Artikel

8 Street Food Bangkok yang Wajib Kamu Coba!

Mau jalan-jalan ke Bangkok gratis? Yuk ikutan pre-order buku Flying High , autobiografi karya Tony Fernandes, CEO AirAsia, kamu akan dapat kesempatan terbang ke Bangkok gratis bersama AirAsia!

Kira-kira, kamu mau traveling kemana kalau memenangkan tiket pesawat gratis?

Saat traveling, pastinya jangan sampai kelewat makanan ikonik, unik, dan menarik dari tempat yang kamu datangi. Kalau soal makanan, Thailand punya banyak streetfood yang unik yang kayaknya sayang banget kalau dilewatin. Apalagi kalau pelesir ke Bangkok, banyak banget loh tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati streetfood.

Bangkok memang sangat identik dengan kata streetfood. Dengan harga yang relatif murah dan citarasa yang lezat, kamu akan mendapatkan sensasi baru di lidah kamu. Dan terkadang, makanan otentik dari sebuah daerah tidak selalu berasal dari restoran mahal, melainkan bisa datang dari sajian di pinggir-pinggir jalan atau pasar tradisional. 

Kira-kira kamu sudah punya streetfood favorit di Thailand atau belum? Yuk simak tulisan ini karena kita akan bahas streetfood yang harus kamu coba di Bangkok.



1. Khanom Bueang

                                                                                                                                                                       media2.trover.com

 

Makanan yang satu ini bentuknya sangat lucu, camilan sejenis leker yang tipis dan renyah untuk dimakan sekali lahap. Kudapan ini biasanya disajikan dengan isian kelapa dan wijen, namun kamu bisa memilih isian dan topping sesukamu. Ada banyak variasi rasa yang tersedia, baik manis maupun gurih, misalnya kelapa parut, daun bawang cincang, atau kuning telur, ada juga yang diberi udang. Katanya jajanan yang satu ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, lhoLeker renyah ini cocok untuk kamu yang ingin mencicipi camilan ringan tanpa khawatir merasa kekenyangan!




2. Red Ruby

                                                                                   www.ladyironchef.com


Makanan penutup yang satu ini sangat terkenal loh. Kastanye air yang diberi pewarna merah dan diberi lapisan tepung tapioka ini termasuk panganan manis khas Thailand.Kesegaran makanan penutup ini semakin bertambah jika dinikmati di bawah teriknya matahari. Red Ruby sendiri disajikan dengan olahan santan kelapa yang bikin rasanya gurih dan manis.

 

3. Krapo Pla

                                                www.thaistreetfood.net



Penganan sup berbahan dasar dari gelembung ikan yang dikeringkan ini bakal menghangatkan tubuh kamu di malam hari. Bianya disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari kaldu ayam dan telur puyuh.


4. Gorengan Serangga

                                                                                                                                                                                static.asiawebdirect.com

 

Kalau kamu pecinta kuliner sejati, gorengan yang satu ini wajib kamu coba. Prinsipnya sama dengan di Indonesia, apapun yang berhubungan dengan minyak dan goreng-menggoreng artinya bisa dimakan. Tapi tenang saja, serangga yang disajikan adalah jenis serangga yang aman dikonsumsi, seperti belalang, kumbang. Fyi, serangga itu mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh seperti protein. Tertarik untuk mencoba?



5. Roti Gluay Hom

                                                                                                          https://sethlui.com

 

Untuk para pecinta pisang, makanan yang satu ini pastinya tidak boleh dilewatkan. Secara penyajiannya, Roti Gluay atau panekuk pisang ini mirip seperti martabak telur, hanya saja isiannya memakai pisang, susu kental manis, dan gula. Soal rasa, pastinya manis, lembut, dan bikin ketagihan.


6. Mango Sticky Rice

                                                                                                                                                    http://downshiftology.com

 

Makanan yang satu ini juga sudah pasti tidak asing lagi karena sempat ramai di Indonesia. Kebayang kan segernya mangga dipadankan dengan nasi ketan yang legit dan manis. Sensasi manis, asam, dan asinnya benar-benar unik, tapi sempurna. Ngebayanginnya aja pasti udah bikin ngiler kan? 




7. Thai Milk Tea

                                                                            www.ladyironchef.com

 

Minuman yang satu ini sih pastinya kamu sudah hafal karena bisa kita temui dengan mudah hampir di setiap sudut jalan. Tapi, pasti lebih nikmatkalau kita meminumnya langsung di negeri asalnya. Minuman yang biasanya memakai campuran teh black Ceylon atau cha yen dan dicampur susu kental manis ini emang cocok banget diminum sambil jalan-jalan di tengah kota Bangkok.

Penganan streetfood ini diantaranya berlokasi di Victory Monumen, Chinatown, Chang Mai, Ratchawat Market dan Sriyan Market. Kini streetfood Thailand sudah bisa dijumpai di banyak lokasi di Indonesia. Tapi apa kamu tidak  penasaran untuk mencoba citarasa asli streetfood asal Thailand? Jadi apa nih yang jadi makanan favorit kamu? Berani mencoba semuanya? 


[Oleh: Logika Anbiya]


Baca juga: 5 Rekomendasi Restoran Halal di Tokyo, Kamu Wajib Coba!


Baca juga: 5 Fakta Menarik Tony Fernandes, Sang Bos AirAsia

Author


Avatar