Anak, Artikel, Info

[DAR Anak] Camilan Sehat untuk Menutrisi Otak


Camilan | Feature
Camilan atau kudapan adalah makanan ringan yang disantap di antara waktu makan. Camilan sangat bervariasi, mulai dari keripik sampai kolak. Karena camilan biasanya berupa makanan ringan yang seringkali tidak mengenyangkan, kita bisa saja keasyikan dan mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Padahal, tidak semua camilan memiliki manfaat, lho ….

Makanan yang tidak bermanfaat ini biasa disebut juga sebagai “junk food”. Meskipun begitu, masih banyak camilan yang bermanfaat dibandingkan dengan junk food, bahkan bisa mencerdaskan otak kamu! Kok, bisa, sih? Karena camilan-camilan ini mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk otak dan membuat otak kita lebih siap untuk belajar.

Penasaran, kan? Yuk, cari tahu camilan apa saja yang lezat dan bermanfaat ini.



Blueberry | Image
1 . Bluberi.

Buah yang termasuk dalam keluarga anggur ini berasal dari Amerika Utara. Buah ini memang tidak ditanam di Indonesia, tapi buah ini tersedia di pasar swalayan karena sudah banyak diimpor ke Indonesia.

Buah bluberi mengandung banyak nutrisi seperti fitonutrien, flavonoid, fenol, serat, karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, lutein, hiamine, riboflavin, niacin, vitamin B6, folat, kalsium, besi, fosfor, magnesium, seng, mangan, dan juga vitamin K.

Flavonoid diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya. Wah, bisa membantu kamu menghafal pelajaran, nih!



Alpukat | Image
2 . Alpukat.

Buah alpukat memang merupakan buah yang mengandung lemak, namun lemak dalam buah alpukat bukanlah lemak jahat yang bisa membuat kamu gendut, kok …, melainkan lemak yang membantu melancarkan peredaran darah.

Aliran darah yang lancar ke otak akan membuat otak kamu sehat dan dapat bekerja dengan optimal. Hhmm … siang ini kita minum jus alpukat, yuk! hihihi ….



Bubur Gandum | Image
3 . Sereal Gandum.

Sereal gandum memang biasanya dijadikan sebagai sarapan, tapi bisa juga disantap sebagai camilan. Nutrisi utama yang dibutuhkan otak adalah glukosa yang berasal dari karbohidrat yang terkandung di dalam gandum.

Supaya lebih lezat, Teman-Teman biasanya mencampur apa ke dalam sereal gandumnya? Susu vanila dan madu juga sepertinya enak, ya ….



Kacang-Kacangan | Image
4 . Kacang-kacangan.

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, dan kacang kedelai mengandung banyak asam lemak esensial yang dibutuhkan otak. Asam lemak esensial adalah asam lemak yang tidak diproduksi tubuh kita, sehingga kita harus mendapatkan zat tersebut dari makanan yang kita makan.

Pilih kacang yang di-oven lebih menyehatkan dibandingkan dengan kacang yang digoreng, ya, Teman-Teman.



Coklat | Image
5 . Coklat hitam.

Coklat hitam adalah coklat murni yang tidak mengandung susu ataupun gula. Rasanya memang agak pahit, tapi sangat enak untuk dicamil. Cokelat hitam banyak mengandung flavanol yang mampu memperlancar aliran darah dalam tubuh, meningkatkan daya ingat, serta mencegah kerusakan otak yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Wah, sudah rasanya enak, ternyata banyak manfaatnya untuk tubuh dan otak kita, ya?


Teman-Teman suka camilan yang bagaimana? Berbagi dengan Teman-Teman yang lain di rumahkkpk.com, yuk!


(Penyunting: Nurasiyah Jamil)

Author


Avatar