Artikel

8 Fakta Bruce Wayne yang Perlu Kamu Tahu

Siapa sih yang tidak kenal Batman? Superhero pembasmi kejahatan di kota Gotham dengan penampilan serba hitam. Seperti superhero pada umumnya, Batman juga mempunyai identitas asli yaitu Bruce Wayne, seorang miliarder pemilik perusahaan Wayne Enterprises.

Dari kecil, Bruce Wayne merupakan yatim piatu karena kedua orangtuanya dibunuh dalam peristiwa perampokan di kota Gotham. Di balik topeng Batman-nya, Bruce Wayne mempunyai fakta-fakta yang belum diketahui orang banyak. Terlepas dari sisi pahlawannya, Bruce Wayne mempunyai karakter yang menarik, dan berikut ini adalah faktanya.

  1. Asal usul nama Bruce Wayne

    Pencipta karakter Batman alias Bruce Wayne, yakni Bob Kane dan Bill Finger, mengambil nama Bruce Wayne dari dua tokoh sejarah ikonik. Bruce merupakan nama dari prajurit Skonlandia, King Bruce I of Scotland yang memimpin perang untuk kemerdekaan Skolandia. Dan nama belakang Wayne juga diambil dari tokoh sejarah yakni Brigadir Jenderal Anthony Wayne yang merupakan pahlawan perang revolusioner Amerika.


    Asal usul nama Bruce Wayne

    Sedangkan di dalam cerita, orangtua Bruce Wayne, Thomas dan Martha Wayne, memberikan nama Bruce Wayne seperti nama keponakan mereka, Bruce N. Wayne yang juga seorang detektif. Rupanya orangtua Bruce berharap kelak anaknya menjadi seorang penegak keadilan seperti halnya keponakan mereka yang seorang detektif.

    Di dalam komik, Bruce N. Wayne tinggal di Wayne Manor ketika menolong Kepolisian kota Gotham. Keahliannya analisisnya yang mumpuni dan intuisinya yang tajam sebagai detektif membuatnya menduga bahwa Bruce Wayne adalah Sang Batman.


  2. Bruce memulai pelatihan dari umur 14 tahun

    Tidak seperti para superhero DC yang mempunyai kekuatan super, Bruce Wayne menjadi seorang Batman dengan usaha keras dari pelatihannya yang memakan waktu dan biaya yang banyak. Bruce Wayne telah menjalani pelatihan mulai dari umur 14 tahun.


    Selama pelatihan dia mempelajari kriminologi, kimia, martial arts, dan forensik yang kesemua ilmunya itu berguna ketika dirinya menjadi Batman. Dia menekan dirinya selama pelatihan baik secara fisik dan mental, dengan tujuan untuk membuat dirinya menjadi tangguh seperti superhero yang kita cintai sekarang.


  3. Bruce Wayne menguasai 40 bahasa


    Bruce Wayne Batman
    Bruce Wayne tidak hanya menempa fisik dan tubuhnya saja, namun juga mengasah intelegensianya. Buktinya Bruce Wayne menguasai 40 bahasa. Di antaranya adalah bahasa Spanyol, Italia, Rusia, dan bahasa lainnya yang umum. Selain itu dia juga menguasai bahasa pemrograman komputer yang dipelajarinya ketika pelatihan. Hal itu berguna untuk menciptakan teknologi yang mendukung aksi Batman.

  4. Bruce Wayne punya kakak laki-laki

    Owlman Thomas Wayne


    Kisah keluarga Bruce Wayne merupakan kisah yang tragis, karena kedua orangtuanya dibunuh oleh perampok. Tapi tahukah kamu bahwa Bruce Wayne mempunyai seorang kakak laki-laki? Bahkan Bruce Wayne sendiri juga tidak tahu bahwa dia mempunyai kakak laki-laki.

    Kakak laki-lakinya bernama Thomas Wayne Jr. dan usianya 3 tahun lebih tua daripada Bruce Wayne. Thomas mengalami kecelakaan sewaktu kecil yang menyebabkan kerusakan pada otaknya sehingga menggangu stabilitas mentalnya dan menjadikannya individu yang berbahaya. Tak punya pilihan, suami istri Wayne memasukannya ke rumah sakit jiwa Willowood dan mengubah nama belakangnya menjadi Willowood.

    Secara tidak sengaja, Thomas melarikan diri dari rumah sakit dan menjadi seorang pembunuh bernama Boomerang Killer. Meskipun menjadi pembunuh kejam, di akhir hidupnya dia menyelamatkan adiknya, Bruce.


  5. Makanan kesukaan Bruce adalah sup mulligatawny


    Makanan kesukaan Batman


    Menjadi seorang miliarder, memilih makanan semahal apapun tidak masalah untuk Bruce Wayne. Akan tetapi, makanan favorit Bruce bukanlah daging steak sapi mahal, melainkan sup mulligatawny. Buat yang belum tahu, sup mulligatawny adalah sup yang dibuat dengan daging, sayuran, nasi, dan bumbu kari.

    Tak hanya sup mulligatawny, makanan favorit lainnya adalah sup french onion. Hal ini dibuktikan pada episode Vendetta dalam Batman the Animated Series. Alfred, asisten rumah tangga Bruce, mengatakan bahwa sup french onion adalah kesukaannya. Sup french onion terbuat dari karamelisasi sup bawang dengan daging dan sherry.


  6. Bruce Wayne fobia akan kelelawar


    Fobia Batman


    Bruce Wayne, Sang Batman memiliki berbagai peralatan canggih yang memiliki bentuk menyerupai kelelawar, mulai dari mobilnya yang disebut Batmobile, hingga markasnya yang bernama Batcave. Namun sesungguhnya bentuk kelelawar yang diambil oleh Bruce Wayne bukanlah sebuah tindakan dari kesukaannya terhadap kelelawar, melainkan karena Bruce Wayne fobia terhadap kelelawar.

    Alasan di balik ketakutan Bruce Wayne terhadap kelelawar dapat dilihat dalam film Batman Begins. Dalam film tersebut, ada adegan Bruce kecil jatuh ke dalam sumur yang penuh dengan kelelawar. Lalu saat di opera, dia ketakutan ketika melihat ada orang berpenampilan seperti kelelawar. Hal ini menunjukkan bahwa seorang pahlawan juga memiliki rasa takut akan sesuatu dan berusaha untuk melawan rasa takutnya.


  7. Ayah Bruce Wayne dan Ayah Clark Kent berhubungan


    Batman dan Superman


    Bruce Wayne alias Batman dan Clark Kent alias Superman mempunyai hubungan yang rumit seperti yang digambarkan pada film Batman v Superman Dawn of Justice. Keduanya saling berkelahi dan menjatuhkan sama lainnya. Padahal jauh sebelum itu, kedua ayah mereka yaitu Thomas Wayne dan ayah kandung Clark Kent dari Planet Krypton saling berkomunikasi.

    Di dalam serial komik Superman/Batman, ayah Superman melakukan komunikasi dengan ayah Bruce dan akhirnya memutuskan untuk mengirim Superman ke bumi. Ayah Bruce menggunakan kesempatan ini dan menggunakan teknologi dari Krypton untuk membantu Wayne Enterprises dan menghindari bangkrut. Fakta bahwa kedua orangtua Bruce dan Clark sempat berkomunikasi satu sama lainnya tidak diketahui oleh kedua anaknya.



  8. Bruce Wayne adalah pemilik The Daily Planet

Bruce Wayne pemilik The Daily Planet

Semua orang mengetahui bahwa Bruce Wayne merupakan ahli waris dari Wayne Enterprises dan menjadikannya miliarder muda di kota Gotham. Berbeda dengan Superman alias Clark Kentyang merupakan seorang wartawan dan mempunyai orang tua angkat yang mengurusi ladang. Secara kelas sosial, keduanya berada dalam kelas yang berbeda.

Dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice, diceritakan bahwa Clark, seorang wartawan The Daily Planet, ingin mengungkap rahasia bahwa Batman adalah Bruce Wayne. Namun sesungguhnya, The Daily Planet merupakan anak perusahaan dari Wayne Entertprises. Jadi secara tidak langsung, The Daily Planet merupakan milik Bruce Wayne dan Clark Kent akan membongkar rahasia dari pemiliknya sendiri.



Nah itu dia 8 fakta tentang Bruce Wayne yang jarang diketahui. Untuk kamu yang masih ingin tahu fakta-fakta menarik lainnya tentang Bruce Wayne khususnya sewaktu masa remaja, kamu bisa dapatkan beragam infonya di novel Batman: Nightwalker karya Marie Lu.

Di novel ini kamu bisa tahu bagaimana kisah dan sepak terjang Bruce Wayne muda sebelum menjadi Batman. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan fakta menarik seputar Bruce Wayne ketika remaja.





[Oleh: Fifi Feby Yanti]

Baca juga: DC Icons: Masa Muda Tokoh Ikonik DC

Baca juga: 8 Teknologi Andalan Batman


Author


Avatar