone.




Nah, untuk Indonesia sendiri ada diurutan keberapa ya untuk anggaran militernya? Berdasarkan anggaran pertahanan, Indonesia menempati posisi ke-21 dengan anggaran pertahanan sebesar US$ 6,9 miliar atau sekitar Rp96 triliun. Perlu diketahui kekuatan militer yang dimiliki Indonesia saat ini adalah 435 ribu personel militer aktif dan 540 ribu personel cadangan. Selain itu, Tentara Republik Indonesia diperkuat dengan 418 tank, 1.131 kendaraan lapis baja, 456 artileri, dan 153 peluncur roket.


[Oleh: Fifi Feby Yanti]


Baca juga: Apakah Indonesia Masih Ada Pada Tahun 2030?
Baca juga: 5 Novel Terjemahan yang Akan Mengguncang 2019

Author


Avatar