fbpx

Your address will show here +12 34 56 78
Anak, Artikel

 Makanan Asli Indonesia
Indonesia sedang mengalami “demam Korea”. Yang sedang tren dari Korea bukan hanya boyband, girlband, atau drama saja, tetapi kuliner Korea juga sudah mulai merajalela di Indonesia. Banyak kafe dan restoran yang memiliki konsep Korea dan tentunya menyajikan makanan dan jajanan ala Korea.

Tapi Sahabat tahu tidak bahwa ada beberapa makanan Korea yang sangat mirip dari penampilan ataupun rasanya dengan makanan asli Indonesia. Yuk perhatikan beberapa makanan ini, jangan ngiler dulu ya!



1 . Toppoki versus Cilok


Yang pertama ada jajanan Korea yang disebut toppoki. Camilan ini terbuat dari tepung beras dan berbentuk bulat memanjang dan bertekstur kenyal dan berwarna putih. Di Indonesia memang banyak makanan yang bertekstur kenyal, tapi camilan yang satu ini sangat mirip dengan cilok! Bukan hanya dari penampilan dan teksturnya, tapi rasanya pun tidak berbeda jauh.

Topokki selalu disajikan dalam keadaan panas dan lebih nikmat jika disiram saus gochuang, yaitu saus pasta cabai dari beras ketan dan kochukaru atau bubuk cabai yang difermentasi. Makanan ini bisa dijumpai di pinggir-pinggir jalan. Mirip kan sama cilok? Apalagi kalau ciloknya ditambah saus kacang.



2 . Kimbab versus Lemper


Kimbab adalah makanan yang biasanya dijadikan sarapan oleh orang Korea. Terbuat dari nasi yang diberi isian sayuran, daging dan telur kemudian digulung dengan lembaran rumput laut kering. Indonesia juga punya makanan yang mirip dengan makanan ini. Ya! Lemper.

Lemper sama-sama terbuat dari nasi yang diberi isian kemudian digulung. Bedanya, lemper diisi daging cincang saja. Tapi kalau Sahabat mau bereksperimen, bisa juga lemper diberi isian sayuran. Lebih sehat juga, kan?



3 . Dakkochi versus Sate


Dari tampilannya saja dakkochi ini sangat mirip sate, sama-sama ditusuk. Bagaimana dengan bahannya? Masih sama … Yap, Dakkochi ini adalah sate ayam versi Korea. Terbuat dari potongan ayam yang ditancapkan pada kayu atau bambu. Kemudian, dipanggang seperti barbeque sambil diolesi saus manis.

Bedanya, dakkochi memiliki ukuran potongan ayam yang lebih besar dibanding dengan sate ayam Indonesia. Di Korea, makanan ini bisa kamu temuin di pinggir jalan dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 1,000 won/porsi.



4 . Jjajangmyeon versus Mie Ayam


Kalau Sahabat sering menonton drama Korea pasti Sahabat sering melihat makanan ini karena makanan ini gampang ditemukan dan menjadi makanan banyak orang di Korea. Jjajangmyeon adalah mie dengan saus kedelai hitam dicampur dengan potongan ayam. Kalo diperhatikan, Jjajangmyeon mirip banget sama mie ayam.

Kalau Jjajangmyeon pakai saus kedelai hitam, kalau mie ayam cukup pakai kecap aja. Untuk rasanya, enggak jauh berbeda kok dengan mie ayam, sama-sama ada rasa manisnya.



5 . Kimchi versus Asinan Sayur


Kimchi juga hampir selalu menjadi hidangan di setiap drama Korea. Makanan khas Korea ini berbahan dasar sawi putih yang difermentasi. Untuk sebagian orang Indonesia, kimchi memiliki rasa yang aneh yaitu asam dan pedas yang sangat kuat.

Tetapi jika diperhatikan, Indonesia sendiri punya makanan yang mirip dengan kimchi dari segi rasa. Asinan sayur juga memiliki rasa asam dan pedas, mirip dengan kimchi. Perbedaannya hanya pada macam-macam sayur yang ada di dalamnya.



6 . Bulgogi versus Semur Daging


Bulgogi adalah masakan daging, biasanya daging sirloin atau bagian daging sapi dengan tekstur yang kenyal dan bagus. Dibanding makanan Korea lainnya, bulgogi memiliki kecocokkan rasa dengan lidah orang Indonesia. Karena rasanya yang familiar dan mirip seperti semur daging. Dari segi penampilan juga bulgogi sangat mirip dengan semur daging.

Perbedaannya ada pada aromanya. Semur daging beraroma lebih sedap karena kaya akan rempah-rempah sebagai bumbunya, sedangkan bulgogi hanya dibumbui kecap asin dan gula. Kira-kira lebih enak semur daging atau bulgogi ya?


Tuh kan Sahabat, gak mesti jauh-jauh ke Korea ternyata kuliner Indonesia juga sangat beragam dan tidak kalah enak dengan kuliner luar negeri. Hhmm … makan apa ya hari ini?  



[Oleh : Rini]

0

Anak, Artikel

 


Memang banyak orang yang sudah berpikir mengenai pentingnya pendidikan, tetapi tidak sedikit yang masih menganggap pendidikan itu tidak penting. Apalagi mereka yang hidup di pedalaman atau daerah terpencil. Mereka menganggap bekerja lebih baik dari pada bersekolah. Bahkan beberapa orang menganggap bersekolah itu hanya membuang-buang uang saja. Ditambah lagi kondisi perekonomian mereka yang memang kekurangan.

Tetapi seharusnya alasan ekonomi tidak membuat seseorang meninggalkan sekolahan, karena manfaat menuntut ilmu jauh lebih penting untuk masa depan. Kadang-kadang kita tidak sadar akan pentingnya pendidikan, malah Sahabat mungkin pernah bertanya mengapa kita harus bangun pagi dan pergi ke sekolah, belajar, mengerjakan PR dan lain-lain.

Kalau Sahabat pernah bertanya seperti itu, kakak admin akan beri tahu jawabannya! Baca artikelnya sampai habis yaa …

Hardiknas | Image

Belajar Bukan Sekedar Untuk Mendapat Nilai


Memang kita perlu mendapat nilai bagus untuk membuktikan bahwa kita telah belajar dengan sungguh-sungguh, tetapi bukan itulah satu-satunya tujuan menuntut ilmu. Dengan memiliki banyak pengetahuan, kita akan siap menghadapi dunia yang lebih rumit di masa depan nanti.

Saat kita dewasa, kita akan dihadapkan dengan macam-macam rintangan dalam hidup. Untuk itu, kita perlu bekal pengetahuan dan ilmu untuk menghadapi rintangan saat kita dewasa nanti. Ilmu juga bisa membuat kita semakin bijak. Karena dengan ilmu kita akan bisa membedakan apa yang salah dan benar.

Selain itu kita diajarkan untuk memiliki sopan santun dan hal lainnya yang mempersiapkan kita menjadi orang yang berkarakter baik di masyarakat.

Hardiknas3 | Image  

Menghindarkan Manusia Dari Kebingungan

Sahabat pasti memiliki banyak pertanyaan mengenai segala hal yang Sahabat lihat atau temukan, dengan pendidikan dan ilmu, Sahabat tidak akan selamanya bertanya-tanya. Karena kita mendapatkan pencerahan mengenai hal yang kita pertanyakan. Hal ini akan membuat kita dijauhkan dari rasa kebingungan. Karena setiap pertanyaan di dunia pasti memiliki penjelasan dan jawabannya.

Jangan malu untuk bertanya hal apa saja kepada guru atau orang tua. Mereka pasti memiliki jawaban untuk mengeluarkan kalian dari kebingungan dan ketidaktahuan.

Hardiknas4 | Image  

Pendidikan Tidak Hanya Dibutuhkan Untuk Mendapat Pekerjaan

Masih banyak yang beranggapan bahwa pendidikan yang tinggi bertujuan untuk mendapat jabatan yang tinggi juga. Padahal peran pendidikan lebih dari sekedar pekerjaan. Pendidikan akan membentuk sebuah karakter pada diri kita, yang membuat kita bisa menempatkan diri di masyarakat.

Kita harus tahu apa peran kita di dalam masyarakat, keluarga, dan lingkungan yang lebih luas lagi. Meskipun suatu hari seorang perempuan hanya akan menjadi seorang ibu yang tinggal dirumah untuk mengurus keluarganya, perempuan itu tetap harus memiliki pendidikan yang tinggi. Karena anak-anak yang cerdas adalah hasil didikan ibu yang cerdas juga. Benar kan, Sahabat? Ilmu yang kita miliki juga akan terus bermanfaat sampai kita wafat.

Bahkan ilmu yang bermanfaat untuk orang lain dan sekitar akan menjadi tabungan amal kita. Bahkan ilmu yang bermanfaat bisa menjadi salah satu tiket kita menuju surga!

Hardiknas5 | Image
Sahabat lihat kan sekarang betapa pentingnya belajar dan menuntut ilmu. Bukan hanya demi nilai atau pekerjaan di masa depan, tetapi untuk kehidupan yang lebih bermanfaat dan untuk kualitas diri yang lebih baik lagi.

Setelah ini masih ada Sahabat yang malas pergi ke sekolah? Jangan dong! Selamat Hari Pendidikan Nasional ya Sahabat! Jangan malas belajar, kejar terus cita-citamu dan jadilah bermanfaat.
0

Anak, Artikel

Jembatan Semanggi | Feature
Di Jakarta ada jembatan yang sering juga disebut Simpang Susun Semanggi. Simpang Susun Semanggi ini merupakan sebuah jembatan tanpa sungai yang sudah dibangun sejak tahun 1961. Dulu jalanan di Jakarta belum macet seperti sekarang.

Ada beberapa hal yang harus Sahabat ketahui tentang jembatan yang akan diresmikan tanggal 17 Agustus 2017 nanti. Ini dia pembahasan lengkapnya…


Perempatan Tanpa Lampu Lalu Lintas

Kedengarannya berbahaya, tapi sesungguhnya tidak kok! Perempatan ini memang tidak membutuhkan lampu lalu lintas karena setiap kendaraan dari arah yang berbeda mempunyai jalurnya sendiri yang berbentuk seperti daun semanggi. Jadi tidak akan ada kekacauan atau sampai bertabrakan.


Tanaman Semanggi



Jembatan Semanggi2 | Image

Sahabat dari tadi masih bingung membayangkan bentuk daun semanggi itu seperti apa? Yuk, kenalan sama tanaman semanggi.

Tanaman yang memiliki nama latin Marsilea mutica ini merupakan tanaman air seperti teratai. Pada umumnya, setiap tangkai semanggi memiliki 3 kelopak daun. Namun ada juga yang memiliki 4 buah kelopak. Daun yang memiliki 4 buah kelopak mitosnya merupakan sebuah keberuntungan.

Para insinyur dan arsitek ternyata melihat potensi dari bentuk daun semanggi ini untuk mengatasi kemacetan. Padahal, untuk masyarakat biasa daun ini hanya sekedar tanaman sayur atau lalapan.


Sempat Dianggap Pemborosan

Saat pertama kali pembangunan jembatan ini diusulkan, proyek ini dianggap hanya menghamburkan uang negara. Karena ketika itu Jakarta belum mengalami kemacetan parah seperti sekarang. Tetapi sekarang jembatan ini mulai memberi manfaat untuk mengatasi kemacetan.

Dahulu pembangunan jembatan ini berhubungan dengan persiapan Indonesia saat menjadi tuan rumah ajang olahraga se Asia yaitu Asean Games pada tahun 1962. Sebagian besar pertandingan digelar di Stadion Gelora Senayan (sekarang menjadi Stadion Gelora Bung Karno), sedangkan para atlit menginap di Hotel Indonesia.

Para atlit dan rombongan harus melewati perempatan jalan Sudirman dan Gatot Subroto. Kemudian Menteri Pekerjaan Umum pada waktu itu, Ir. Sutami, mengusulkan agar dibangun jalan layang untuk mencegah kemacetan lalu lintas. Sehingga dibuatlah Jembatan Semanggi ini.


Jembatan Semanggi4 | Image



Tidak Lagi Mengatasi Kemacetan

Beberapa puluh tahun kemudian, Jakarta yang tidak berhenti mengalami pertumbuhan penduduk menjadikan jembatan ini tidak mampu lagi mengatasi kemacetan. Maka dari itu, jembatan ini diperbarui dengan dibangunnya dua jalan simpang susun baru yang dibangun diatas jalan tol.


Canggil dan Indah




Jembatan ini akan menjadi jembatan tercanggih sekaligus terindah di Indonesia. Dengan lampu warna-warni yang menghiasi, jembatan ini akan terlihat seperti daun semanggi yang mengambang diatas air. Pembaruan jembatan ini rencananya akan diresmikan pada 17 Agustus 2017 nanti bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72.

Lihat video animasi Jembatan Semanggi baru yang dibuat oleh PT Wika ini di bawah ini!


https://youtu.be/ygVooZWfCKs


[Oleh : Rini]


0

Anak, Artikel

 


Sebuah hutan di Hallerbos, Belgia membuat semua turis penasaran. Pasalnya, hutan tersebut berwarna biru! Hhmm… apakah itu hutan tempat tinggal para Smurf? Sahabat, ternyata warna biru keunguan yang mendominasi hutan di Belgia itu bukan berasal dari Smurf tetapi dari bunga yang sedang bermekaran di sana. Bunga itu adalah Bunga Lonceng Biru atau disebut juga Bluebell.

Bunga Bluebell di hutan Hallerbos ini hampir menutupi seluruh tanah sehingga terlihat seperti karpet yang menutupi lantai. Tapi bunga lonceng yang mekar secara bersamaan ini hanya mekar pada bulan April hingga Mei, jadi selain bulan April sampai Mei mungkin hutan ini terlihat seperti hutan biasa saja.



Hutan ini sudah terkenal sebagai hutan biru sejak zaman Romawi kuno. Maka itu, kawasan ini kini dilindungi pemerintah sebagai hutan lindung. Hutan ini memiliki luas total sekitar 535 hektar. Luas sekali, ya!

Hutan ini pernah hancur saat Perang Dunia Pertama oleh pasukan tentara, tetapi kemudian dihidupkan kembali sekitar tahun 1930 dan 1950-an. Tetapi tanaman bunga Bluebell memang merupakan tanaman liar, sehingga pemerintah tidak perlu repot-repot untuk menanamnya kembali.



Setiap musim semi hutan ini tidak hanya ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan hutan biru, tetapi hutan ini juga menjadi rumah bagi berbagai macam hewan dan burung. Ada tupai merah yang senang memanjat di antara pohon pinus, ada juga elang, rubah, kelinci hutan, burung hantu, dan sigung yang berekor bau. Pasti hutan ini sangat ramai seperti di negeri dongeng!



Kalau ingin menjelajahi hutan ini, Sahabat bisa sekedar berjalan kaki pada pagi atau sore hari, atau juga bersepeda. Karena hutan ini merupakan hutan umum, setiap orang yang hendak masuk ke hutan ini tidak dikenai biaya apa pun. Asik, kan! Tapi jangan merusak dan mengganggu habitat hewan dan tumbuhan di sana, ya …

Sahabat juga bisa lihat video wisatanya, di sini
0

Anak, Artikel

 


Kalau biasanya museum menampilkan barang-barang indah, antik dan bersejarah yang sudah langka, atau barang yang berharga banget dan hampir tidak bisa ditemui di tempat lain, itu sudah biasa. Tapi kalau membahas museum yang biasa sepertinya bosan, ya? Kali ini kita akan bahas museum yang unik dan aneh banget.

The Museum of Failures Innovation atau museum kegagalan. Dari namanya saja sudah sangat aneh yah … kira-kira barang seperti apa saja yang disajikan disana ya? Setiap produk yang sukses dipasarkan pasti telah melalui beberapa kali kegagalan, tapi kita tidak akan mengingat kegagalan tersebut. Yang akan kita ingat hanyalah kesuksesan suatu produk atau karya diterima dan disukai oleh banyak orang.

Itulah yang membuat Dr. Samuel West memiliki ide untuk mengumpulkan dan membuat museum untuk barang-barang yang gagal dan tidak laku di pasaran. Terutama dalam bidang inovasi, yang kesempatan suksesnya hanya berkisar 10-20 persen saja. Pasti banyak barang-barang yang ditujukan sebagai inovasi namun berakhir dengan kegagalan.



Ide ini didapatkan ketika dia mengunjungi sebuah museum yang tidak kalah unik di Kroasia, yaitu Museum Patah Hati. Dr. William West merasa lelah akan kesuksesan yang selalu dirayakan besar-besaran sementara kegagalan yang menjadi pembelajaran dilupakan begitu saja.

Tujuan dibukanya museum kegagalan adalah untuk menunjukan bahwa kegagalan bukanlah hal yang buruk dan untuk berinovasi kita membutuhkan kegagalan. Karena jika kita takut gagal bagaimana kita bisa berinovasi? begitulah yang disampaikan Dr. West kepada media NPR. Dr. West adalah seorang psikolog yang selama 7 tahun terakhir menghabiskan waktu mengamati dampak dari kegagalan pada subjeknya.

Rencananya museum ini akan dibuka di Swedia pada bulan Juni tahun ini. Sampai sekarang museum ini telah mengumpulkan lebih dari 60 barang gagal untuk dipamerkan di museum tersebut. Barang-barang tersebut antara lain adalah pulpen dengan merek dagang BiC yang ditujukan khusus untuk perempuan, Coca-Cola rasa kopi, handphone Nokia N-Gage yang mempunyai fitur khusus untuk bermain game, dan parfum dari Harley Davidson yang memiliki aroma “bau jalanan” serta banyak lagi.

Kegagalan dari produk-produk tersebut biasanya disebabkan oleh kalah saing dengan pesaingnya yang memberikan lebih banyak kelebihan atau karena dinilai tidak diperlukan dan hanya membuang-buang uang saja.





Nah, Sahabat tertarik untuk mengunjungi museum ini atau museum ini juga akan menjadi salah satu inovasi yang gagal? Jangan sampai, ya …
0

Anak, Artikel

Kotak Pos | Feature
Sahabat mungkin sekarang sudah sangat jarang melihat kotak surat. Padahal dahulu sebelum teknologi telepon dan seluler maju dengan pesat, kotak surat bisa ditemui hampir di setiap tempat. Bahkan hampir bisa ditemui di setiap trotoar jalan. Tapi meskipun kotak surat bertebaran di mana saja, semua kotak surat itu masih berada di atas tanah.

Tapi, kotak-kotak surat yang satu ini sangat unik lho. Tempatnya ada di dalam laut! Hhmm … memangnya tidak basah, ya? Kotak surat ini benar-benar berfungsi lho Sahabat. Jadi kita benar-benar bisa mengirim surat dari dalam laut sambil menyelam. Ini dia beberapa kotak surat yang ada di dalam air.



1 . Hideaway Island di Vanuatu



Di dalam laut hideaway Island ini tidak hanya terdapat kotak surat saja, tetapi juga kantor posnya. Kantor pos di Vanuatu ini adalah salah satu kantor pos bawah laut yang paling terkenal di dunia. Didirikan sejak tahun 2003 dan berlokasi tiga meter dibawah permukaan laut. Memang tidak terlalu dalam, jadi para penyelam pun tidak membutuhkan alat-alat menyelam yang berat.

Mereka menyediakan kartu pos khusus anti air untuk para pengunjung yang ingin mengirim kartu pos kepada temannya. Petugas kantor pos ini akan memberi cap pos selagi masih di dalam air, jadi pastinya cap yang digunakan bukanlah cap dari tinta biasa melainkan cap timbul khusus. Kemudian kartu pos itu akan dikirim ke alamat yang dituju. Keren, kan!



2 . Susami Bay di Jepang




Kantor pos bawah laut yang kedua ada di sebuah desa nelayan kecil di Susami Bay, Jepang. Kantor pos ini adalah kantor pos bawah laut yang pertama kali didirikan yaitu pada tahun 1999. Berlokasi di kedalaman 10 meter dari permukaan laut. Kotak surat ini diciptakan untuk mempromosikan lokasi wisata tersebut.

Sebelum ada kotak surat bawah laut, Sasami tidak memiliki sesuatu yang menarik untuk para pengunjung. Sehingga diciptakan kotak surat bawah laut sebagai daya tarik wisatawan. Para penyelam bisa membeli kartu pos anti air di toko sekitar lokasi wisata, kemudian menuliskan pesan dengan tinta yang berbahan dasar cat minyak sehingga tidak akan luntur saat terkena air.

Para petugas akan menyelam ke dalam laut setiap beberapa hari sekali untuk mengambil surat-surat yang ada di dalam kotak pos tersebut, kemudian akan mengirimnya ke alamat tertuju. Setiap tahunnya tercatat ada 1000 sampai 1500 surat dikirim dari kotak pos bawah laut tersebut. Wah, peminatnya banyak juga ya?



3 . Pulau Layang-Layang di Malaysia



Kotak Surat Dalam Laut dan Kotak pos bawah laut di Malaysia ini memecahkan rekor dunia di tahun 2015 sebagai kotak pos bawah laut terdalam. Karena berlokasi 40 meter dibawah permukaan laut.

Di kotak pos Malaysia ini tidak menggunakan kartu pos anti air, tetapi membungkus setiap surat dengan kantong plastik kedap air. Sebelum di kirim, kartu pos tersebut akan diberi cap khusus yang berlogo “Malaysia Book of Records”.



4 . Risor di Norwegia



Risor ini adalah satu-satunya kotak pos bawah laut yang kering. Hhmm … bagaimana sih? Jadi begini, kotak pos di Risor terbuat dari “diving bell” yaitu sebuah tabung yang terbuat dari logam dan bagian dalamnya kering karena tidak ada air yang masuk.

Pengunjung bisa memasukan surat mereka ke kotak surat yang berada di dermaga, kemudian nanti akan dibawa ke kantor pos bawah laut menggunakan diving bell yang bisa berisi seorang petugas di dalamnya. Selama petugas dan surat-surat itu berada di dalam air, surat-surat itu akan di cap dan diberikan lagi ke daratan untuk dikirimkan ke alamat tertuju.



5 . Sea Floor di Bahamas



Kantor pos Sea Floor ini memang sudah tidak lagi beroperasi, tetapi kantor pos ini sesungguhnya adalah kantor pos bawah laut pertama. Didirikan pada tahun 1939 oleh seorang fotografer John Ernest Williamson yang dikenal sebagai pelopor fotografi di dalam air. Williamson membangun sebuah bilik dari kaca tebal seperti akuarium yang bisa diturunkan ke dalam air.

Bilik yang disebut juga sebagai Williamson Photosphere ini memungkinkan orang di dalamnya mengamati makhluk-makhluk di dalam air dan mengambil fotonya. Pada tahun 1939, diadakan ekspedisi foto bawah laut. Untuk mendapat banyak perhatian, maka dibukalah kantor pos Sea Floor. Namun kantor pos ini tidak bertahan lama dan ditutup pada tahun 1941.



Menurut Sahabat, apakah Indonesia yang terkenal dengan kepulauan maritimnya perlu juga membuat kantor pos bawah laut seperti ini. Kalau dibuat di Taman Laut Bunaken sepertinya keren juga ya?  



[Oleh : Rini]

0

Anak, Artikel

Penjelajahan Saturnus | Feature

NASA adalah sebuah organisasi milik pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa dan penelitian umum luar angkasa yang dilakukan oleh Amerika.

Pada tahun 1997 NASA meluncurkan pesawat luar angkasa yang dinamai Cassini untuk mengambil data dari planet Saturnus. Pada 1 Juli 2004, Cassini akhirnya memasuki orbit Saturnus, dan pada tanggal 24 Desember 2004 satelit Huygens yang menempel pada Cassini berpisah dan mendarat di Titan pada 14 Januari 2005.

Satelit Huygens kemudian mengirim informasi tentang Titan untuk dipelajari ilmuwan di Bumi. Titan adalah satelit terbesar yang dimiliki Saturnus, bukan tokoh raksasa dari mitologi Yunani itu ya …

rocket launch | Image

Apa yang dilakukan Cassini?


Kali ini Cassini akan mengelilingi Saturnus untuk yang terakhir kalinya. Cassini memanfaatkan dorongan gravitasi dari Titan (satelit Saturnus) untuk membuat rute baru. Tepatnya kemarin pada tanggal 22 April 2017. Upaya terbaru Cassini itu memberi ilmuwan gambaran pertama lautan Titan, pola cuaca, dan bukit pasir yang bergelombang. Cassini terbang sekitar 979 kilometer di atas Titan dengan kecepatan relatif 21.000 kilometer per jam. Wow, super cepat!

Kemudian Cassini melesat menjelajahi ruang antara atmosfer Saturnus yang dipenuhi hidrogen-helium dan cincin Saturnus yang terkenal indah itu. Portal berita Reuters melaporkan bahwa Cassini akan memasuki ruang yang belum pernah terjamah untuk pertama kalinya dalam sejarah penerbangan luar angkasa!

Hari ini Rabu, 26 April 2017 akan ada sebanyak 22 kali upaya percobaan untuk penjelajahan di area yang belum terjamah tersebut. Kalau Sahabat kemarin melihat perambah Google, ada animasi yang menggambarkan Cassini sedang mengitari Saturnus sambil memotret planet yang sedang tersenyum itu. Lihat deh, lucu!




Apa saja yang akan Cassini laporkan ke Bumi?

Salah satu tujuan Cassini adalah untuk memata-matai Saturnus! Hehehe … Iya, Cassini sedang bertugas untuk mengambil banyak informasi tentang Saturnus dan cincinnya itu sebagai bahan untuk dipelajari para ilmuwan dan astronom di seluruh dunia.

Cassini akan mengambil informasi tentang komposisi atmosfer dan mempelajari materi batuan di planet tersebut. Pesawat Luar Angkasa Cassini juga akan merekam data kandungan es dan material lainnya di cincin Saturnus. Jumlah data yang Cassini berikan ke Bumi akan cukup untuk penelitian selama puluhan tahun ke depan.




Bagaimana Selanjutnya?


Setelah misi ini selesai, Cassini akan pensiun dan mengakhiri riwayatnya. Setelah lebih dari 20 tahun menjelajah luar angkasa, Cassini akan dihancurkan oleh NASA. NASA menghancurkan wahananya itu bukan tanpa alasan. Cassini dihancurkan dengan cara dijatuhkan ke atmosfer Saturnus agar mikroba dari bumi yang terbawa pesawat itu tidak mencemari satelit-satelit Saturnus.

Rencananya pada masa mendatang, NASA akan kembali meluncurkan wahana guna mempelajari satelit-satelit alami itu. Jangan sedih ya, Sahabat.


Oh ya, nama Cassini diambil dari nama astronom asal Italia-Prancis yaitu Giovanni Domenico Cassini. Pesawat selanjutnya, kira-kira akan diberi nama apa ya, Sahabat?
0

Anak, Artikel

 



Sahabat tahu kan bahwa setiap tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi. Hhmm … apa sih sebenarnya Hari Bumi dan mengapa diperingati pada tanggal 22 April ya?

Begini awalnya, seorang senator dari Amerika Serikat  bernama Gaylord Nelson mencanangkan gerakan-gerakan cinta lingkungan sejak tahun 1969. Nelson yang juga seorang pengajar di bidang lingkungan hidup ini memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Kemudian gagasan ini mendapat dukungan dari banyak pihak.

Dukungan terhadap Pak Nelson ini kemudian mencapai puncaknya pada tahun 1970, tepatnya pada tanggal 20 April sebanyak 20 juta orang turun ke jalan untuk menyampaikan ide dan pikirannya terhadap kondisi lingkungan saat itu. Menurut majalah TIME, mereka memadati Fifth Avenue di New York. Momen itu menjadi hari kelahiran untuk pejuang lingkungan. Sejak saat itu pada 22 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bumi, dan hari ini diperingati di seluruh dunia.



Hari Bumi merupakan kampanye untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. Hari Bumi telah menjadi sebuah gerakan global yang mendunia hingga kini. Pelaksanaannya di seluruh dunia dikoordinasi oleh Earth Day Network’s, sebuah organisasi nirlaba beraggotakan berbagai LSM di seluruh dunia.

Sebagai pelajar, apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari Bumi? Kakak admin punya beberapa ide yang bisa kamu lakukan untuk memperingati Hari Bumi nih … Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Bumi adalah dengan membuat bank sampah.

Bank sampah adalah tempat orang-orang mengumpulkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang seperti botol plastik dan bungkus plastik lainnya. Sebagai daya tarik, pengelola bank sampah bisa memberi hadiah kecil untuk setiap orang yang “menyumbang” sampah tersebut. Bisa makanan ringan atau apapun. Pasti banyak yang tertarik untuk mengumpulkan sampah ke bank sampahmu.


Hari Bumi3 | Image
Untuk tahap selanjutnya, setelah sampah tersebut terkumpul banyak kalian bisa membuat proyek kesenian dari sampah-sampah tersebut. Banyak hal yang bisa dibuat dari sampah plastik, misalnya tas tangan, vas bunga, tempat pensil, atau hiasan-hiasan lain.

Buatlah sebanyak-banyaknya kerajinan dari sampah tersebut, kemudian kalian bisa membuat sebuah acara pameran yang menampilkan karya-karya tersebut!



Nilai tambahnya, Sahabat bisa menjual karya yang telah dibuat sebagai penggalangan dana yang hasilnya bisa digunakan untuk pelestarian lingkungan. Misalnya, membeli bibit tanaman yang bisa ditanam di daerah sekolah atau untuk membiayai proyek vertical garden di sekolah.


Bagaimana, keren kan idenya? Jadi, kegiatan apa yang Sahabat lakukan untuk merayakan Hari Bumi? Jangan lupa tulis ide Sahabat di website KKPK ya. Selamat Hari Bumi!
0

Anak, Artikel

 



Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menetapkan Hari Buku Internasional pada tanggal 23 April. Bertepatan dengan peringatan Hari Buku Internasional, di Bandung digelar Festival Hari Buku Anak (FHBA). Hhmm … sepertinya seru, ya?

Pada hari minggu tanggal 23 April 2017 di Bandung diadakan acara seru dan keren yaitu Festival Buku Anak. Acara ini dibuat oleh komunitas Pustakalana, yaitu komunitas yang fokus terhadap dunia literatur anak dan keluarga. Acara ini digelar di Taman Cinta Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kaegiatan ini terlaksana sebagai bentuk dukungan terhadap visi Kota Bandung yang ingin menjadi World Book Capital (Ibu kota buku dunia) pada tahun 2017. Selain sebagai dukungan untuk visi Kota Bandung, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan minat membaca sejak dini.

Karena menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Connecticut, Indonesia menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara dalam hal minat membaca. Sedih banget, kan? Maka dari itu acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan minat membaca masyarakat Indonesia.



Komunitas Pustakalana membuat acara ini fokus pada buku anak-anak. Kak Yasmin Kartikasari sebagai Koordinator Acara Utama menyampaikan “Kenapa kami memfokuskan pada buku anak, karena kami ingin mengenalkan buku ke anak, mendekatkan buku ke anak, karena membaca buku itu membuka dunia. Dan kenapa targetnya anak-anak? Karena merekalah generasi penerus di masa yang akan datang”.

Kegiatan yang dilaksanakan di sana juga beragam, lho! Selain pameran buku anak-anak, ada juga kegiatan permainan yang dilakukan berdasarkan pada buku seperti bercerita (story telling), membuat kerajinan tangan, mewarnai boneka kayu, dan banyak lagi.

Sahabat tahu tidak, kalau buku tidak hanya bisa dibaca saja tetapi bisa juga sebagai media untuk berinteraksi dengan orang tua atau teman-teman. Misalnya dengan membaca buku dengan suara keras (read aloud) dengan teman-teman atau melakukan aktivitas berdasarkan cerita di buku. Seru, kan?



Ada yang spesial juga lho di sana, yaitu workshop KKPK! Nah, di acara workshop tersebut Sahabat bisa dapat tips menulis yang baik dari Kak Rama sebagai editor buku-buku KKPK. Selain itu, ada talkshow dari salah satu penulis buku KKPK yang berbagi pengalaman menulisnya. Kak Admin yakin kalian yang kemarin datang ke workshop ini akan langsung bisa menulis buku!



Selain workshop dan talkshow untuk anak-anak, ada juga talkshow untuk orang tua kalian. Talkshow yang bertema “Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca” dan diskusi publik “Melatih kecakapan Literasi Visual Pada Anak Melalui Buku Bacaan.”

ini akan sangat berguna untuk para orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Supaya orang tua semakin mengerti bagaimana memberi dukungan pada anak-anaknya yang tertarik dalam dunia literasi atau membaca dan menulis.



Hal menarik lain dari festival yang baru pertama kali diselenggarakan di Bandung ini adalah, bahwa festival ini bertema “Good Festival” yang berarti festival ini ramah untuk anak-anak. Di area festival ada larangan untuk merokok dan para pengunjung juga diminta untuk membawa kantung belanjaan sendiri berikut dengan botol minum dan tempat makanan sendiri. Jadi, di festival ini tidak akan banyak sampah plastik seperti di festival lainnya.

Mungkin hal ini dilakukan untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh bertepatan sehari sebelum acara ini dilaksanakan yaitu pada tanggal 22 April. Selain itu, acara yang diselenggarakan di taman itu juga memungkinkan anak-anak untuk bermain dan berlarian di tempat terbuka, yang pastinya aman. Dengan bermain di tempat terbuka juga kalian berkesempatan untuk bersosialisasi dan mendapatkan teman baru!


FHBA4 | Image
Tidak lengkap rasanya jika acara festival tidak dilengkapi dengan bazar dan pertunjukan seni. Di sini juga ada tenda-tenda yang menjual jajanan sehat dan makanan berbahan dasar organik. Tidak ketinggalan sayuran-sayuran organik yang bisa dibawa pulang untuk dimasak di rumah.

Untuk menghibur para pengunjung, disajikan juga pertunjukan seni tari dan musik serta komunitas-komunitas yang aktif menyuarakan gerakan gemar membaca.



Oh iya, KKPK juga punya tenda khusus yang menjual novel dan buku KKPK, lho! Siapa yang kemarin memborong buku KKPK di sana? Ayo foto dan tag kita di instagram KKPK ya! Bagaimana acaranya, Seru banget kan? Sahabat yang tidak sempat datang pasti ingin supaya acara seperti ini segera digelar kembali …

Dan untuk Sahabat yang kemarin datang ke acara keren ini, ceritakan pengalaman kalian selama menghadiri festival itu di rumahkkpk yuk! Kakak admin tunggu lho ceritanya!
0

Anak, Artikel


Kue Terenak | Feature
Setiap negara pasti memiliki kue nasional sebagai pelengkap sajian kuliner di negaranya. Mungkin, yang paling Sahabat ingat adalah kue Dorayaki kesukaan Doraemon dari negeri Jepang. Baru-baru ini CNN membuat survey untuk mendata kue apa saja yang dianggap kue paling enak dari seluruh dunia.

Ada kue dari Indonesia tidak ya? Ini dia hasil surveynya …



1 . Tiramisu dari Italia



Kue yang pertama datang dari Italia. Tiramisu yang memiliki arti “bawa aku” sangat menggambarkan kelezatan kue ini. Karena kita tidak akan keberatan untuk membawa pulang kue ini, kan?

Kue tiramisu biasanya terbuat dari kue spons yang direndam di dalam kopi dan dilapisi dengan krim keju yang manis dan gurih. Rasanya manis dan pada bagian atasnya ditaburi bubuk kopi. Namun sekarang kue tiramisu ini sudah banyak macam rasanya.



2 . Kue Black Forest dari Jerman



Pasti Sahabat tidak asing lagi dengan kue yang ini. Kue ini sering disajikan jika ada perayaan atau pesta seperti ulang tahun atau peringatan hari besar. Kue spons berlapis cokelat ini biasanya dihiasi dengan buah ceri.

Katanya, pencipta kue ini adalah Josef Keller pada tahun 1915 dan kafe Schaefer di Jerman didaulat sebagai pemegang resep asli kue Black Forest ini.



3 . Cheesecake dari Amerika




Dari sekian banyak kue asli asal Amerika seperti Red Velvet dan Brownies ternyata yang dinilai paling enak adalah Cheesecake. Jika diterjemahkan, Cheesecake memang artinya kue keju. Tapi berbeda dengan kue keju yang biasa dikenal di Indonesia sebagai kue kering.

Cheesecake asal amerika ini merupakan kue basah yang teksturnya sangat lembut. Bahan dasar kue ini adalah krim keju yang dicampur dengan macam-macam bahan lainnya. Sampai sekarang sudah sangat banyak variasi dari Cheesecake ini.



4 . Kue Pandan dari Malaysia dan Singapura



Nah, kalau kue ini lebih terkenal dengan sebutan bolu pandan. Mungkin sebagain dari Sahabat belum tahu kalau bolu pandan itu aslinya berasal dari Malaysia/Singapura. Karena bolu ini juga banyak di Indonesia. Bolu lembut ini biasanya berwarna hijau muda dan harum khas daun pandan. Bolu ini juga bisa dihias macam-macam lho!

Di bandara Changi, Singapura ada toko yang menjual bolu pandan ini. Toko yang terkenal adalah toko Bengawan Solo. Hhmm … terdengar Indonesia sekali, ya?



5 . Madeleines dari Perancis



Nama kue ini cukup asing di telinga ya?Kue ini adalah kue kering renyah yang biasanya berbentuk seperti kerang. Kue ini berbahan dasar mentega sehingga teksturnya sangat lembut. Hhmm … jadi penasaran nih!



6 . Lamington dari Australia



Namanya memang sedikit asing, tetapi dari bentuknya sepertinya agak familiar. Kue spons berlapis coklat dan ditaburi parutan kelapa ini mulai populer di Indonesia. Yang terkenal adalah Lamington dari Pontianak. Tapi rasanya sama seperti yang di Australia tidak yah? Hihihi …



7 . Pavlova dari Selandia Baru



Kue lembut cantik ini terbuat dari putih telur yang dikocok dengan gula dan dibakar dengan api kecil. Bagian luarnya sedikit garing, tapi bagian dalamnya bertekstur seperti marshmallow, empuk lembut seperti kapas yang agak lengket.

Nama kue ini diambil dari nama seorang balerina terkenal dari Rusia yaitu Anna Pavlova. Kue ini indahnya seperti balerina sedang menari, kan?



8 . Lapis Legit dari Indonesia




Ternyata kue dari Indonesia ini menjadi salah satu kue terenak di dunia! Sahabat semua sudah tahu kue lapis legit kan … Itu loh, kue padat dan lembut yang warnanya berlapis-lapis.Sesuai namanya, kue ini rasanya legit alias manis.

Sahabat tahu tidak kalau cara membuat kue lapis legit ini sedikit rumit. Jadi kue ini masuk ke oven berkali-kali sesuai jumlah lapisannya. Karena setiap satu lapis yang dituang ke dalam loyang harus dimatangkan terlebih dahulu sebelum ditambah lagi lapisannya. Begitulah seterusnya sampai memiliki jumlah lapisan yang diinginkan.



9 . Kue Tres Leches dari Meksiko



Kue ini hampir mirip dengan kue spons lainnya, yang membuat penampilan dan rasanya unik ini karena kue spons ini di rendam ke dalam campuran dari susu kental manis, susu cair dan susu dari hasil penguapan. Bagian atasnya diberi krim kocok. Rasanya pasti manis dan seperti susu.



10 . Dorayaki dari Jepang



Sahabat pasti sudah menduga kue kesukaan Doraemon ini pasti menjadi salah satu kue terenak di dunia. Kue ini merupakan kue spons yang diberi isian dari pasta kacang merah yang manis yang disebut “anko”.

Dorayaki biasanya berbentuk bulat dan terdiri dari dua lapis yang ditengahnya terdapat anko tersebut. Dari sekitar 17 kue yang menjadi kue terenak di dunia ternyata kue dari Indonesia menjadi salah satunya.



Nah, kesepuluhnya sudah dibahas sedangkan tujuh lainnya adalah kue Prinsesstarta dari Swedia, Kransekage dari Denmark, Ma Lai Go dari Hong Kong, Kaiserschmarrn dari Austria, Postre Chaja dari Uruguay, Victoria Sponge dari Inggris, dan Baklava dari Turki.

Dari semua kue tersebut, kue apa saja yang Sahabat pernah cicipi? Kasih tahu kita dong bagaimana rasanya … Tulis artikel kamu sendiri di rumahkkk.com ya!


Sumber diambil dari CNN
0

PREVIOUS POSTSPage 1 of 12NO NEW POSTS
X