Anak, Artikel

[DAR Anak] Ada Bunga Mawar Di Antariksa

 

Nebula Rosetta via brownspaceman.com

Nebula Rosetta via brownspaceman.com


Seperti putri Belle dalam cerita Beauty and The Beast yang sangat menyukai bunga mawar, luar angkasa pun sepertinya menyukai bunga mawar. Dari foto luar angkasa terlihat sebuah nebula yang berbentuk seperti bunga mawar, ditambah dengan taburan bintang-bintang yang berkerlap kerlip menambah keindahan nebula berbentuk bunga mawar tersebut.

Nebula adalah bagian dari materi antarbintang berupa awan masif yang berisi debu, gas, serta plasma atau partikel bermuatan. Cahayanya bersumber dari bintang-bintang di sekitarnya. Sedang warna-warninya yang indah ditentukan oleh unsur-unsur dominan di dalamnya.

Nebula berbentuk mawar ini banyak ditemui di antariksa, namun yang paling populer diberi nama ‘Nebula Rosseta’. Lihat deh tampilan Nebula ini tidak kalah indah dengan bunga mawar sungguhan, kan?


Nebula Rosetta via nationalgeographic.co.id

Nebula Rosetta via nationalgeographic.co.id


Nebula Rosetta terletak di rasi Monoceros, berjarak 5.200 tahun cahaya dari Bumi. Nebula ini  juga menjadi tempat paling aktif yang banyak melahirkan bintang-bintang baru. Nebula tidak bisa dilihat langsung oleh mata tanpa bantuan alat.

Sahabat harus menggunakan bantuan teleskop untuk dapat melihat asap dan debu Nebula yang berwarna-warni. Warna-warna itu pun tidak selalu sama seperti foto-foto dari NASA, karena jauhnya jarak dan keterbatasan mata manusia untuk menangkap cahaya-cahaya seperti infra merah dan ultra violet. Meskipun kita tidak bisa melihat Nebula, namun bintang-bintang yang berada di sekitarnya tetap bisa kita lihat.



(Penyunting: Kak Nizar)

Author


Avatar