Artikel, baru

6 Bangunan Bersejarah di Spanyol

Banyak bangunan bersejarah di dunia yang menjadi tempat wisata terkenal. Bangunan bersejarah memang memiliki daya tarik tersendiri mulai dari arsitektur pembangunannya, atau ornamennya. Terutama gedung-gedung di Eropa yang terkenal karena sejarahnya. Tidak terkecuali gedung-gedung bersejarah di Spanyol.

Spanyol yang merupakan negara terbesar kelima di Eropa, memiliki bangunan-bangunan indah dengan arsitektur yang khas. Nah, berikut ini beberapa gedung bersejarah yang ada di negara Spanyol.


1. Old Town of Ávila




Ávila merupakan salah satu gedung bersejarah yang terkenal di abad pertengahan sekitar tahun 1090 dengan julukan kota bertembok raksasa. Di dalam Ávila ini banyak patung-patung dan lukisan yang menarik sedangkan bagian luar bangunan dilindungi oleh benteng dan 2 menara.

Bahan bangunan Ávila adalah granit cokelat dengan konstruksi bangunannya terdiri atas 88 menara dan 9 pintu gerbang.

Baca juga:
– 3 Cara Mudah Menikmati Keindahan Sagrada Familia, Barcelona
– 4 Kota Jejak Sejarah Islam Di Spanyol

2. Alhambra


bangunan spanyol 2

Alhambra merupakan istana peninggalan Bani Ummayah yang terletak di bukit La Sabica. Alhambra berarti Istana Merah karena hampir seluruh bagian bangunannya berwarna merah. Istana ini didirikan oleh Sultan Muhammad bin Ahmar, raja bangsa Moor yang berasal dari Afrika Utara. Bangunan Istana ini berupa halaman persegi yang indah dengan banyak air mancur.

Salah satu struktur terpentingnya adalah menara La Vela, yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Ciri khas bangunan Alhambra adalah ornamen huruf Arab. “Laaghalibailallah” atau berarti tiada kejayaan selain Allah mewarnai dinding bagian dalam.


3. Torre del Oro




Torre del Oro dikenal dengan nama Gold Tower. Torre del Oro adalah Menara intai militer pada sebuah benteng pertahanan yang menghubungkan Alcazares dan dermaga. Tahun 1220-1221 bangunan ini pertama kali dibangun oleh Gubernur Abul-Ula.

Nama Torre del Oro sendiri berasal dari lantai bangunanya yang terbuat dari emas. Sekarang Torre del Oro dimanfaatkan sebagai museum Maritim dan menjadi salah satu landmark kota Sevilla.


4. Mezquita


bangunan spanyol 3

Mezquita biasa dikenal dengan Masjid Katedral (Cordoba). Awalnya Mezquita dijadikan tempat pemujaan kaum Pagan. Kemudian diambil alih oleh gereja Kristen visi gothic. Gereja menambahkan unsur gothic ke tengah-tengah bangunan, sehingga seperti ada gereja dalam masjid.

Kemudian saat bangsa Moors menduduki Spanyol (Andalusia), bangunan ini diubah menjadi Masjid. Masjid Mezquita sekarang dijadikan salah satu Warisan Dunia PBB dan dikenal sebagai Masjid tercantik dan terbesar di dunia.


5. Giralda



Giralda merupakan simbol paling terkenal di Sevilla karena ukurannya yang sangat besar. Giralda memiliki luas wilayah 13,61 meter persegi dan tinggi 42 meter. Giralda merupakan elemen masjid berupa menara masjid yang awalnya adalah Cathedral of Seville.

Di sana terdapat makam Colombus. Menara ini juga menawarkan pemandangan yang luar biasa. Orange Tree Courtyard, dalam gaya Almohad dengan kolam di salah satu sisinya.


6. Reales Alcazarez




Reales Alcazarez adalah istana yang dibangun tahun 913, pada masa pemerintahan oleh Abd Al Ramn III. Ciri khas dari bangunan ini adalah kamar yang banyak, teras, dan ruangan yang bervariasi dengan gaya Islam neoklasik.

Istana yang memiliki konstruksi kokoh ini merupakan istana kerajaan tertua yang masih digunakan di Spanyol. Juga telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987 bersama dengan Katedral Sevilla dan Arsip Umum Hindia.

Baca juga:
– Penasaran dengan Novel Origin, Ini Dia Sinopsisnya!
– 10 Fakta Menarik Dibalik Sosok Dan Brown

Nah, itulah beberapa Gedung bersejarah di Spanyol. Setiap bangunan memang memiliki cerita dan daya tarik tersendiri. Mungkin ada yang berencana mengunjungi negara Spanyol untuk berlibur? Seperti Robert Langdon dalam Origin yang bertualang di Spanyol untuk memecahkan sebuah misteri. 


Penulis: Widia

Author


Avatar