Artikel

5 Rekomendasi Restoran Halal di Tokyo, Kamu Wajib Coba!

Travelling merupakan salah satu hobi yang banyak diminati orang-orang. Biasanya, orang-orang menggunakan waktu senggang mereka untuk bepergian ke tempat wisata; baik di dalam kota, di luar kota, hingga ke luar negeri.


Ngomong-ngomong
soal travelling ke luar negeri, tentu saja kita menggunakan maskapai penerbangan sebagai alat transportasi untuk sampai ke destinasi.Tokyo merupakan salah satu destinasi para wisatawan yang hobi jalan-jalan ke luar negeri. Mau liburan gratis ke Tokyo? Yuk, siap-siap karya Tony Fernandez. Kamu akan berkesempatan untuk terbang ke Jepang gratis bersama AirAsia!

Bagi wisatawan Muslim, bepergian ke negara yang minoritas Muslim menjadi suatu tantangan tersendiri; terutama soal makanan. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Kini, restoran-restoran halal di Jepang telah menjamur, terutama di Tokyo. Bahkan, pemerintah Jepang memiliki lembaga sertifikasi lokal untuk makanan halal. Salah satunya ialah Malaysia Halal Corporation. Lembaga ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pembinaan mengenai industri makanan halal di Jepang. Mereka juga menawarkan “Sertifikat Halal Lokal” kepada restoran manapun di Jepang.

Kehadiran lembaga ini sangatlah penting mengingat jumlah wisatawan dari berbagai negara dan penduduk Muslim yang terus bertambah setiap tahunnya. Angka wisatawan Muslim yang terus bertambah tentu sejalan dengan permintaan kuliner halal. Tokyo dengan keindahannya menawarkan kuliner halal nan lezat bagi para traveler Muslim. Berikut di bawah ini 5 rekomendasi restoran halal yang bisa kamu kunjungi di Tokyo!




Halal CoCoICHI (Akihabara)


CoCoICHI Akihabara merupakan salah satu restoran yang terkenal akan masakan karinya di Jepang. Belakangan ini, mereka membuka restoran halal di Akihabara, Tokyo. Restoran ini berlokasi tak jauh dari Stasiun Akihabara. Kamu hanya butuh berjalan kaki beberapa menit saja dari stasiun dan restoran kari khas Jepang sudah ada di depan matamu!

Uniknya lagi, kamu bisa kustomisasi menu kari yang kamu pesan, lho! Mulai dari jenis kari, level kepedasan, topping, sampai porsi nasi bisa dipesan sesuai dengan keinginanmu. Soal rasa, jangan ditanya! Walaupun kari merupakan makanan khas India, cita rasa khas Jepang tetap menjadi keunikan tersendiri. Kekentalan kuah kari, kekenyalan nasi, dan rasa manis yang lembut tentu akan memanjakan lidahmu. Kelezatan kari CoCoICHI dapat kamu rasakan dengan harga yang cukup terjangkauyakni di bawah ¥1.000.


Yoshiya (Shinjuku)


Restoran yang sudah berdiri selama enam puluh tahun ini menyajikan konsep menu empat musim. Setelah mendapatkan sertifikasi halal dari Kyoto Halal Council, Yoshiya mulai membuka cabang-cabang restoran yang menyajikan makanan halal. Restoran ini berlokasi tidak jauh dari pintu keluar barat Stasiun Shinjuku. Menu populer dari restoran ini adalah spicy caraage, yakni ayam goreng bumbu pedas.

Yoshiya menggunakan bumbu dan bahan makanan yang segar sehingga menimbulkan cita rasa yang otentik. Selain itu, untuk menjamin kehalalan makanan, mereka menyediakan tempat penyimpanan dan dapur terpisah untuk memasak makanan halal, lho. Untuk menikmati kuliner halal di restoran ini, kamu cukup merogoh kocek di kisaran ¥1.000˗ ¥1.500 saja.


Sushi Ken (Asakusa)


Sushi menjadi salah satu makanan khas Jepang yang disukai banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Umumnya, sushi dibuat dengan mencampurkan cuka ke dalam nasi yang berisi ikan mentah untuk kemudian dicelupkan kekecap asin. Cuka dan kecap asin inilah yang kerap mengandung alkohol.

Akan tetapi, jangan khawatir! Sushi Ken merupakan salah satu restoran sushi yang menyajikan menu halal. Mereka telah mengganti cukanya menggunakan cuka Tamanoi dan kecap Fukouka yang memiliki sertifikat halal. Jadi, kamu tetap dapat menikmati kelezatan sushi tanpa harus khawatir memikirkan kehalalan masakannya.



Sumiyakiya (Nishi Ashabu, Minato-ku)



Buat kamu pecinta Yakiniku dan Horumon, Sumiyakiya merupakan restoran halal yang menyajikan kedua makanan ini sebagai menu utama. Dilansir dari hasil wawancara halalmedia.jp dengan pemilik restoran, sebanyak delapan puluh persen pelanggan mereka adalah Muslim. Mereka menggunakan bahan baku yang telah bersertifikasi halal, seperti bahan daging yang mereka dapatkan dari Zenkai Meat. Kualitas bahan baku masakan Sumiyakiya tentu sebanding dengan kelezatannya. Halal, berkualitas, dan lezat!


Halal Tokyo Bento

Kamu senang membawa bekal dalam perjalananmu? Atau malas keluar penginapan untuk membeli makanan karena cuaca terlalu dingin? Halal Bento Tokyo dapat menjadi solusi bagimu. Restoran ini menyediakan layanan pengiriman makanan ke 23 distrik yang ada di Tokyo. Menu yang disajikan juga cukup beragam di kisaran harga ¥2.000-¥2.500. Wadah makanan take away yang disediakan juga disertai lapisan yang menjaga makananmu tetap hangat. Dengan kemudahan yang ditawarkan restoran ini, kamu tentu dapat bepergian ke berbagai tempat tanpa harus repot mencari tempat makan. Praktis bukan?

 

Mulai sekarang, kamu tidak perlu kesulitan lagi untuk mencicipi beragam kuliner menarik di Tokyo. Tertarik untuk mencoba?


[Oleh: Syafira Maulida]

Baca juga: 5 Rahasia Sukses Berbisnis Ala Tony Fernandes, sang Bos AirAsia


Baca juga: 5 Fakta Menarik Tony Fernandes, Sang Bos AirAsia

 

Author


Avatar