Artikel

8 Fakta Tersembunyi Wonder Woman

Wonder Women merupakan salah satu karakter superhero perempuan yang muncul dalam DC Comics. Wonder Woman adalah superhero DC paling kuat, cantik dan bijaksana dalam menegakkan keadilan. Wonder Woman memiliki banyak kelebihan dibandingkan manusia biasa dan memiliki kemampuan bertarung yang sangat hebat.

Namun, tidak banyak yang mengetahui fakta-fakta di balik pembuatan karakter Wonder Woman. Berikut beberapa fakta tentang Wonder Woman yang perlu diketahui:


1. Nama Awal Wonder Woman yaitu Suprema the Wonder Woman

Fakta Wonder Woman
Karakter Wonder Woman pertama kali diusulkan oleh seorang pria bernama William Moulton Marston, yang bekerja sebagai konsultan pendidikan untuk Publikasi Nasional Periodik dan All Amerika. Penulis awalnya memberi nama Suprema untuk karakter superhero perempuan ini.

Karakter ini diciptakan karena dia melihat bahwa perempuan sebenarnya tidak ingin mendapat stereotip sebagai makhluk lemah. Tetapi nama tersebut dianggap tidak popular sehingga diubah menjadi Wonder Woman saja.


2. Asal-usul Wonder Woman yang Simpang Siur

Fakta Wonder Woman
Terdapat dua versi terkait asal-usul Wonder Woman. Versi pertama yang dibuat oleh George Perez, menyebutkan bahwa pada akhir abad ke-20, Ratu Hyppolyta diperintahkan untuk membuat patung bayi dari tanah liat di Themyscira. Patung ini kemudian diberikan jiwa dan kehidupan oleh enam dewi Yunani.

Selain itu, bayi tersebut juga diberi hadiah berupa kekuatan fisik yang luar biasa, kebijaksanaan, keberanian, hati sang pemburu, kecantikan, kasih sayang, rasa persaudaraan, serta kecepatan dan kemampuan terbang.

Kemudian, versi kedua dan yang terbaru muncul dalam film Wonder Woman (2017). Disebutkan bahwa Wonder Woman adalah anak Zeus, salah satu dewa pada zaman Yunani Kuno. Kekuatannya didapat dari ayahnya karena dia termasuk demigod dan hasil latihan intensifnya dengan Antiope untuk menggunakan pedang, tameng, dan memanah.


3. Wonder Woman Memiliki Banyak Senjata

Fakta Wonder Woman
Senjata utama Wonder Woman adalah pedang, tameng, dan laso kebenaran. Tali laso ini selain digunakan sebagai senjata, dapat juga membuat orang yang tertangkap tali tersebut berkata jujur. Ketiganya adalah senjata sakti Themyscira. Namun, bukan hanya itu saja yang dimilikinya.

Wonder Woman punya banyak senjata lain, yaitu panah, pedang-pedang pendek milik Dewi Athena, baju zirah perang, sandal Hermes, sarung tangan Atlas, anting yang berfungsi untuk membuat Wonder Woman bisa bernapas di luar angkasa, dan juga Bracelets of Victory yang terbuat dari potongan perisai Zeus. Gelang ini tidak bisa hancur dan digunakan untuk mengontrol kekuatan Wonder Woman.


4. Wonder Woman Mampu Mengangkat Palu Mjolnir milik Thor.

Fakta Wonder Woman
Palu Mjolnir milik Thor hanya bisa diangkat oleh pemiliknya, bahkan Iron Man juga tidak bisa mengangkatnya. Tetapi Wonder Woman bisa mengangkat palu itu dan menggunakannya. Memang Wondar Woman sangat kuat.


5. Wonder Woman Memiliki Banyak Kemampuan

Fakta Wonder Woman


Kemampuan Wonder Woman bukan hanya sekedar kemampuan fisik saja, tetapi juga kemampuan penyembuhan, stamina super, kelincahan, kecerdasan, kebijaksanaan tinggi, penguasaan banyak bahasa, dan kepandaian berdiplomasi.

Menurut beberapa versi cerita, Wonder Woman juga memiliki kemampuan terbang seperti Superman.


6. Wonder Woman berusia 5000 Tahun

Fakta Wonder Woman


Usia Wonder Women diperkirakan lebih dari 5000 tahun, hal ini diperlihatkan dalam sebuah scene film Wonder Woman (2017) yang menunjukkan foto lama Diana Prince. Namun, di komik revamp¬-nya,Wonder Woman mengaku baru berusia 23 tahun.

Wonder Woman adalah salah satu karakter superhero yang bisa dikatakan bersifat immortal (abadi) karena usianya sudah beribu-ribu tahun.


7. Cinta Sejati Wonder Woman
Fakta Wonder Woman


Seperti yang diceritakan dalam versi film, cinta sejati Wonder Woman adalah Steve Trevor, seorang mata-mata asal Amerika yang tanpa sengaja pesawatnya menembus batas mistis, hingga tiba di Themyscira. Tetapi Trevor tewas setelah mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan dunia dan menciptakan kedamaian pada Perang Dunia II.

Kemudian dikabarkan Wonder Woman pernah menjalin hubungan dekat dengan Superman di komik edisi Justice League. Meski begitu, pada akhirnya mereka memutuskan untuk menjalin hubungan sebagai teman saja.


8. Simbol Feminisme

Fakta Wonder Woman
Komik Wonder Woman dibuat pada 1941, yaitu saat Perang Dunia II. Saat itu, tidak ada komik superhero yang mengangkat perempuan sebagai superhero. Marston sebagai pencipta karakter Wonder Woman ingin menunjukkan bahwa perempuan harus memimpin dunia.

Marston percaya bahwa perempuan sebenarnya jauh lebih unggul dari pada laki-laki. Bahkan, pada tahun 1972, Wonder Woman pernah dipajang di sampul majalah feminis Ms. sebagai simbol feminis.



Bagaimana menurut kalian setelah membaca fakta-fakta di atas? Yup! Wonder Woman memang idola banyak orang, terutama wanita, karena Wonder Woman merupakan karakter wanita yang hebat dan mandiri.  



Oleh : Widia

Author


Avatar