Artikel

5 Penjelajah Tangguh yang Terkenal di Dunia

“Nenek moyangku seorang pelaut.
Gemar mengarung luas samudra.”

Kutipan lirik lagu anak-anak ini menceritakan tentang leluhur yang dahulu kala gemar menjelajah samudra. Ternyata ada benarnya juga penggalan lirik lagu tersebut. Seperti Tami Oldham, dia yang berprofesi sebagai kapten juga sudah sangat sering berjelajah melintasi lautan. Zaman dahulu pun terdapat banyak penjelajah dunia yang terkenal karena kisah penjelajahannya melintasi samudra. Bahkan hasil penjelajahan mereka memberikan informasi berharga untuk masyarakat saat ini. Berikut ini adalah 5 penjelajah terkenal dunia.


James Cook



James Cook merupakan orang Eropa pertama yang menemukan Hawaii. Saat pindah ke sebuah kampung nelayan, Cook yang berusia 18 tahun mulai mengenai dunia berlayar dan menunjukkan ketertarikannya. Berbekal pengalaman bekerja pada pemilik kapal dan tergabung dalam angkatan laut Inggris, Cook melakukan ekspedisinya.

Cook menjadi orang Eropa pertama yang sukses menjelajahi pantai timur Australia. Peran penjelajahan Cook selama masa hidupnya sangat besar, di antaranya memetakan Samudra Pasifik, menemukan Pulau Hawaii, menetapkan standar ketelitian baru dalam penemuan dan pelayaran, navigasi, kartografi, dan pengobatan di laut.


Amerigo Vespucci
 


Benua Amerika merupakan nama yang diambil dari penjelajah yang menemukannya, yaitu Amerigo Vespucci. Vespucci merupakan seorang pedagang, penjelajah, dan pembuat peta dari Italia. Menurut catatan sejarah, selama hidupnya Vespucci melakukan empat pelayaran.

Vespucci memegang peranan penting dalam penjelajahan pantai timur Amerika Selatan antara tahun 1499 dan 1502. Perjalanannya yang kedua membuahkan hasil dengan menemukan Amerika Selatan yang memanjang lebih jauh ke selatan dibanding perkiraan orang Eropa saat itu. Namanya dijadikan nama benua yang ditemukannya sebagai penghormatan bagi pencetus benua baru.


Vasco da Gama



Vasco da Gama merupakan sosok penting yang mengenalkan bumbu lada dan kayu manis di Eropa untuk pertama kalinya. Penjelajah kelahiran Portugis tahun 1469 ini dikenal juga sebagai perintis ekspedisi ke India melalui jalur laut dan samudra dari Portugal. Pada waktu itu, berkembang sebuah mitos bahwa perjalanan Vasco da Gama merupakan hal mustahil karena Samudra Hindia tidak terhubung dengan laut mana pun atau benua apa pun.

Rute perjalanan Vasco da Gama juga menjadi cikal bakal terjadinya penjajahan India oleh Portugal dan wilayah-wilayah lain di Asia, termasuk Indonesia. Walaupun ekspedisi pertama kali yang dilakukan Vasco da Gama mengalami kegagalan untuk mengeksploitasi India dan perjalanannya memakan korban jiwa, Vasco da Gama tetap dianggap pahlawan penjelajah Portugal yang berjasa dan mendapatkan anugerah raja.


Marco Polo



Marco Polo merupakan seorang pedagang dari kota Venesia yang melakukan perjalanan ke berbagai negara Asia. Perjalanannya ke Asia bertujuan untuk berdagang dengan Kubilai Khan. Perjalanan Marco Polo ke Asia berhasil memengaruhi perdagangan besar di Eropa dan India Timur.

Marco Polo merupakan orang yang mendokumentasikan perjalanananya dengan lengkap melalui tulisan. Perjalanannya di Jalur Sutera dengan ayah dan pamannya didokumentasikan dengan tulisan. Segala yang dilihat, dirasakan, dan dialami Marco Polo dalam perjalanan itu menjadi buku berjudul II Milione. Buku itu pula yang membukakan jalur perdagangan antara Eropa dan Asia.


Ibnu Batutah



Ibnu Batutah merupakan pelaut Maroko yang lahir pada tahun 1304. Bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Abdullah Al-Lawati At-Tanji bin Batutah, dia adalah seorang cendekiawan yang melakukan penjelajahan selama Abad Pertengahan. Banyak negara yang dia kunjungi, mulai dari negara-negara muslim, hingga negara-negara non-muslim, seperti Afrika Utara, Afrika Barat, Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Tiongkok.

Batutah pertama kali menjelajah ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji pada umur 21 tahun. Semenjak itu, dirinya tidak pernah menginjakkan kaki selama 24 tahun di Maroko karena bepergian ke berbagai negara. Menjelang akhir hayatnya, Batutah membuat buku yang berjudul Hadiah Bagi Para Pemerhati Negeri-Negeri Aneh dan Pengalaman-Pengalaman Ajaib yang merupakan hasil pengalamannya selama berkelana. Riwayat perjalanan Batutah yang menggambarkan peradaban Abad Pertengahan menjadi sumber rujukan hingga saat ini.

Itu dia 5 penjelajah tangguh yang terkenal di dunia. Apakah kamu tertarik menjadi seorang penjelajah?


[Oleh: Logika Anbiya]


Baca juga: 5 Wanita yang Menjadi Kapal Laut

Baca juga: 5 Buku Wajib Baca Bagi Kamu yang Berputus Asa

Baca juga: 5 Fakta Shailene Woodley yang Akan Membuatmu Tercengang

Author


Avatar