Anak, Artikel

[DAR Anak] Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku Jari


Menggigit Jari - Feature
Kebiasan menggigit kuku jari ini seringkali dilakukan anak kecil, namun jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan yang terus dilakukan sampai dewasa. Kebiasaan ini disebabkan oleh sikap gugup dan cemas, ataupun sekadar kebiasaan yang terasa asyik dilakukan.

Padahal, kebiasaan menggigit kuku jari ini merupakan kebiasaan buruk karena bisa menyebabkan beberapa masalah, diantaranya:


1 . Mudah terinfeksi kuman.

Bagaimana, tidak? Kuku merupakan salah satu sarang kuman yang didapat dari berbagai barang yang kamu sentuh. Mencuci tangan saja kadang tidak mampu membasmi seluruh kuman yang menempel.

Dengan menggigit kuku, kuman itu akan masuk ke tubuhmu melalui mulut. Kalau sudah begitu, kamu akan mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh kuman tersebut. Hiiy ….

Nail | Image

2 . Infeksi kuku.

Kebiasaan menggigit kuku juga bisa menyebabkan infeksi serius pada daerah sekitar kuku atau disebut juga paronychia. Infeksi ini ditandai dengan memerahnya buku-buku jari, bengkak, dan terasa sakit di sekitar kuku.

Hal ini terjadi karena robeknya kutikula di sekitar kuku yang kamu gigit. Apabila terkena bakteri, bisa-bisa kuku jarimu akan luka dan bernanah.


3 . Mengubah struktur gigi.

Selain merusak kuku, kebiasaan menggigit kuku bisa menyebabkan perubahan struktur pada gigi kamu. Hal itu karena gigi dirancang bukan untuk memotong benda keras seperti kuku.

Jika terlalu sering menggigit benda-benda keras, gigimu bisa bergeser dari tempatnya semula. Selain itu, kuman yang masuk ke mulut juga bisa menyebabkan iritasi pada gusi, lho.

Nail biting | Image

4 . Kuku tumbuh ke bawah.

Saat menggigit kuku, kulit di bawah kuku pun akan ikut tergigit. Jika sudah begitu, kulit di bawah kuku akan lebih rendah dan kuku pun akan tumbuh ke bawah atau masuk ke dalam kulit jari.

Kuku yang tumbuh ke bawah ini bisa menyebabkan luka dan infeksi, lho. Bahkan, beberapa orang harus menjalani operasi karena hal ini. Hiihhh menyeramkan, ya!


Nah, teman-teman sekarang sudah tahu, kan, apa saja bahaya dari menggigit kuku jari? Karena tidak ada manfaatnya, sebaiknya jangan dilakukan, ya!


(Penyunting: Riska Rostiani)

Author


Avatar