fbpx

Your address will show here +12 34 56 78
Anak, Artikel

Istana Bekas Pabrik Semen
Beginilah cara seorang arsitek membuktikan kreativitasnya. Ricardo Bofill yang berprofesi sebagai seorang arsitek, melakukan perjalanan ke Barcelona, Spanyol di mana dia menemukan bangunan bekas pabrik semen dari era perang dunia pertama. Dia kemudian membeli tempat itu pada awal tahun 70an.



Istana Bekas Pabrik Semen
Memang, membutuhkan waktu lama untuk memugar dan membuat bangunan itu menjadi “istana”. Tetapi melihat hasilnya, benar-benar menakjubkan! Selama 40 tahun Bofill tidak berhenti merenovasi setiap sudut bekas pabrik yang sangat luas ini. Dia menambahkan kebun-kebun disekitarnya dan menjadikan beberapa bangunan sebagai tempat kerjanya.

Meskipun begitu, waktu yang diperlukan untuk merenovasi sebenanrnya hanya 2 tahun. Sisanya, Bofill hanya sedikit mengembangkan dan bereksperimen dengan ruang yang ada.


Istana Bekas Pabrik Semen
Bangunan itu sekarang terdiri dari sebuah gereja, galeri untuk karya-karyanya, dan sebuah bangunan 4 lantai yang menjadi kantor untuk firma arsitektur yang dipimpinnya.


Istana Bekas Pabrik Semen
Lihat deh, bangunan ini benar-benar nampak seperti istana. Dengan taman-taman di bagian rooftop bangunan tersebut tidak hanya indah dilihat dari daratan, tetapi dari atas juga. Bagian dalam tidak kalah indahnya. Dengan memadukan gaya arsitektur surealis, abstrak, dan industrialis menjadikan bagian interior bangunan ini terlihat simpel, minimalis dan tetap nyaman.


Istana Bekas Pabrik Semen
Jika Sahabat berkesempatan mengunjungi Catalonia di Spanyol, Sahabat bisa mengunjungi galeri arsitektur Pak Bofill ini. Hhmm … kalau Sahabat belum punya kesempatan untuk mengunjungi langsung, Sahabat bisa lihat keindahannya dari galeri di website Pak Bofill ini.


Istana Bekas Pabrik Semen
Pak Ricardo Bofill ini benar-benar bisa membuktikan kreatifitasnya sebagai seorang arsitek ya? Tidak perlu membangun dari nol, bangunan yang sudah berdiri kokoh pun masih bisa dikreasikan. Salut!


Istana Bekas Pabrik Semen



Dihimpun dari omgfacts.comwww.thisiscolossal.com, dan www.ricardobofill.com
0

Anak, Artikel

 


Gua adalah lubang  di tanah atau batu yang terbentuk alami dan biasanya berada di pegunungan. Gua biasanya gelap karena tertutup atap batuan yang tidak memungkinkan cahaya matahari dapat masuk ke dalam. Tapi, ada yang berbeda dengan gua di Selandia Baru ini.

Namanya gua Waitomo, nama ini berasal dari ‘wai’ yang artinya air dan ‘tomo’ yang artinya lubang. Gua ini berada di daerah Waitomo, Selandia Baru.



Gua Waitomo2 | Image
Gua Berbintang                                       

Yang berbeda dengan gua lain di dunia, gua Waitomo ini diterangi cahaya putih kebiru-biruan yang nemempel di langit-langit gua ini. Gua ini tidak dipasangi lampu, tetapi cahaya tersebut berasal dari jutaan cacing yang menghasilkan cahaya berpendar dari tubuhnya.

Cacing ini merupakan spesies Arachnocampa luminosa. Cacing tersebut menempel di langit-langit gua sehingga tampak seperti langit berbintang. Keindahan ini menjadi daya tarik paling menakjubkan bagi wisatawan yang datang.


 


Menjadi Objek Wisata
           

Sebenarnya, penduduk suku Maori sudah tahu sejak lama mengenai keberadaan gua tersebut. Namun, mereka tidak pernah benar-benar mengeksplorasi gua tersebut. Barulah pada tahun 1887, kepala suku Maori yang bernama Tane Tinorau menjelajahi gua ini dengan didampingi seorang petualang asal Inggris, Fred Mace.

Mereka masuk ke gua dengan menggunakan rakit, menyusuri sungai bawah tanah sambil membawa lilin sebagai alat penerangan. Merek begitu terkagum-kagum melihat langit-langit gua yang bercahaya kelap-kelip layaknya bintang. Setahun kemudian, gua ini dibuka untuk umum.

Pak Tane dan istrinya sendiri yang memandu para wisatawan untuk melihat-lihat keindahan gua tersebut dengan bayaran yang murah saja. Sampai kemudian pada tahun 1906, pengelolaan gua tersebut diambil alih oleh pemerintah setempat.


 


Tidak Kalah Indah


Selain bercahaya seperti langit berbintang, gua ini tidak kalah indah dengan gua lainnya, gua yang dasarnya dialiri sungai bawah tanah ini juga memiliki stalaktit yaitu batuan kapur yang menempel di langit-langit gua dengan ujung meruncing, seperti gigi taring pada hewan buas. Juga stalagmit yaitu susunan batuan kapur yang tumbuh dari dasar gua mengarah tegak ke atas.

Untuk menikmati indahnya Gua Waitomo, kita bisa berkeliling dengan berjalan kaki atau dengan perahu. Bagi yang suka berpetualang, kita juga bisa merasakan pengalaman unik dengan melakukan arung jeram bawah tanah. Bagaimana, Sahabat tertarik mengunjungi gua unik ini?  



[Oleh : Rini]

0

Anak, Artikel

Setiap tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Di sekolah, biasanya semua anak perempuan dianjurkan memakai baju kebaya untuk menggambarkan Ibu Kartini. Tidak hanya di sekolah, bahkan instasi pelayanan masyarakat juga seringkali mengenakan kebaya di Hari Kartini. Contohnya polwan-polwan cantik ini, khusus untuk hari Kartini mereka memakai kebaya dan berpuisi sambil bertugas menjaga ketertiban di jalan.

Terlepas dari hari peringatan yang dirayakan setiap tahun, sebenarnya apa sih yang sejak dulu diperjuangkan oleh Ibu Kartini? Pertama-tama, kita kenalan dulu yuk dengan Ibu Kartini. Bernama lengkap Raden Ajeng Kartini atau sering juga dikenal sebagai Raden Ayu Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879.

Itulah mengapa peringatan Hari Kartini diperingati setiap 21 April, karena merupakan hari kelahirannya. Beliau dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional karena banyak berjasa untuk Indonesia. Terutama kaum perempuan.





Pada zaman dahulu, perempuan dianggap tidak perlu berpendidikan tinggi, karena hanya akan berakhir menjadi ibu rumah tangga yang menghabiskan waktunya di dapur untuk mengurus suami dan anak-anaknya.

Ibu Kartini adalah salah satu perempuan yang tidak setuju akan pandangan kuno tersebut. Meskipun beliau hanya seorang tamatan sekolah dasar beliau sangat ingin untuk melanjutkan sekolahnya sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

Karena tidak diperbolehkan untuk melanjutkan sekolah, Kartini menghabiskan waktunya dengan membaca berbagai buku dan majalah. Hal ini yang membuat kartini suka menulis. Dia pun berkirim surat dengan teman korespondensinya di Belanda. Melalui surat-surat dan buku yang dia baca, dia memiliki keinginan untuk memajukan pendidikan bagi wanita di Indonesia.



Pada usianya yang ke 24 Kartini menikah dengan seorang bangsawan bernama Raden Adipati Joyodiningrat. Beruntunglah karena suaminya mengerti keinginan Kartini untuk memajukan kaum perempuan dan memperbolehkan Kartini untuk membuka sekolah khusus wanita di Rembang.

Sayangnya Kartini tidak dapat menyaksikan sekolahnya berkembang hingga dibuka di kota-kota lain seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan lainnya. Karena pada 17 September 1904 tepatnya empat hari setelah melahirkan anak pertamanya beliau meninggal dunia pada usia 25 tahun.

Setelah beliau meninggal, tepatnya pada tahun 1922 sebuah penerbit Empat Saudara memutuskan untuk menerbitkan tulisan-tulisan yang berisi buah pemikiran Kartini semasa hidupnya. Karena dinilai dapat menginspirasi orang banyak. Buku terkenal tersebut berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang; Boeah Pikiran”.

Sahabat ada yang sudah membaca buku ini?






Perjuangan yang dilakukannya terlihat sangat sederhana. Tetapi pendidikan adalah hak dasar yang bisa memberikan banyak kesempatan dan harapan untuk semua orang. Tidak terkecuali kaum perempuan. Karena kaum leki-laki dan perempuan memiliki potensi yang sama besar. Sekarang, sudah tidak ada perbedaan antara lelaki dan perempuan di bidang pendidikan.

Berterimakasihlah pada Ibu Kartini! Semua orang bebas memilih bidang yang ingin ditekuninya. Jadi tidak ada lagi alasan kita sebagai kaum perempuan untuk tidak bisa melakukan sesuatu hanya karena kita seorang “perempuan”. Kita seorang Perempuan dan kita memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki.



Selamat hari Kartini Sahabat KKPK semua. Kejarlah terus mimpimu sejauh apapun itu!

0

Anak, Artikel

Langit-langit sebuah bangunan mungkin adalah bagian yang paling jarang diperhatikan. Keindahan dari sebuah bangunan sering kali berfokus pada dinding atau lantai. Tetapi untuk bangunan-bangunan tertentu, langit-langit justru menjadi daya tariknya. Karena didesain tidak biasa dan sangat indah.

Mau tau bangunan apa saja dengan langit-langit terindah? Ini bahasan lengkapnya.



1 . Castello di Sammezzano di Leccio, Italia



Bangunan ini memang bangunan istana yang sempat beralih fungsi menjadi sebuah hotel mewah pada akhir Perang Dunia II. Tetapi tidak lama hotel tersebut ditutup dan bangunan ini menjadi tidak terawat. Padahal bangunan yang memiliki total 365 ruangan dengan dekorasi unik pada setiap ruangannya ini berpotensi besar untuk menarik pengunjung.

Langit-langit dengan warna-warna terang dan bernuansa seperti burung merak ini adalah karya arsitek Ferdinando Panciatichi Ximenes d’Aragona. Lihatlah karyanya ini Sahabat, sungguh detail dan rumit ya? Hihihi …



2 . Ely Cathedral di Cambridgeshire



Bangunan ini merupakan gereja yang selesai dibangun pada tahun 1334 oleh tukang kayu kerajaan, William Hurley. Pada bagian atas bangunan ini memiliki lentera kayu yang amat besar diukir dengan indah berbentuk bintang.

Keindahan bangunan ini tidak hanya terdapat pada langit-langitnya saja, tapi juga pada pilar-pilar penopang yang dipenuhi hiasan yang senada dengan bagian atap tersebut. Wah, keren sekali ya!



3 . Stasiun Solna Centrum di Stockholm



Sepasang seniman bernama Anders Aberg dan Karl-Olov Bjork melukis dan menonjolkan bagian bebatuan di langit-langit sebuah stasiun metro. Hasilnya stasiun itu terlihat seperti sebuah gua. tidak ketinggalan bagian eskalator juga dibuat seperti sebuah jalan keluar dari dalam gua. Seperti keluar dari dunia yang berbeda, ya?



4 . Stasiun Grand Central di New York



Selama berpuluh-uluh tahun, langit-langit di stasiun ini terabaikan dan tertutup kepulan asap rokok para pengunjung. Paadahal langit-langit di stasiun ini dilukis dengan indah oleh seniman Perancis Paul Cesar Helleu yang berkolaborasi bersama seniman lokal New York, Charles Basing.

Lukisan yang terdapat pada langit-langit bangunan ini merupakan gambaran rasi-rasi bintang yang dipertegas dengan simbol-simbol zodiak. Pada tahun 1998, akhirnya langit-langit stasiun ini dibersihkan dan keindahannya dapat dilihat kembali.



5 . Mesjid Shah di Isfahan



Pada tahun 1598 ibu kota Persia dipindahkan ke Isfahan. Di sinilah Shah Abbas menginginkan dibangunnya sebuah bangunan keagamaan yang sangat indah. Dengan berkembangnya teknik membangun akhirnya masjid ini selesai dibangun pada tahun 1638.

Di desain oleh seorang kaligraf terhebat, Rezza Abbasi dengan memadukan warna biru, hijau, keemasan dan merah muda membuat bangunan ini terasa sejuk dan teduh kontras dengan hawa panas di daerah timur tengah tersebut.



Pasti setelah membaca artikel ini Sahabat KKPK semua akan menjadi lebih sering memperhatikan langit-langit sebuah bangunan. Atau Sahabat ingin mulai mengecat dan menggambari langit-langit kamar tidurmu? Sepertinya ide yang bagus, tuh!



Sumber: bbc.com
0

Anak, Artikel

 


Kalian yang menggunakan gadget dengan sistem operasi Android pasti sudah tidak asing dengan penamaan seri Android yang diambil dari makanan-makanan manis. Seperti, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, hingga yang terbaru adalah Nougat. Terdengar menarik, kan?

Tapi tahu tidak mengapa pihak Google menamakan seri sistem operasinya itu dengan nama makanan-makanan manis? Begini ceritanya …



Membuat Hidup Semakin Manis


Dulu ketika di wawancarai CNN, juru bicara Google mengatakan bahwa perihal pemberian nama itu adalah merupakan hal ajaib yang dilakukan oleh tim dan tidak bisa dijelaskan. Namun, ketika peluncuran Android seri Kitkat mereka sedikit membocorkan alasan mengenai penamaannya itu.

Pihak Google mengatakan bahwa karena Android merupakan sistem operasi yang menggerakan lebih dari 1 milyar smartphone dan tablet. Dan hal itu telah membuat hidup banyak orang menjadi lebih manis dengan segala kemudahan. Sehingga setiap nama seri Android dinamakan layaknya makanan manis. Dan sejak semua orang sulit untuk menolak kenikmatan cokelat, maka seri terbarunya waktu itu dinamakan Kitkat.



Sebuah Kebiasaan


Ada juga yang mengatakan bahwa saat pembuatan Android 4.4 yang kemudian diberi nama Kitkat tersebut, para kru sering menghabiskan waktu sampai larut malam. Untuk membuat mereka tetap bersemangat, mereka sering mengambil Kitkat sebagai kudapan. Nah, dari situlah muncul ide penamaan tersebut. Tapi, memang pas juga ya, karena Android selalu menamakan seri terbarunya dengan abjad yang berurutan.

Awalnya, saat Android 1.0 dan 1.0 diciptakan kedua seri itu hanya dinamakan Alpha dan Beta. Tapi sekarang sudah diganti menjadi Apple Pie dan Banana Bread. Jika diurutkan dari awal, Android punya Apple Pie, Banana Bread, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow dan yang terbaru adalah Nougat.



Ada kebiasaan unik yang dilakukan setiap Android merilis versi terbarunya, yaitu dibuatnya patung Android raksasa berbentuk makanan yang sesuai dengan nama tiap versi Android tersebut. Patung raksasa itu ditempatkan di halaman depan Google Campus untuk dipamerkan.

Wah, bisa Sahabat bayangkan tidak pasti Google Campus itu lucu sekali yah. Ada patung cupcake raksasa, ada patung marshmallow juga!



Bukan Hanya Google


Sebenarnya bukan hanya Google yang melakukan kebiasaan menamai seri dari produknya dengan nama-nama yang memiliki tema yang sama. Contohnya perusahaan saingan Android yaitu Apple juga menamai seri-seri perangat lunaknya dengan nama-nama dari spesies kucing besar seperti puma, Jaguar, Snow Leopard, dan lainnya.

Tapi coba bayangkan, jika Apple juga membuat kebiasaan yang sama dengan Android yang membuat patung raksasa dari karakter sistem operasinya. Sepertinya kantor Apple akan jadi menyeramkan ya? Hehehe …
0

Anak, Artikel

Kreasi Lego Paling Menakjubkan
Lego diciptakan untuk anak-anak bermain sambil belajar. Dengan bermain balok lego, kita banyak belajar mengenai bentuk, ruang, dan melatih kemampuan kita menyusun sesuatu dengan sistematis.

Tapi, siapa bilang mainan ini hanya untuk anak-anak? Banyak orang dewasa yang hobi merakit balok Lego dan membuat kreasi yang sangat menakjubkan. Yuk, kita lihat bersama kreasi keren apa saja yang dibuat dari Lego ini.



1 . Kapal Induk Amerika U.S.S Intrepid



Seorang bernama Ed Diment membuat replika kapal induk Amerika dari balok Lego. Untuk membuat kapal ini dibutuhkan sekitar 250 ribu keping Lego, dan dalam pembuatannya menghabiskan waktu hampir satu tahun!

Tidak heran, karena hasilnya sangat detail dan mirip dengan kapal aslinya. Totalnya, replika kapal ini mempunyai panjang 6,7 meter dengan berat sekitar 249 kilogram! Wih, bukan main ya mainan ini …



2 . Mobil Lego



Kreasi yang satu ini bukan hanya replika, lho. Karena memiliki ukuran yang hampir sama dengan mobil yang biasa kita kendarai. Selain itu, kreasi ini juga dilengkapi dengan mesin yang memanfaatkan tenaga angin. Mobil lego ini juga bisa benar-benar dikendarai.

Proyek ini didesain oleh Steve Sammartino dan dirakit oleh remaja berusia 20 tahun, Raul Oaida. Tahu tidak, untuk menciptakan mobil ini dibutuhkan setengah juta keping balok Lego atau sekitar 500 ribu keping Lego. Duh, banyak banget ya …



3 . Lego House



Rumah Lego ini benar-benar sebesar rumah! Tingginya mencapai 6 meter dan menghabiskan lebih dari 3 juta keping balok Lego. Rumah Lego ini dibuat oleh 1000 orang sukarelawan. Bangunan Lego ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur layaknya rumah sungguhan. Ada kamar mandi, kamar tidur, sampai dapur. Tetapi bangunan ini sudah dibongkar lagi pada tahun 2009 lalu.



4 . Batmobile atau mobil Batman



Sahabat tahu mobil milik Batman yang super canggih itu kan? Mobil Batman ini memang sudah banyak replika mainannya, tapi kalau mobil Batman dari Lego dengan ukuran sebenarnya sudah ada belum?. Ada! ini nih … Proyek ini merupakan hasil kerjasama dari Chevrolet dan Warner Bros.

Dalam proses pembuatannya, Chevrolet bekerjasama dengan Cody Rouge Community di Detroit untuk merakit mobil Lego berukuran 5 meter ini. Mereka membutuhkan lebih dari 34.000 keping Lego dalam pembuatannya. Keren!



5 . Mobil Volvo XC90



Satu lagi replika mobil dengan ukuran asli dari mobil sungguhannya! Kali ini mobil Volvo seri XC90. Proyek ini emang sengaja dibuat dengan kerjasama antara pabrikan Volvo dan pihak Lego sebagai cara mereka mempromosikan mobil ini.

Replika ini menghabiskan sebanyak 200 ribu keping Lego dan memiliki bobot hampir 1 ton. Replika ini semakin menakjubkan dengan detail yang sangat presisi dengan versi aslinya.


Wow, semuanya keren-keren ya! Kalau Sahabat akan membuat Lego berbentuk apa, nih?
0

Anak, Artikel

Apakah Berteriak Dapat Meringankan Rasa Sakit?
Sadar atau tidak, kita sering berteriak saat kita merasakan sakit. Seringnya kita melakukan itu karena refleks. Tidak hanya anak kecil, bahkan orang dewasa juga sering melakukannya. Mengapa ya? Berteriak atau menangis saat merasa sakit kadang dianggap sebagai suatu kelemahan.

Apalagi jika yang melakukannya adalah seorang laki-laki “masa anak lelaki menangis?” begitulah anggapannya. Tetapi, sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Pain menemukan hal yang cukup mengagetkan mengenai hubungan antara rasa sakit dan berteriak atau menangis.


Apakah Berteriak Dapat Meringankan Rasa Sakit?
Para peneliti melakukan sebuah percobaan terhadap beberapa orang. Setiap orang harus memasukkan tangannya ke dalam wadah berisi air yang sangat dingin dan baru boleh mengangkatnya saat orang tersebut sudah tidak dapat menahan sakitnya.

Pada percobaan pertama, para subjek diperbolehkan untuk berteriak atau berkata “aw”. Sedangkan pada percobaan kedua, para subjek tersebut diminta untuk tidak berteriak dan menahan sakitnya dalam diam. Hhmm … bagaimana hasilnya ya? Hasilnya menunjukan ternyata saat diperbolehkan untuk berteriak, orang dapat menahan sakitnya lebih lama dibandingkan saat dia diperintahkan untuk diam saja.

Hal ini disebabkan karena otak kita dapat melakukan beberapa hal berbeda dalam satu waktu. Jadi saat kita melakukan hal lain seperti berbicara atau berteriak disaat kita merasakan kesakitan, bagian otak yang berfungsi untuk melakukan kedua hal tersebut saling bersinggungan. Sehingga kita akan sedikit melupakan rasa sakit selama kita berteriak atau berbicara.

Konsep ini dinamakan teori “Gate Control” dan sedang populer dalam dunia medis. Itu sebabnya seorang dokter sering mengajak kita mengobrol saat melakukan tindakan seperti menyuntik dan sebagainya.


Apakah Berteriak Dapat Meringankan Rasa Sakit?
Ternyata berteriak dapat membantu kita mengurangi rasa sakit, ya! Sedangkan menahan berteriak atau menangis akan membuat kita semakin merasakan rasa sakit itu. Nah, berteriak atau menangis itu hal yang alamiah, kok! bukan berarti Sahabat adalah orang yang lemah jika berteriak atau menangis.



[Oleh : Rini]
1

Anak, Artikel

Bangku Taman Kreatif | Feature
Orang kreatif tidak akan pernah kehabisan akal untuk membuat sesuatu yang unik, entah dari fungsinya ataupun dari bentuknya. Seperti bangku taman yang akan kita bahas ini. Bangku taman memang terdengar biasa saja, tapi orang-orang kreatif bisa menyulap barang yang biasa itu menjadi luar biasa. Bikin geleng-geleng kepala deh, pokoknya!

Bahkan, bangku-bangku taman ini memiliki nilai seni yang cukup diperhitungkan. Jadi, selain memiliki fungsi, barang-barang ini juga menambah keindahan sebuah tempat dan menarik banyak perhatian. Seperti apa sih, bentuk-bentuk bangku taman kreatif ini? Ini dia ulasan lengkapnya.



1 . Bangku di tengah danau, taman Vocklabruck (Austria).



Bangku di tengah danau ini benar-benar ada di tengah danau, lho! Bukan dipasang terapung diatas air, tapi dibangun dari dalam air sehingga pengunjung yang duduk dibangku itu akan dikelilingi air dan terlihat seperti berada di dalam air. Kalau airnya sedang banyak, bangkunya terendam air tidak, ya?



2 . Bangku taman di Kiev, Ukraina.




Hal yang paling mencolok dari bangku taman ini adalah kaki-kaki bangkunya. Jika pada umumnya bangku ditopang dengan 4 buah kaki di setiap sudutnya, bangku di Kiev ini memiliki desain kaki kursi yang berbentuk tangan. Tangan ini terlihat seperti memegangi selembar papan.

Jika Sahabat duduk di sana, tangan itu juga akan terlihat seperti menopang orang yang duduk di bangku tersebut. Hihihi …  unik banget, ya!



3 . Bangku yang bisa diputar.




Desain bangku ini benar-benar solutif untuk mengatasi bangku taman yang basah. Biasanya pengunjung tidak mau duduk di bangku taman yang basah karena basahnya akan menyerap ke pakaian mereka.

Untuk itu, diciptakan bangku yang tempat duduknya bisa diputar. Sehingga jika satu permukaan bangku basah, bisa diganti dengan permukaan yang kering setelah diputar. Memutarnya juga tidak perlu repot, karena bangku ini dilengkapi tuas pemutar khusus. Wah, kreatif ya!



4 . The Blue Carpet di Newcastle, Inggris.



Bangku taman di Inggris ini juga memiliki konsep yang tidak kalah keren dari desain-desain bangku diatas. Desain bangku ini terlihat seolah-olah papan kayu yang menjadi lantainya terkelupas. Dengan ditopang hanya dengan satu buah tiang sebagai penyangganya. Hihihi … keren, kan?



5 . Creative Park Bench di Massachusetts.



Sesuai dengan namanya, taman ini dipenuhi ornamen-ornamen kreatif yang tetap memiliki fungsi. Bangku di taman ini memiliki atap melengkung yang membuat kita merasa teduh saat cuaca terasa panas.

Selain itu, bentuk bangku di taman itu juga memiliki lengkungan yang pas untuk mengistirahatkan kaki kita yang pegal atau sekedar untuk bersantai. Bangku ini juga dilengkapi lampu yang bisa dinyalakan ketika malam hari. Jadi, nongkrong di sini tidak takut gelap, deh!



6 . Bens oleh Alleswirdgut Architektur di Luxembourg.



Kalau biasanya bangku taman itu dibuat di tempat terbuka, bangku yang ini bisa dibilang memiliki desain setengah terbuka. Jadi, bangku ini dibangun di sebuah tembok yang tebal yang dilubangi. Dengan dinding dan bagian kursi yang ditempeli kayu, Sahabat tidak akan merasa sedang berada di antara tembok beton, jadi tetap nyaman.

Selain menghemat ruang, keuntungan lain dari desain ini juga terasa saat cuaca panas atau bahkan hujan. Tempat ini bisa jadi tempat untuk berteduh juga, kan?



7 . Off-Ground di Copenhagen, Denmark.



Sahabat pasti familiar dengan desain tempat bersantai ini. Tempat melepas lelah berdiri di taman ini menggunakan hammock sebagai tempat duduknya. Hammock itu istilah untuk tempat tidur kain yang digantung, biasanya dipasang di pinggir pantai atau di kebun, dikaitkan dari pohon satu ke pohon lain.  

Jika di Indonesia hammock sedang digandrungi para pendaki gunung dan penjelajah alam, di Copenhagen hammock dipasang di tempat umum untuk para pengunjung bersantai. Tidak hanya bisa dipakai untuk duduk, bahkan bisa dipakai untuk berbaring. Kalau ngantuk, bisa tertidur deh!



8 . Bangku Buku The Lion, The Witch, and The Wardrobe di London, Inggris.



Dari namanya, Sahabat bisa menebak tidak bentuk dari bangku taman ini? Namanya diambil dari buku seri Narnia yang berjudul The Lion, The Witch, and The Wardrobe. Penampilan bangku ini juga sesuai dengan tema yang diambil, yaitu buku.

Berbentuk seperti buku terbuka yang membengkok ke bawah sarta dipenuhi lukisan-lukisan Aslan si singa dan tampilan dunia Narnia. Ini desain bangku favorit Kak Admin, nih!



9 . Custom Curve Seats di University of Sydney, Australia.



Bangku ini berada di taman kampus di Sydney. Desainnya terbilang unik karena berbentuk lengkungan tanpa terlihat ada tiang penyangganya. Jadi, sepintas kursi ini terlihat seperti melayang. Keren, kan?. Bangku ini cocok digunakan oleh mahasiswa yang sedang bersantai sambil membaca buku.



10 . Bangku berbentuk bunga tulip



Bangku ini di desain oleh Tulpi Design. Dari kejauhan, bangku ini tidak terlihat seperti bangku, justru terlihat seperti sebuah replika bunga tulip raksasa. Tetapi, salah satu bagian kelopak bunga tulip raksasa ini bisa dibuka dan dijadikan tempat duduk yang nyaman. Wah, pokoknya keren dan instagramable banget deh!



Nah itu dia beberapa bangku taman paling kreatif dari seluruh penjuru dunia. Di Indonesia ada tidak, ya? Hhmm … Kira-kira kalau Sahabat mendesain bangku taman, akan seperti apa, sih?



Sumber: Boredpanda.com
0

Anak, Artikel

Burj Khalifa merupakan bangunan tertinggi di dunia, tingginya mencapai 828 meter dari permukaan laut. Sahabat tahu kan, bangunan ini berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Tidak mau kalah, replika bangunan ini juga harus menjadi bangunan replika tertinggi di dunia. Sama seperti bangunan yang ditirunya.

Replika Burj Khalifa

Nah, bangunan replika tertinggi ini terbuat dari balok-balok lego yang ketinggiannya mencapai 17 meter. Replika Burj Khalifa ini berlokasi di Legoland Dubai, area ini merupakan bagian dari tempat wisata terkenal, Dubai Parks and Resorts. Replika ini dilengkapi cahaya LED serta pertunjukkan air mancur seperti yang ada di Burj Khalifa yang asli.

Replika Burj Khalifa  
Kira-kira bangunan replika ini menghabiskan berapa banyak balok lego, ya? Ternyata bangunan lego tertinggi ini menghabiskan sekitar 439.000 balok lego dan beratnya mencapai 1 ton. Waktu pembuatannya pun tidak sebentar, yaitu mencapai 5000 jam!

Replika Burj Khalifa
Legoland Dubai sendiri merupakan taman hiburan dengan beragam atraksi dan hiburan menarik. Taman hiburan ini tercatat memiliki 40 wahana bermain, serta 15.000 model Lego yang terbuat dari 60 milliar balok Lego.

Di dalamnya, Legoland Dubai memiliki enam tema, Yakni Lego City, Adventure, Kingdoms, Imagination, Factory, dan Miniland. Tiketnya sendiri dibanderol dengan harga AED 250 atau setara dengan Rp 900.000.


Sahabat ingin main ke Legoland juga, kan?
    Baca Juga : [DAR Anak] apakah berteriak dapat meringankan rasa sakit
0

Anak, Artikel

Film adaptasi dari buku | Feature
Mungkin Sahabat sering melihat buku yang diadaptasi menjadi film. Tetapi yang diadaptasi menjadi film biasnya merupakan biografi tokoh terkenal, atau buku drama remaja dan dewasa. jarang sekali rasanya ada buku yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah film animasi. Tapi beberapa film animasi ini diadaptasi dari buku juga. lho! Ini dia diantaranya …



1 . Howl’s Moving Castle karangan Diana Wynne Jones

Howl's | Image
Howl’s Moving Castle merupakan novel yang ditulis oleh penulis Inggris, yaitu Diana Wynne. Meskipun buku ini berasal dari penulis Inggris, perusahaan film animasi yang tertarik untuk mengadaptasi buku ini adalah sebuah produsen film animasi dari Jepang.

Ya, studio Ghibli adalah produsen film animasi dari Jepang yang telah memproduksi banyak film animasi yang terkenal sampai ke seluruh dunia. Buku ini diadaptasi dengan judul yang sama antara film dan bukunya. Yang namanya adaptasi dari media yang berbeda, pasti ada sedikit perbedaan antara versi buku dan versi filmnya.

Meskipun begitu, Diana Wynne, penulis buku ini merasa puas dengan adaptasi yang dilakukan oleh Ghibli. Hmm … Sahabat sudah baca dan nonton filmnya belum?



2 . The Polar Express karangan Chris Van Allsburg

The Polar Express | Image
Pasti banyak Sahabat yang sudah nonton film ini. Tahu tidak kalau film ini sesungguhnya diadaptasi dari buku yang juga berjudul sama karangan Chris Van Allsburg? Bahkan buku ini pernah mendapat penghargaan untuk kategori ilustrasi terbaik untuk buku anak saat pertama kali dirilis pada tahun 1985. Siapa yang sudah baca bukunya juga?



3 . How to Train Your Dragon karangan Cressida Cowel

How to Train Your Dragon | Image  
Diadaptasi dengan judul yang sama oleh studio DreamWorks pada tahun 2010, How to Train Your Dragon bahkan telah dibuat kelanjutannya yaitu How to train Your dragon II. Film ini mendapatkan sambutan bagus dari para penonton film dan menuai sukses yang cukup besar. Makanya sampai dibuat kelanjutannya.

Menurut Kak Admin sendiri, buku maupun filmnya sama-sama bagus. Sama-sama akan membuat kamu tertawa-tawa melihat tingkah Hiccup seorang pembajak yang tidak disegani bahkan dianggap gagal sebagai bajak laut. Buku ini juga mempunyai banyak seri lho …



4 . Cloudy With A Chance Of Meatballs karangan Ron dan Judy Barret

Cloudy Meatball | Image
Meskipun diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama, cerita dari buku dan film ini memiliki perbedaan yang cukup jauh berbeda. Dalam film yang Sahabat lihat, film ini menceritakan tentang seorang ilmuwan yang menciptakan alat yang bisa membuat langit menurunkan “hujan” makanan ke bumi.

Sedangkan di dalam buku, cerita ini mengisahkan tentang seorang kakek yang bercerita kepada cucunya tentang makanan yang jatuh dari langit. Tetapi secara garis besar, idenya tetap sama ya?



5 . Shrek! karangan William Steig

Shrek | Image
Tidak banyak yang tahu bahwa film yang diproduksi dengan judul yang sama ini sebenarnya diadaptasi dari buku. Film yang diproduksi oleh DreamWorks ini meraih sukses besar setelah pertama kali dirilis tahun 2001 dan sudah dibuat beberapa seri kelanjutannya. Sedangkan versi bukunya dirilis pertama kali pada tahun 1990.

Tidak banyak yang tahu kalau Meskipun filmnya meraih sukses besar, tidak banyak yang tahu kalau sebenarnya film ini merupakan adaptasi dari buku dengan judul Shrek!.



6 . The Lorax karangan Dr. Seuss

The Lorax | Image
Dr. Seuss merupakan penulis dan kartunis asal Amerika yang terkenal dengan buku dan cerita anak-anak yang dibuatnya. The Lorak adalah salah satu  karangannya yang telah diangkat menjadi film.

The Lorax versi buku sudah rilis sejak tahun 1971, sedangkan versi filmnya baru dibuat pada tahun 2012. Sebelum The Lorax, karya Dr, Seuss yang juga diadaptasi menjadi film adalah The Cat In The Hat. Kebanyakan cerita yang dibuat Dr. Seuss memiliki pesan-pesan moral yang bagus, lho!



Itulah 6 film animasi populer yang berasal dari buku. Beberapa buku memang terasa perlu dibuat menjadi film. Apalagi jika cerita dalam buku tersebut seru. Kalau menurut Sahabat, buku apalagi yang harus diangkat menjadi film?
0

PREVIOUS POSTSPage 2 of 12NEXT POSTS
X