Artikel

5 Wanita yang Menjadi Kapten Kapal Laut

Berlayar di lautan memang sebuah aktifitas yang terlihat sangat keren, karena tidak sembarang orang bisa berlayar di lautan lepas. Menjadi seorang kapten kapal tentunya terlihat lebih hebat lagi, karena ada banyak sekali yang harus dipelajari jika ingin membawa sebuah kapal ke samudra. Seperti Tami Oldham yang terdampar di lautan selama 41 hari dan harus mengerahkan segala pengetahuan yang dimilikinya tentang pelayaran agar bisa bertahan hidup dan mencapai daratan.

Tami Oldham juga membuktikan bahwa tidak hanya laki-laki yang bisa berlayar dan menjadi kapten kapal. Wanita juga tidak kalah hebat dalam aktifitas ini. Bahkan, dari zaman dahulu, tidak sedikit wanita yang bahkan berhasil menjadi kapten kapal. Siapa saja wanita hebat yang bisa menjadi kapten sebuah kapal? Simak daftar berikut ini.


1. Cheng Shih


Lahir dengan nama Ching Shih, Cheng I Sao, atau bisa dipanggil juga Istri dari Cheng, adalah salah satu bajak laut yang sukses. Dia menikahi suaminya, Cheng I, seorang bajak laut yang kuat, dan berdua mereka membangun armada yang paling hebat. Ada beberapa orang berspekulasi alasan pernikahan mereka adalah murni karena bisnis. Armada mereka terdiri dari ratusan kapal dan lebih dari 50.000 orang di dalamnya. Mereka juga mengadopsi Chang Pao untuk menjadi penerus. Mereka sering beroperasi di daerah perairan Selatan Tiongkok. Korban mereka sebagian besar kapal pemancing, kapal suplai, dan desa di pinggir laut.

Setelah sang suami, Cheng I, meninggal pada tahun 1807, Cheng Shih mulai melakukan manuver politik dalam armadanya dan membangun hubungan baik dengan saingan-saingannya untuk memperkuat kekuasaan. Agar tidak terjadi konflik dari pesaingnya, Cheng Shih mencari bantuan kepada salah satu anggota keluarga suaminya yang kuat, yaitu Ching Pao-yang, dan anak sepupunya Ching Ch’i. Dia juga mulai membangun sebuah hubungan yang intim dengan Ching Pao. Pada masa ini juga, dia berhasil menguasai lautan di sekitar Asia Tenggara.
Meskipun dia berkuasa di armadanya, ketika diharuskan lelaki yang terlihat memimpin, Cheng Shih akan menunjuk wakilnya Cheung Po Tsai sebagai kapten, namun tetap loyal kepadanya.

Cheng Shih juga terkenal karena membuat sejumlah peraturan bagi para bajak lautnya. Konon, Cheung Po Tsai menyebarkan peraturan tersebut. Peraturan-peraturan ini sangat ketat. Hukuman bagi yang melanggar bisa saja kematian.
Akhir dari armada layar merah ini adalah saat Cheng Shih menyerahkannya kepada angkatan laut dengan persyaratan dia diperbolehkan menyimpan kekayaannya. Setelah itu dia membuka sebuah tempat perjudian dan meninggal pada 1844 di usia 69 tahun.


2. Anna Shchetinina


Lahir pada tanggal 26 Februari 1908, seorang anggota wanita armada niaga dari Soviet untuk pertama kali diangkat menjadi seorang kapten. Anna Shchentinina berasal dari Vladivostok, dari keluarga switchman jalur kereta. Dia masuk jurusan navigasi di Sekolah Marinir Vladivostok tahun 1925. Setelah lulus, dia bekerja sebagai pelaut biasa di Semenanjung Kamchatka.

Pada umur 24 tahun, Anna Shchetinina berhasil mendapatkan lisensi navigator dan memenuhi syarat untuk menjadi seorang second mate di Armada Niaga Barat. Lalu pada umur ke 27 tahun, dia diangkat menjadi seorang kapten. Pelayaran pertamanya sebagai seorang kapten menjadi perhatian dunia karena dia adalah seorang wanita yang masih muda tetapi sudah bertanggung jawab atas kapal MV Chavycha menuju Hamburg.


3. Kate Mc. Cue




Kapten Kate Mc.Cue adalah seorang kapten di sebuah kapal pesiar mewah milik Celebrity Cruise. Kapten Kate Mc.Cue adalah wanita pertama yang menjadi kapten sebuah Kapal Pesiar Mewah di Amerika. Berasal dari San Fransisco, semenjak kecil Kapten Mc.Cue sering berpindah-pindah dengan keluarganya karena sang ayah adalah seorang insinyur. Keluarganya sempat menetap di Evans, Georgia dan Michigan. Saat berumur 12 tahun, setelah berlayar dengan kapal pesiar menuju Bahamas, Mc.Cue ingin menjadi seorang direktur pelayaran.

Tahun 1966, dia masuk ke California State University Maritime Academy dan lulus dengan sarjana administrasi bisnis tahun 1999. Dia juga sempat belajar astronavigation. Pekerjaan pertamanya adalah di Hawaii sebagai kelasi umum mengantar turis ke Kawah Molokini. Lalu pekerjaan kapal pesiarnya yang pertama adalah dengan Disney Cruise-Line sebagai third mate.

Pada tahun 2015, Presiden Celebrity Cruise, Lisa Lutoff Perlo, menelpon Kapten Mc.Cue dan menyuruhnya melamar posisi kapten. Lamaran tersebut diterima, dan sampai sekarang Kapten Mc.Cue menjadi komando utama kapal pesiar.


4. Kapten Inger Klein Thorhauge


Inger Klein Thourhauge menjadi kapten tahun 2010 untuk MS Queen Victoria milik Cunard Line, yang tentunya bukan sebuah kapal kecil. Kapten Thorhauge memang menyukai pelayaran sejak dia masih remaja. Dalam wawancaranya bersama Telegraph, dia menceritakan pengalamannya menjadi pramugari di sebuah kapal ketika liburan. Sejak saat itu dia sadar kalau dia tidak terlalu suka membersihkan sesuatu, jadi dia mencari sesuatu yang berbeda di dalam kapal. Dia mengaku bahwa rasa penasarannya melihat dunia dan kebahagiaannya saat berlayar dijadikan sebuah dorongan untuk pilihan karirnya.

Tahun 1994, setelah mendapatkan Lisensi, Thorhauge mulai tertarik dengan industri pelayaran. Tahun 1997, pekerjaan pertamanya di Cunard Line adalah sebagai petugas dek. Selama bekerja, karirnya terus menanjak, hingga akhirnya di tahun 2010 dia diangkat menjadi kapten untuk MS Queen Victoria. Ini kali pertama Cunard Lines mengangkat seorang wanita menjadi seorang kapten.


5. Miho Otani


Wanita yang satu ini bukan kapten kapal sembarangan. Kapal yang dia kepalai adalah sebuah kapal perang. Awal tahun 2016, Komandan Miho Otani membuat sejarah di angkatan laut Jepang. Dia diangkat menjadi seorang kapten kapal Perang Yamagiri Destroyer. Dia bertanggung jawab untuk 220 kru kapal yang 10 di antaranya adalah wanita.

Komandan Otani berasal dari Osaka. Dia lulus dari Akademi Pertahanan Nasional pada 1996 sebagai lulusan wanita pertama. Tahun 2013, dia terpilih untuk menjalani latihan menjadi nahkoda sebuah destroyer atau kapal perang.


[Oleh: Logika Anbiya]


Baca juga: 5 Buku Wajib Baca Bagi Kamu yang Berputus Asa


Baca juga: 5 Fakta Shailene Woodley yang Akan Membuatmu Tercengang


Baca juga: 7 Wanita Pejuang Kemerdekaan di Dunia, Keren Banget!

Author


Avatar