Artikel

5 Tempat Wajib Dikunjungi di Athena

Kalau ditanya ingin liburan ke mana, pasti jawaban setiap orang berbeda. Namun setelah menonton film Wonder Woman yang rilis pada 2017, orang-orang dijamin jadi ingin berlibur ke Yunani. Memang, superhero wanita dari DC Comic yang diciptakan oleh Charles Moulton dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1941 ini memiliki asal muasal dan hubungan dengan mitologi Yunani. Kalau Yunani terlalu besar untuk dijelajahi dalamn sekali perjalanan, bagaimana kalau pergi ke salah satu kotanya saja yaitu Athena?

Banyak sekali tempat yang bisa kita kunjungi di Athena. Kota ini dulu menjadi gudangnya filsuf dan tempat terciptanya sistem negara yang dipakai hampir di seluruh dunia, yaitu demokrasi. Berikut ini rekomendasi lima tempat yang wajib dikunjungi di Athena.


1. Syntagma Square



Tempat yang namanya bisa diterjemahkan menjadi Constitution Square atau Alun-alun Konstitusi ini terletak di 19th Century Old Royal Palace, tempat parlemen Yunani sejak 1934. Nama Syntagma mengacu pada lingkungan sekitar alun-alun. Di sini, para pengunjung bisa belajar tentang sejarah konstitusi pertama Yunani.
Alun-alun Syntagma ini sendiri dibangun ketika awal abad ke-19 setelah Raja Otto memindahkan ibu kota kerajaan Yunani yang baru berdiri dari Nafplio ke Athena tahun 1834. Sebelumnya, alun-alun ini diberi nama Palace Square atau Alun-alun Istana karena istana kerajaan Raja Otta dibangun di sini. Sebelumnya istana tersebut memang akan dibangun di Alun-alun Omonoia di utara Athena, namun lokasi Alun-alun Syntagma dinilai lebih cocok dan akhirnya istana tersebut dibangun di sebelah utara alun-alun ini.

Pemberontakan militer tahun 1843 di ibu kota Yunani yang dipimpin oleh Dimitros Kallergis mendesak Raja Otto untuk mengasahkan Konstitusi Pertama Yunani di depan istananya. Dengan desakan tersebut, akhirnya Raja Otto terpaksa mengesahkan konstitusinya. Dari kejadian tersebut, nama Palace Square diganti menjadi Constitution Square atau Syntagma Square.


2. Akropolis Athena


Tempat yang penuh dengan peninggalan sejarah masa lalu Yunani ini salah satu tempat yang kalau tidak dikunjungi akan membuat orang menyesal di kemudian hari. Karena selain menyuguhkan pemandangan yang indah, di sini juga para pengunjung bisa belajar tentang sejarah Yunani kuno. Tempat ini juga sering disebut Kekropeia, yang merujuk pada nama raja pertama Athena yang dalam mitologi disebutkan berwujud setengah ular.

Kata Akropolis sendiri berarti sebuah benteng, atau pemukiman yang berada di tempat yang tinggi. Istilah tersebut terdiri dari dua kata dalam Bahasa Yunani yaitu akro (acro) yang berarti sebuah tempat yang tinggi dan polis yang berarti sebuah kota.

Akropolis Athena adalah yang terbesar dibandingkan acropolis lainnya. Akropolis Athena ini juga merupakan salah satu situs peninggalan sejarah di Yunani dan Eropa. Terbukti, Akropolis Athena dinyatakan sebagai monumen unggulan dalam daftar monumen Pusaka Budaya Eropa pada 26 Maret 2007. Selain itu juga, tempat ini adalah Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Di dalam akropolis ini juga terdapat beberapa tempat lainnya yang wajib untuk dikunjungi. Seperti Museum Akropolis Athena. Di situ para pengunjung bisa belajar lebih banyak dan melihat artefak yang tersisa di Akropolis ini.


3. Ancient Agora of Athens



Siapa yang suka dengan mitologi Yunani atau sekedar hanya ingin tahu? Atau mungkin mau menggali lebih dalam agar bisa lebih paham juga dengan cerita Wonder Woman? Tempat ini adalah yang paling pas untuk dikunjungi. Lokasi Agora Kuno ini ada di arah barat laut Akropolis. Agora kuno ini juga sudah ada sejak zaman Sebelum Masehi. Dibuktikan dengan ditemukan banyak peninggalan sisa dari abad ke2-7 Sebelum Masehi. Semua peninggalan, seperti koin, guci, patung, dsb, sudah dimuseumkan di Museum of the Ancient Agora. Di area ini juga terdapat sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa Hepaestus, yaitu dewa pandai besi.
Penggalian situs ini pertama kali dilakukan pada tahun 1931 oleh American School of Classical Studies at Athens yang dipimpin oleh Leslie Shear, Sr. Lalu pada tahun 1950 Stoa Attalus direkruntruksi di area timur Agora kuno ini. Stoa adalah sebuah teras gaya Yunani yang biasanya dipakai orang-orang untuk berkumpul. Istilah stoa juga dipakai untuk menamai sebuah aliran filsafat yaitu Soticism.


4. Lycabettus Hill



Tempat yang satu ini sangat cocok untuk orang-orang yang suka melihat pemandangan kota dari atas bukit, karena Bukit Lycabettus ini merupakan titik tertinggi di Athena. Banyak sekali yang bisa dilihat dari sini, seperti Stadium Panathianiko, Kuil Zeus, hingga Akropolis.

Bukit Lycabettus ini beberapa kali juga disebutkan dalam legenda dan mitologi. Salah satu cerita mengatakan bahwa bukit ini adalah tempat serigala bernaung. Dalam Bahasa Yunani serigala berarti lycos. Beberapa orang percaya itulah asal mula nama Lycabettus atau bisa diartikan menjadi perbukitan yang ditapaki oleh serigala. Sedangkan dalam mitologi, bukit ini diciptakan oleh Dewi Athena yang tidak sengaja menjatuhkan gunung kapur yang dia bawa dari Semenanjung Pallene untuk membangun Akropolis.


5. Parthenon



Kuil yang satu ini wajib sekali dikunjungi kalau pergi ke Athena. Kuil ini terletak di areal situs Akropolis. Dibangun abad 447 sebelum masehi dan baru rampung abad 432 Sebelum Masehi, monument yang luar biasa ini dianggap sangat penting karena menjadi simbol Yunani Kuno, demokrasi Athena, dan peradaban Barat.
Kuil ini dulunya adalah kuil yang didedikasikan kepada Dewi Athena. Sebelum menjadi kuil Parthenon, kuil ini disebut kuil Athena, namun hancur saat invasi orang Persia. Lalu pada masa penaklukan dinasti Ottoman awal abad ke-15, kuil ini juga sempat menjadi sebuah masjid.

Wah, menarik kan, tempat-tempat yang ada di Athena. Sebenarnya masih banyak lagi tempat yang lebih menarik, tapi sisanya bisa dijelajahi sendiri setelah tiba di Athena.



[Oleh: Logika Anbiya]


Baca juga: Di Balik Kisah Wonder Woman dan Batman Muda


Baca juga: Sebelum Gal Gadot, Berikut Daftar Wanita yang Memerankan Wonder Woman


Baca juga: 8 Fakta Tersembunyi Wonder Woman

Author


Avatar