Artikel

7 Negara yang Menerima Arus Pengungsi

7-negara-yang-menerima-arus-pengungsi


Peperangan mengatasnamakan hal apapun, pasti menimbulkan berbagai kerugian. Salah satu contohnya adalah hilangnya tempat yang nyaman untuk tinggal. Arus pengungsi tak mungkin dihindari. Demi mendapatkan hidup yang aman, pengungsi mencari tempat baru yang lebih baik untuk ditinggali. Berikut ini adalah negara-negara yang menerima arus pengungsi.


Cina



negara-cina

Negara tirai bambu dikenal sebagai negara yang ramah dan menerima pengungsi berdasarkan hasil survei Amnesty International. Survei membuktikan bahwa satu dari sepuluh responden mengatakan mereka akan membiarkan pengungsi tinggal di rumah mereka, dengan hampir setengah dari semua orang Cina yang disurvei menawarkan keramahtamahan di rumah mereka untuk para pengungsi.


Jerman


negara-jerman

Sebagai salah satu dari negara besar yang terdapat di Uni Eropa, Jerman menerima permintaan suaka dari 98.700 jiwa. Hal ini merupakan permintaan paling banyak untuk Jerman. Kanselir Jerman, Angela Merkel menyerukan negara-negara Uni Eropa lainnya untuk membantu menampung pengungsi. Jerman menempati posisi kedua sebagai negara yang ramah dan menerima pengungsi berdasar survei Amnesty International.

 

 

Inggris

negara-inggris

Inggris menempati posisi ketiga sebagai negara yang ramah dan menerima pengungsi berdasarkan survei Amnesty International. Inggris mendapatkan sekitar 7.000 permintaan suaka, namun David Cameron mengatakan akan menerima 20.000 pengungsi Suriah selama lima tahun ke depan.



Turki


negara-turki

Lokasi negara yang bersebelahan langsung dengan Suriah, menjadikan Turki sebagai negara yang menerima pengungsi paling banyak. Turki menerima sekitar 1,9 juta pengungsi. Turki juga menjadi destinasi nomor satu bagi para pengungsi khususnya dari Suriah untuk dijadikan tempat bernaung.



Lebanon


negara-turki

Sama halnya dengan Turki, karena lokasi geografis yang bersebelah dengan Suriah, Lebanon menerima 1,1 juta pengungsi Suriah. Terjadi peningkatan 25% terhadap 4,4 juta penduduk negara Lebanon. Dengan ini Lebanon menjadi negara dengan konsentrasi tertinggi pengungsi per kapita.



Yordania


negara-yordania

Yordania menjadi salah satu negara tujuan pengungsi yang notabene berasal dari Palestina. Negara yang bersebelahan dengan Palestina dan Israel itu menyediakan tempat tinggal untuk 629.000 pengungsi. Hampir setengah dari tujuh juta populasi Yordania berasal dari Palestina.


Mesir


negara-mesir

Mesir menjadi negara yang ramah dan menerima pengungsi dengan menampung 132.000 pengungsi yang berasal dari Suriah. Berbeda dengan kondisi pengungsi pada umumnya yang tinggal di kamp, pengungsi di Mesir ditawarkan sebuah pulau khusus untuk pengungsi tinggal. Tindakan itu dilakukan oleh miliarder Mesir, Naguib Sariwis.

 

[Oleh: Fifi Feby Yanti ]


Baca juga: Selebriti Dunia yang Membantu Kampanye Kemanusiaan

Baca juga: Mengenang Kisah Alan Kurdi, Bocah Suriah yang Tewas Tenggelam

Baca juga: Sea Prayer; Sebuah Penghormatan untuk Para Pengungsi

 

 

 

 

 

Author


Avatar