Artikel, Info, Tips

[Tips] 7 Cara Untuk Mengatasi Kesulitan Bangun Pagi



Tips Mengatasi Sulit Bangun Tidur | Featured
Bangun pagi ternyata tidak mudah dilakukan bagi sebagian orang. Ada yang sudah berusaha dan melakukan berbagai cara, tetapi tetap saja kesiangan. Hal ini tentu akan berefek pada banyak hal, dari terlambat berangkat ke sekolah, kampus, ataupun kantor.

Di samping itu, bangun kesiangan membuat segalanya dikerjakan serba terburu-buru. Aktivitas yang akan dijalani seharian pun pasti tidak akan optimal. Hal terpenting justru adalah orang yang bangun kesiangan akan kehilangan waktu produktif mereka.

Banyak sekali studi yang mengkaji tentang pembuktian bahwa bangun pagi akan memberi efek positif bagi kesehatan, dan tentunya juga berdampak pada prestasi individu.

Berikut ini ada 7 tips mengatasi kesulitan bangun pagi yang diambil dari buku berjudul Ada Pelangi Di Balik Hujan. Selamat membaca dan menikmati.


1. Kurangi Kebiasaan Tidur Malam

Kurangi Kebiasaan Tidur Malam | Image
Tubuh manusia mempunyai pengaturan alamiah tertentu dalam waktu tidurnya. Dan ini berbeda-beda bergantung kebiasaan yang sehari-hari dilakukan. Dalam keadaan normal, ketika seseorang mempunyai siklus waktu tidur 8 jam, secara otomatis ia akan bangun setelah 8 jam tidur.

Jadi, kalau orang seperti ini tidur pukul 23.00, biasanya akan terbangun sendiri sekitar pukul 07.00. Siklus tidur ini bisa diubah jika kita mau membiasakannya. Untuk orang dewasa, waktu tidur 8 jam dalam sehari itu terlalu lama. Mungkin anjuran tidur 8 jam sehari itu hanya berlaku untuk anak kecil. Ketika sudah remaja, kebiasaan ini lambat laun harus diubah.

Orang-orang hebat bahkan memiliki siklus tidur yang sedikit. Rata-rata tidur 4 jam sehari. Untuk itu, pengaturan waktu tidur sangatlah penting dilakukan. Hindari tidur larut malam agar tidak bangun kesiangan. Kenalilah siklus tidur diri kita masing-masing, lalu atur jam tidur yang tepat agar bisa bangun pada saat yang tepat pula.


2. Memasang Alarm

Memasang Alarm | Image
Ini adalah cara kuno yang hingga sekarang dianggap paling manjur. Bunyi alarm yang kencang biasanya akan membangunkan orang yang tidur di dekatnya. Hal ini tentu saja menjadi efektif untuk mencegah agar kita tidak bangun kesiangan.

Saat memasang alarm, pastikan alarm berbunyi pada waktu yang diinginkan. Kebanyakan orang membunyikan alarm lebih awal untuk berjaga-jaga apabila tidak bisa bangun pada waktu yang diinginkan.

Padahal kegiatan ini akan membuat otak secara otomatis menganggap waktu nyalanya alarm tersebut sebagai waktu yang tidak tepat untuk bangun. Sehingga pada akhirnya kebanyakan orang mematikan alarm dan kemudian tidur kembali.


3. Minum Air Putih Sebanyak Mungkin Sebelum Tidur

Minum Air Putih | Image
Tips ini memang sedikit unik, tetapi sangat efektif bagi orang yang sudah kebal dengan bunyi alarm. Meminum air sebanyak-banyaknya sebelum tidur, akan membuat kita terbangun secara otomatis pada pagi hari.

Paling tidak setelah kita meminum air putih tersebut, pada pagi harinya pasti kita akan terbangun untuk buang air kecil. Proses ini berlangsung secara alami karena proses biologis dalam tubuh kita.


4. Minta Dibangunkan

Meminta Orang Untuk Membangunkan | Image
Tips ini cukup efektif dan ampuh. Sebelum tidur, kita bisa meminta tolong orang lain yang terbiasa bangun pagi untuk membangunkan kita pada jam tertentu. Minta orang tersebut untuk melakukan berbagai cara agar kita bangun, apabila kita susah untuk dibangunkan. Misalkan, dengan memintanya memercikkan air ke wajah saat kita susah dibangunkan.

Hal ini cukup sulit jika kita tinggal sendiri atau bersama orang yang sulit bangun pagi juga. Namun, hal ini bisa disiasati dengan jalan menggunakan telepon. Kita bisa meminta tolong orang lain untuk menelepon kita pada jam tertentu.


5. Lakukan Hal Menyenangkan Sesaat Setelah Bangun Tidur

Melakukan Kegiatan Menyenangkan | Image
Mengantuk dan ingin tidur kembali adalah perasaan yang pasti muncul sesaat setelah bangun pagi. Karena itu, untuk menghindarkan rasa malas ini bisa dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan menurut kita.

Apabila senang bermain game, bermainlah. Apabila senang menonton TV, menontonlah. Intinya lakukanlah hal yang disenangi setelah bangun. Setelah merasa tidak mengantuk, baru lakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat.


6. Mandi Pagi Hari

Mandi Pagi | Image
Mengguyur badan pada pagi hari menjadi salah satu alternatif mengusir rasa kantuk dan malas, karena air dingin yang diguyurkan ke kepala akan membangunkan sistem saraf dan menstimulus untuk segera beraktivitas.

Meskipun udara dingin, janganlah merasa takut dan enggan. Segera mandi dan rasakan kesegaran tubuh yang luar biasa setelahnya.


7. Jadikan Kebiasaan

Jadikan Kebiasaan | Image
Apabila kita sudah membiasakan diri untuk bangun pagi dari hari Senin sampai Jumat, jangan ganggu rutinitas tersebut saat akhir pekan. Biasanya jika hari libur, kita membiasakan untuk bangun lebih siang dari jadwal biasanya.

Padahal tubuh bekerja menyesuaikan dengan jadwal yang sudah jadi kebiasaan. Jika kita sudah membiasakan diri selama seminggu untuk bangun pagi, seterusnya tubuh kita akan terbangun sendiri pada jam yang sama. Namun, jika rutinitas itu terganggu saat akhir pekan, tubuh akan mengikuti jadwal yang baru.



*****



Mengatur waktu tidur memang sangat penting untuk dilakukan, karena ternyata yang membedakan orang sukses dan gagal salah satunya adalah manajemen tidurnya.

Orang sukses mampu mengurangi waktu tidurnya dan menggunakan waktunya itu untuk bekerja keras. Dari selisih waktu inilah orang sukses akan beberapa langkah lebih maju dibandingkan dengan orang lain di sekitarnya.


Apakah kamu sudah terbiasa bangun pagi? Kalau sudah, selamat karena kamu sudah berada di jalur kesuksesan. Jangan lupa sampaikan pengalaman dan tips bangun pagi kamu di kolom komentar.  



Sandra Nurdiansyah Publisis Penerbit Mizan

(Penyunting Nizar Tegar)

   
Ada Pelangi Di Balik Hujan | Image Ada Pelangi Di Balik Hujan



Penerbit: MIZAN PUBLISHING

Kode Buku: UB-391

ISBN: 9786024180799

Tahun Terbit: Oktober 2016

Halaman: 208 Halaman

Berat: 0,16 Kg

Format: Soft Cover

Author


Avatar