Artikel

Daftar Selebriti Dunia yang Membantu Kampanye Kemanusiaan


daftar-selebriti-yang-ikut-kampanye-kemanusiaan


Tak hanya aksi di layar kaca dan tampang yang rupawan, selebriti-selebriti dunia ini turut aktif dalam membantu kampanye kemanusiaan di berbagai bidang seperti lingkungan, kesehatan, kesetaraan gender, dan yang lainnya. Berikut adalah deretan selebriti dunia yang turut aktif dalam kampanye kemanusiaan.



Leonardo DiCaprio


leonardo-dicaprio

Pemenang Oscar yang satu ini aktif sekali menyuarakan tentang isu perubahan lingkungan. Saat berusia 24 tahun, Leonardo mendirikan Leonardo DiCaprio Foundation (LDF) yang bertujuan untuk melindungi alam dan satwa liar di seluruh dunia. LDF juga menggalang dana untuk konservasi laut, hutan, serta perubahan iklim. LDF selalu mengkampanyekan kelestarian lingkungan dan turut serta mencari solusi untuk membantu pengembalian ekosistem yang terancam, dan memastikan kesejahteraan penduduk bumi untuk jangka panjang.

 

Leonardo juga turut aktif dan terjun langsung saat terjadi bencana alam, seperti gempa di Haiti dan telah memproduksi berbagai film dengan tema lingkungan seperti The 11th Hour.  Leonardo pernah mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuseur, Aceh pada Maret 2016 silam dalam rangka kampanye peduli lingkungan. Atas peran aktifnya, Leonardo diberikan gelar Messenger of Peace oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan fokus pada perubahan iklim.



Angelina Jolie


angelina-jolie

Selain dikenal sebagai seorang selebriti, Angelina Jolie juga dikenal sebagai aktivis kemanusiaan. Bersama mantan suaminya, Angelina mendirikan Jolie-Pitt Foundation yang membantu anak-anak yang terkena HIV/AIDS dan TBC. Angelina juga tergabung sebagai Komisioner Tinggi PBB untuk pengungsi yang tergabung dalam UNHCR.

 

Tahun 2016 lalu, Angelina turun tangan langsung untuk mengunjungi dan membantu korban perang Suriah yang mengungsi di Yordan. Angelina menggunakan pengaruhnya sebagai selebriti dunia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang krisis yang berlangsung di Suriah. Komitmen Angelina dalam isu kemanusiaan diwujudkan dalam bentuk sumbangan kepada UNHCR yang bernilai lebih dari USD 5 juta sejak tahun 2000 dan juga dedikasi dirinya untuk terjun langsung dalam setiap kegiatan kemanusiaan.

 

 

Keanu Reeves


keanu-reeves

Bintang film The Matrix dikenal sering melakukan kegiatan amal, namun Keanu tidak ingin membesarkan aksinya ini. Dalam sebuah wawancara, Keanu mengatakan bahwa dirinya memiliki organisasi amal yang bersifat privat. Keanu dikenal sebagai donatur yang dermawan.

 

Keanu mendukung dan membiayai sebuah organisasi yang bergerak dalam pengobatan kanker dan leukemia. Tahun 2006 dalam sebuah acara MTV Movie Awards, Keanu mendonasikan foto beserta tanda tanganya untuk sebuah organisasi HIV/AIDS. Keanu juga pernah mendonasikan hartanya ke sebuah yayasan kanker Stand up to Cancer, SickKids Foundation, dan PETA.

 

Emma Watson


emma-watson


Emma Watson merupakan selebriti yang dengan aktif menyuarakan kesetaraan gender. Pemain film Harry Potter ini juga ditunjuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Duta Perempuan dan terlibat aktif dalam kampanye  “HeForShe” yang bertujuan untuk mempromosikan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan pendidikan untuk perempuan.

 

Perhatian yang besar pada isu anak-anak dan sosial membuat Emma berpergian ke beberapa tempat di seluruh dunia untuk menyebarkan pesan penting mengenai penghentian pernikahan anak. Emma pergi ke Uruguay, Bangladesh, Zambia, dan negara lain untuk mengkampanyekan dan mempromosikan pentingnya anak perempuan untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Tak hanya itu, Emma juga menjadi duta untuk Camfed International, sebuah gerakan untuk mengedukasi anak-anak, khususnya wanita di pinggiran Afrika.



Matt Damon


matt-damon


Aktor laga yang satu ini juga tidak asing dengan dunia aktivis. Matt bersama dengan rekanan aktornya yaitu George Clooney, Brad Pitt, Don Cheadle, David Pressman, dan Jerry Weintraub mendirikan sebuah organisasi yang bernama “Not on Our Watch” yang berfokus pada penghapusan kekejaman terhadap manusia di seluruh dunia. Matt juga duta dari ONEXONE, sebuah organisasi non profit yang bertujuan mengentaskan kemiskinan dan AIDS di negara dunia ketiga.

 

Matt mendirikan yayasan H2O Africa Foundation, sebuah lembaga untuk meningkatkan kesadaran tentang inisiatif air bersih di Afrika. Matt juga menjadi juru bicara Feeding America, sebuah organisasi bantuan kelaparan.



Shakira


shakira-terjun-menjadi-aktivis-kemanusiaan

Penyanyi asal Kolombia ini sudah lama terjun sebagai aktivis kemanusiaan. Pada tahun 1997, Shakira mendirikan Pies Descalzos Foundation untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak miskin di negaranya untuk dapat melanjutkan sekolah. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki 6000 murid.

 

Shakira juga aktif terjun langsung ke lapangan seperti Bangladesh, Azerbaijan, dan India untuk kampanye penggalangan dana global kepada anak-anak yang kurang beruntung. Kunjungan aktifnya bertujuan untuk melihat langsung bagaimana penderitaan anak-anak yang tumbuh dalam kondisi memprihatinkan dan memacunya untuk membuat program perkembangan anak di negara-negara tertinggal.

 

 

Oprah Winfrey


oprah-winfrey

Oprah Winfrey merupakan salah satu selebriti yang terkenal dengan aksi dermawannya. Mendirikan sebuah yayasan bernama Oprah Winfrey Foundation yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan orang banyak, terutama wanita dan anak-anak di seluruh dunia. Oprah telah menyumbangkan sebanyak 40 juta USD pada yayasannya.

 

Sebagai seorang filantropi, Oprah juga rutin melakukan berbagai kegiatan amal dan rajin mengunjungi berbagai yayasan seperti rumah sakit, sekolah, dan pusat rehabilitasi. Oprah juga memiliki badan amal yang bernama Oprah‘s Angel Network untuk membantu membiayai sekolah di negara miskin di Afrika hingga memberikan bantuan kepada korban bencana alam.


[Oleh: Fifi Feby Yanti]

Baca juga: Sea Prayer; Sebuah Penghormatan Untuk Para Pengungsi

Baca juga: Khaled Hosseini, Dari Seorang Pengungsi Menjadi Novelis Best Seller

Baca juga: Mengenang Kisah Alan Kurdi, Bocah Suriah yang Tewas Tenggelam

 

 

 

 

Author


Avatar