Artikel

7 Kisah Cinta dan Laga di Ruang Angkasa

Bacaan Wajib Para Pencinta Sci-Fi


kisah cinta dan laga di luar angkasa

https://wallpapershome.com



Bagi para penggemar novel dengan latar masa depan, genre fiksi ilmiah atau sci-fi, atau kisah sarat laga, buku-buku berikut ini wajib masuk dalam daftar bacaan. Dan bagi para pembaca yang belum menggemari fiksi ilmiah, sangat dianjurkan mencoba salah satu rekomendasi ini. Siapa tahu malah jadi jatuh cinta. Apa saja buku-bukunya?


  1. Illuminae

http://amiekaufman.com



Pagi ini, Kady kira putus dengan Ezra adalah keputusan terberat yang perah gadis itu buat. Siang harinya, planetnya diserang.

Ketika musuh menembaki mereka dari udara, Kady dan Ezra yang sudah tidak berbicara satu sama lain lagi, harus berjuang mencapai pesawat evakuasi.

Namun, pesawat tempur musuh yang memburu mereka bukanlah masalah terbesar. Virus mematikan menyebar. Belum lagi AI pesawat evakuasi yang seharusnya melindungi mereka bisa saja menjadi musuh. Tidak ada seorang pun dari pihak berwenang yang mau memberitahu apa yang sebenarnya terjadi.

Saat Kady mulai mencari tahu dengan meretas timbunan data, gadis itu sadar, satu-satunya orang yang mungkin bisa membantunya adalah Ezra. Padahal Kady sudah bersumpah tidak akan berhubungan lagi dengan Ezra, mantan pacarnya itu. 

Catatan singkat :

Buku ini diceritakan dalam bentuk hasil sadap dokumen, termasuk E-mail, skema, dokumen militer, pesan pribadi, laporan medis, wawancara, dan lain-lain.

 

Illuminae terbit pada tahun 2015. Buku yang ditulis oleh duo Amie Kaufman dan Jay Kristoff ini menceritakan masa depan dunia dengan kemampuan teknologi yang sudah sangat maju. Di dalamnya ada penjajahan antar planet, perjalanan antar galaksi, dan sebuah perjuangan yang tentunya penuh pengorbanan.

 

Amie Kaufman adalah penulis New York Times Bestseller di genre Young Adult Fiction yang berasal dari Australia. Banyak karyanya yang mendapatkan penghargaan, sehingga dipublikasikan di lebih dari 30 negara. Salah satunya adalah These Broken Stars, hasil kolaborasi dengan Meagan Spooner, yang memenangi Aurealis Award untuk Best Young Adult Novel of The Year.

 

Jay Kristoff adalah penulis yang berasal dari Australia, sama seperti Amie Kaufman. Karya-karyanya antara lain The Lotus War Series, The Illuminae Series, The Nevernight Chronicle, Lifel1k3, dan The Aurora Cycle.

 

Illuminae adalah bagian pertama dari The Illuminae Series, sedangkan bagian kedua berjudul Gemina, dan bagian ketiga berjudul Obsidio.


Baca juga:
5 Fakta Menarik Tony Fernandes, Sang Bos AirAsia
5 Novel Terjemahan yang Akan Mengguncang 2019


2. Carve The Mark

 

https://images-na.ssl-images-amazon.com



Novel karya Veronica Roth ini memiliki peta tersendiri untuk menggambarkan dengan detail, dunia seperti apa yang ada di dalamnya. Carve The Mark menceritakan tentang Cyra yang berasal dari kaum Shotet dan Akos dari kaum Thuvhesit yang mendiami planet Thuvhe. Mereka memiliki takdir yang membuat mereka harus bersama-sama menghentikan tirani penguasa Shotet dan mencegah perang galaksi.

 

Dalam dunia Carve the Mark, setiap orang memiliki berkah-arus yang digambarkan sebagai kemampuan istimewa. Akos memiliki berkah-arus yang bisa menangkal aliran arus yang masuk ke dalam tubuhnya, dan Cyra memiliki berkah-arus yang tergolong menakutkan, dia bisa menyalurkan rasa sakit hanya melalui sentuhan.

 

Carve the Mark terbit tahun 2017 dan mendapatkan nominasi Goodreads Choice Award untuk kategori Young Adult Fantasy & Science Fiction. Novel ini memiliki sekuel berjudul The Fates Divide yang terbit pada tahun 2018.


3. Across The Universe

goodreads.com



Amy adalah remaja yang dibekukan di dalam pesawat angkasa luar, Godspeed. Dia dan kedua orangtuanya akan menuju planet baru, Bumi-Centauri, tiga ratus tahun di masa depan. Tetapi, 50 tahun sebelum Godspeed dijadwalkan mendarat, ruang krio 42 dibuka secara misterius, dan Amy terbangun dari tidur bekunya.

Seseorang mencoba membunuhnya.

 

Across the Universe adalah karya Beth Revis yang terbit pada 2011. Diiringi dengan kasus misterius yang menegangkan, buku ini juga menampilkan sisi ilmu pengetahuan yang sudah berkembang dengan pesat, perjalanan ruang angkasa menuju planet baru yang akan dihuni oleh manusia-manusia yang dibekukan.

 

Novel debut dari Beth Revis ini mendapat nominasi Goodreads Choice Award kategori Best Young Adult Fantasy & Science Fiction tahun 2011, Carnegie Medal tahun 2012, Rhode Island Teen Book Award tahun 2013, dan Lincoln Award tahun 2014. Kisah dalam Across the Universe berlanjut di buku A Million Suns yang terbit tahun 2012 dan Shades of Earth yang terbit tahun 2013.



4. Unearthed

goodreads.com



Unearthed adalah novel dwilogi yang menceritakan tentang Jules Addison dan rekan-rekannya sesama ilmuwan. Mereka menemukan dan mempelajari budaya alien, selama pemulung seperti Amelia Radcliffe tidak menjarah semuanya terlebih dahulu. Alasan Mia dan Jules yang berbeda untuk menyelundupkan diri ke Gaia membuat mereka langsung berselisih, tetapi setelah lolos dari konfrontasi berbahaya dengan pemulung lainnya, mereka pun membuat sebuah aliansi. Sebuah novel yang menggabungkan teknologi canggih dengan berbagai misteri yang harus dipecahkan, seperti kode rahasia ras kuno untuk menemukan sebuah informasi yang memegang kunci atas segalanya. Novel karya Amie Kaufman yang berkolaborasi dengan Meagan Spooner ini mendapatkan berbagai respon positif dari penulis lain maupun para kritikus novel. Di antaranya adalah Marie Lu, penulis trilogi Legend dan The Young Elites, yang menyebutkan bahwa Unearthed adalah salah satu kisah paling intens, mendebarkan, dan sangat indah. Buku kedua Unearthed yang berjudul Undying baru terbit pada Januari 2019 kemarin.


5. Defy The Stars


goodreads.com



Dia seorang prajurit – Noemi Vidal bersedia mengambil risiko apa pun untuk melindungi planetnya, Genesis, termasuk berkorban nyawa. Bagi musuh-musuh mereka di Bumi, dia pemberontak. Dia mesin – Ditinggalkan sendirian di ruang angkasa selama bertahun-tahun, pemrograman lanjutan Abel telah berkembang. Dia hanya ingin melindungi penciptanya, dan bebas. Bagi orang-orang Genesis, dia adalah sosok yang dibenci. Noemi dan Abel adalah musuh dalam perang antarbintang, tetapi dipaksa secara kebetulan untuk bekerja sama saat mereka memulai perjalanan antar bintang. Perjuangan mereka untuk mengakhiri perang mengharuskan mereka berkorban. Taruhannya bahkan lebih tinggi daripada yang mereka kira. Dan semakin lama mereka bersama, semakin mereka mempertanyakan apakah segala sesuatu yang diajarkan kepada mereka itu benar. 


Novel sci-fi ini menceritakan hubungan antara manusia dengan robot yang sebenarnya bermusuhan. Tetapi, karena konflik perang yang mereka alami, mereka harus bekerja sama untuk menghentikan peperangan itu.

 

Defy the Stars yang terbit tahun 2017 ini adalah novel pertama dari novel trilogi Constellation karya Claudia Gray. Lanjutannya berjudul Defy the Worlds dan Defy the Fates.


6. Empress of a Thousand Skies


goodreads.com



Sebagai satu-satunya ahli waris yang masih hidup dari dinasti Kalusian kuno, seumur hidupnya Putri Rhiannon Ta’an berlatih untuk menghancurkan orang-orang yang membunuh keluarganya. Sekarang, pada malam penobatannya, tiba saatnya bagi Rhee untuk mengklaim takhta dan melaksanakan niat untuk membalas dendam. Alyosha adalah pemuda Wraetan yang telah naik status dari pengungsi perang menjadi bintang tenar pertunjukan DroneVision. Terlepas dari popularitasnya, Aly berjuang melawan prasangka anti-Wraetan dan tekanan untuk menjadi sempurna di mata publik. Kemudian Rhee diserang, nyaris tewas, dan Aly dituduh mendalangi penyerangan tersebut. Namun Rhee dan Aly segera menyadari bahwa upaya pembunuhan itu hanya bagian dari rencana besar nan jahat. Perang antar planet pun pecah. Rhee dan Aly harus bekerja sama untuk menyelamatkan galaksi. 


Novel karya Rhoda Belleza ini terbit pada tahun 2017, dilanjutkan oleh sekuel yang berjudul Blood of a Thousand Stars pada 2018. Empress of a Thousand Skies mendapat apresiasi dari New York Times, Kirkus Reviews, Publishers Weekly, School Library Journal, dan Booklist.


Baca juga:
Real Madrid Beri Penghormatan Kepada Ahed Tamimi
7 Karakter Superhero DC yang Paling Populer


7. The Long Way To A Small, Angry Planet

goodreads.com



Novel ini menceritakan tentang seorang wanita muda bernama Rosemary Harper yang bergabung dengan kru kapal Wayfarer. Meskipun sudah tua, kapal itu memberikan kenyamanan kepada Rosemary, juga petualangan baru menjelajahi sudut-sudut galaksi yang jauh. Hal itu membuat Rosemary melupakan masa lalunya.


Rosemary bertemu dengan beragam awak kapal, termasuk Sissix sang pilot reptil yang eksotis, Kizzy dan Jenks yang menjaga kapal tetap berjalan, dan Ashby sang bangsawan sekaligus kapten kapal. Dalam perjalanannya, kru Wayfarer akan berhadapan dengan sejumlah kecelakaan tak terduga dan petualangan mendebarkan yang memaksa mereka untuk saling bergantung demi bertahan hidup. Rosemary belajar tentang cinta dan kepercayaan, dan bahwa memiliki keluarga tidak selalu merupakan hal terburuk di alam semesta.

 

The Long Way to a Small, Angry Planet yang terbit pada 2014 ini merupakan novel pertama dari trilogi Wayfarers. Buku keduanya berjudul A Closed and Common Orbit (terbit pada 2016), dan buku ketiganya berjudul Record Of A Spaceborn Few (terbit pada 2018).

 

Novel debut Becky Chambers ini cukup sukses dan mendapat beberapa nominasi penghargaan, yakni The Kitschies Nominee for Golden Tentacle (Debut) pada 2014, Arthur C. Clarke Award pada 2016, dan Women’s Prize for Fiction Nominee for Longlist pada 2016.

 

Bagaimana, apakah ada novel-novel di atas yang menarik perhatian kalian? Ayo segera baca dan ikut berkelana ke ruang angkasa.

 

 

Oleh: Isma Ani

Author


Avatar