Artikel

7 Sosok Demigod Paling Terkenal yang Harus Kamu Ketahui

Demigod atau bisa disebut manusia setengah dewa, berasal dari istilah Latin yaitu “half-god” yang diciptakan oleh penyair Romawi Ovid untuk mengacu pada dewa-dewa yang tidak terkenal. Istilah Demigod pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada akhir abad keenam belas, ketika digunakan untuk membuat konsep semideus dan daemon Yunani dan Romawi.

Sejak saat itu, kata Demigod sering diterapkan untuk orang-orang dengan kemampuan luar biasa dibandingkan manusia normal. Demigod berarti dewa kecil yang masih tinggal di bumi. Demigod merupakan hasil hubungan antara dewa dengan manusia biasa. Hubungan percintaan antara Dewa dan manusia adalah sesuatu yang perlu dihindari, karena hubungan tersebut jarang berakhir bahagia.

Wujud demigod adalah manusia biasa, namun biasanya rupawan, atletis, hebat, tangguh, berani dan mampu berlari lebih cepat dibandingkan manusia normal karena adanya unsur dewa pada diri mereka. Mereka biasanya melakukan petualangan melawan monster atau kejahatan yang tidak dapat dilawan oleh manusia biasa.


Berikut ini beberapa demigod yang kerap muncul di berbagai literatur dan karya seni. Apakah kamu familier dengan salah satu atau beberapa di antaranya?


1.Hercules

 

Sumber: ancientfacts.net


Hercules adalah  anak dari Zeus dan Alkmene. Dia merupakan pahlawan terbesar Yunani karena dikenal selalu berusaha membantu masyarakat dalam menghadapi kesulitan yang diakibatkan oleh monster atau raja yang jahat. Kekuatan, kecerdikan, keberanian adalah ciri khasnya. Hercules dipuja sebagai pahlawan dan manusia setengah dewa yang paling populer di mitologi Yunani.


2.Theseus

sumber: davidkammphotoworks.com


Theseus adalah raja dan pahlawan Athena dalam mitologi Yunani. Theseus merupakan anak dari Aithra dan sepupu dari Hercules. Theseus adalah pahlawan yang mampu membunuh Minotaur dengan tangan kosong.


3.Perseus

sumber: tripadvisor.com


Perseus merupakan legenda dari Mikene dan Dinasti Perseid. Perseus adalah pahlawan pertama dalam mitologi Yunani yang berhasil mengalahkan berbagai monster yang dikirim oleh dewa-dewi Olimpus. Perseus telah mengalahkan Gorgon, Medusa, dan merebut Andromeda dengan cara menyelamatkannya dari monster laut yang dikirim oleh Poseidon. Dia kemudian mempersunting Andromeda.


4.Achilles

Sumber: wikipedia.org


Achilles adalah anak dari Raja Peleus dengan peri laut, Thetis. Dia disebut sebagai kesatria paling berani dan tampan di antara pasukan Agamemnon dalam perang Troya. Salah satu mitos menyatakan bahwa ketika Achilles kecil, Thetis mencelupkannya ke Sungai Styx sehingga dia menjadi kebal.

Satu-satunya bagian tubuh Achilles yang tidak kebal adalah di bagian tumit (heel), bagian yang dipegangi oleh sang ibu. Karena itulah muncul istilah Achilles’ Heel untuk merujuk pada kelemahan seseorang.


5.Odysseus

Sumber: medium.com


Odysseus adalah raja Ithaca dan pahlawan Yunani. Dia menjadi tokoh utama dalam puisi epik karya Homer. Odysseus, sama seperti Achilles, adalah kesatria yang berperan penting dalam Perang Troya. Odysseus terkenal akan kecerdikan dan tipu muslihatnya sehingga disebut sebagai “Odysseus yang cerdas”.

Salah satu tipuan paling terkenalnya adalah saat  Odysseus membuat “Kuda Troya”, sebuah kuda kayu yang didalamnya menyimpan prajurit Yunani untuk bisa masuk ke kota Troy.


6.Hippolyta

Sumber Gambar : comicbook.com


Hippolyta adalah anak dari Ares sang Dewa Perang yang menjadi Ratu Amazon. Bangsa Amazon sendiri diciptakan oleh dewi-dewi Yunani sekitar 1.200 Sebelum Masehi dari jiwa-jiwa wanita yang menjadi korban kemarahan lelaki. Mereka semua ditempatkan di sebuah pulau surga bernama Themyscira.

Hippolyta yang merupakan reinkarnasi wanita pertama yang menjadi korban kemarahan lelaki kemudian menjadi ratu mereka. Namun dari semua jiwa yang dibangkitkan tersebut ada satu yang ditunda dulu oleh para Dewi yang nantinya akan menjadi Diana atau Wonder Woman.


7.Diana Prince (Wonder Woman)

Sumber Gambar : hdwallpapers.com


Diana Prince adalah anak pertama dari Ratu Hippolyta yang lahir di Themyscira. Diana lahir dari tanah liat yang dibuat Hippolyta, kemudian di tiupkan jiwa oleh Zeus. Selain itu, dewi-dwei juga memberikan berkah yang menjadi kekuatan Wonder Woman. Wonder Woman sendiri merupakan sosok wanita terkuat di Amazon.



Nah tadi adalah penjelasan tentang demigod. Jadi demigod seperti manusia biasa tetapi memiliki beberapa kelebihan dalam hal kekuatan dan lainnya.

Untuk lebih paham bagaimana ilustrasi atau kelebihan dari demigod bisa dengan melihat beberapa film seperti Wonder Woman atau Hercules.



[Oleh : Widia]

Author


Avatar