Anak, Artikel

[DAR Anak] 10 Bangku Taman Paling Kreatif di Dunia


Bangku Taman Kreatif | Feature
Orang kreatif tidak akan pernah kehabisan akal untuk membuat sesuatu yang unik, entah dari fungsinya ataupun dari bentuknya. Seperti bangku taman yang akan kita bahas ini. Bangku taman memang terdengar biasa saja, tapi orang-orang kreatif bisa menyulap barang yang biasa itu menjadi luar biasa. Bikin geleng-geleng kepala deh, pokoknya!

Bahkan, bangku-bangku taman ini memiliki nilai seni yang cukup diperhitungkan. Jadi, selain memiliki fungsi, barang-barang ini juga menambah keindahan sebuah tempat dan menarik banyak perhatian. Seperti apa sih, bentuk-bentuk bangku taman kreatif ini? Ini dia ulasan lengkapnya.



1 . Bangku di tengah danau, taman Vocklabruck (Austria).


Bangku Taman 1 | Image

foto via opencityprojects.com


Bangku di tengah danau ini benar-benar ada di tengah danau, lho! Bukan dipasang terapung diatas air, tapi dibangun dari dalam air sehingga pengunjung yang duduk dibangku itu akan dikelilingi air dan terlihat seperti berada di dalam air. Kalau airnya sedang banyak, bangkunya terendam air tidak, ya?



2 . Bangku taman di Kiev, Ukraina.


Bangku Taman 2 | Image

foto via msn.com



Hal yang paling mencolok dari bangku taman ini adalah kaki-kaki bangkunya. Jika pada umumnya bangku ditopang dengan 4 buah kaki di setiap sudutnya, bangku di Kiev ini memiliki desain kaki kursi yang berbentuk tangan. Tangan ini terlihat seperti memegangi selembar papan.

Jika Sahabat duduk di sana, tangan itu juga akan terlihat seperti menopang orang yang duduk di bangku tersebut. Hihihi …  unik banget, ya!



3 . Bangku yang bisa diputar.


Bangku Taman 3 | Image

foto via bigpicture.ru



Desain bangku ini benar-benar solutif untuk mengatasi bangku taman yang basah. Biasanya pengunjung tidak mau duduk di bangku taman yang basah karena basahnya akan menyerap ke pakaian mereka.

Untuk itu, diciptakan bangku yang tempat duduknya bisa diputar. Sehingga jika satu permukaan bangku basah, bisa diganti dengan permukaan yang kering setelah diputar. Memutarnya juga tidak perlu repot, karena bangku ini dilengkapi tuas pemutar khusus. Wah, kreatif ya!



4 . The Blue Carpet di Newcastle, Inggris.


Bangku Taman | Image

foto via vemale.com


Bangku taman di Inggris ini juga memiliki konsep yang tidak kalah keren dari desain-desain bangku diatas. Desain bangku ini terlihat seolah-olah papan kayu yang menjadi lantainya terkelupas. Dengan ditopang hanya dengan satu buah tiang sebagai penyangganya. Hihihi … keren, kan?



5 . Creative Park Bench di Massachusetts.


Bangku Taman 5 | Image

foto via bisaketawa.com


Sesuai dengan namanya, taman ini dipenuhi ornamen-ornamen kreatif yang tetap memiliki fungsi. Bangku di taman ini memiliki atap melengkung yang membuat kita merasa teduh saat cuaca terasa panas.

Selain itu, bentuk bangku di taman itu juga memiliki lengkungan yang pas untuk mengistirahatkan kaki kita yang pegal atau sekedar untuk bersantai. Bangku ini juga dilengkapi lampu yang bisa dinyalakan ketika malam hari. Jadi, nongkrong di sini tidak takut gelap, deh!



6 . Bens oleh Alleswirdgut Architektur di Luxembourg.


Bangku Taman 6 | Image

foto via travel.tribunnews.com


Kalau biasanya bangku taman itu dibuat di tempat terbuka, bangku yang ini bisa dibilang memiliki desain setengah terbuka. Jadi, bangku ini dibangun di sebuah tembok yang tebal yang dilubangi. Dengan dinding dan bagian kursi yang ditempeli kayu, Sahabat tidak akan merasa sedang berada di antara tembok beton, jadi tetap nyaman.

Selain menghemat ruang, keuntungan lain dari desain ini juga terasa saat cuaca panas atau bahkan hujan. Tempat ini bisa jadi tempat untuk berteduh juga, kan?



7 . Off-Ground di Copenhagen, Denmark.


Bangku Taman 7 | Image

foto via nulis.co.id


Sahabat pasti familiar dengan desain tempat bersantai ini. Tempat melepas lelah berdiri di taman ini menggunakan hammock sebagai tempat duduknya. Hammock itu istilah untuk tempat tidur kain yang digantung, biasanya dipasang di pinggir pantai atau di kebun, dikaitkan dari pohon satu ke pohon lain.  

Jika di Indonesia hammock sedang digandrungi para pendaki gunung dan penjelajah alam, di Copenhagen hammock dipasang di tempat umum untuk para pengunjung bersantai. Tidak hanya bisa dipakai untuk duduk, bahkan bisa dipakai untuk berbaring. Kalau ngantuk, bisa tertidur deh!



8 . Bangku Buku The Lion, The Witch, and The Wardrobe di London, Inggris.


Bangku Taman 8 | Image

foto via boredpanda.com


Dari namanya, Sahabat bisa menebak tidak bentuk dari bangku taman ini? Namanya diambil dari buku seri Narnia yang berjudul The Lion, The Witch, and The Wardrobe. Penampilan bangku ini juga sesuai dengan tema yang diambil, yaitu buku.

Berbentuk seperti buku terbuka yang membengkok ke bawah sarta dipenuhi lukisan-lukisan Aslan si singa dan tampilan dunia Narnia. Ini desain bangku favorit Kak Admin, nih!



9 . Custom Curve Seats di University of Sydney, Australia.


Bangku Taman 9 | Image

foto via furniturestoresrichmondva.com


Bangku ini berada di taman kampus di Sydney. Desainnya terbilang unik karena berbentuk lengkungan tanpa terlihat ada tiang penyangganya. Jadi, sepintas kursi ini terlihat seperti melayang. Keren, kan?. Bangku ini cocok digunakan oleh mahasiswa yang sedang bersantai sambil membaca buku.



10 . Bangku berbentuk bunga tulip


Bangku Taman 10 | Image

foto via travel.tribunnews.com


Bangku ini di desain oleh Tulpi Design. Dari kejauhan, bangku ini tidak terlihat seperti bangku, justru terlihat seperti sebuah replika bunga tulip raksasa. Tetapi, salah satu bagian kelopak bunga tulip raksasa ini bisa dibuka dan dijadikan tempat duduk yang nyaman. Wah, pokoknya keren dan instagramable banget deh!



Nah itu dia beberapa bangku taman paling kreatif dari seluruh penjuru dunia. Di Indonesia ada tidak, ya? Hhmm … Kira-kira kalau Sahabat mendesain bangku taman, akan seperti apa, sih?



Sumber: Boredpanda.com

Author


Avatar