Anak, Artikel

[DAR Anak] 10 Fobia Paling Unik dan Aneh


Phobia Unik | Feature

Fobia adalah rasa ketakutan berlebih yang dirasakan seseorang terhadap sesuatu hal atau sebuah fenomena. Untuk sebagian orang, rasa takut ini sulit dimengerti sebabnya. Fobia sangat banyak jenisnya, dan setiap fobia memiliki nama atau sebutannya masing-masing.

Beberapa jenis fobia bahkan terlihat tidak masuk akal dan tidak wajar. Kita lihat bersama yuk apa saja fobia-fobia unik yang ada.


1 . Fobia Matematika


Ketakutan pada Matematika disebut dengan mathematics anxiety. Hal ini bisa dialami siapa saja. Orang yang mengalami fobia matematika biasanya merasakan tangan berkeringat, jantung berdetak cepat dan rasa tersedak, atau seperti susah bicara karena tercekat.

Peneliti menyebutkan sumber rasa takut itu bisa berasal dari guru, pengalaman buruk, ekspektasi sekitar, atau bahkan genetik.


2 . Takut Kebun Binatang

Takut kebun binatang dikenal dengan sebutan agrizoophobia. Ketakutan ini pasti membuat pengidapnya tidak bisa pergi mengunjungi kebun binatang, memiliki hewan peliharaan atau menonton pertunjukan sirkus.

Biasanya 0rang yang takut kebun binatang ini punya bayangan dalam pikirannya bahwa semua binatang itu ganas dan berbahaya sehingga menakutkan untuk berada di dekat binatang tersebut.


3 . Fobia terhadap sinar matahari

Fobia ini disebut dengan istilah heliophobia. Penderita fobia ini akan senang mengurung diri di kamar atau tempat yang jauh dari sinar matahari. Mereka juga akan menutup jendela-jendela dan lubang ventilasi sehingga tidak ada sama sekali sinar yang masuk kedalam ruangan.

Orang-orang ini memiliki kekhawatiran terhadap kanker kulit atau bahkan kecemasan tentang ledakan hebat dari matahari.


4 . Takut Bawang Putih


Ketakutan pada bawang putih dikenal dengan istilah alliumphobia. Beberapa ahli melaporkan bahwa rasa takut itu disebabkan oleh penyakit saraf yang membuat pengidapnya tidak kuat mencium bau-bau menyengat dari bawang putih.


5 . Takut Uang

Kebanyakan orang menyukai uang karena dengan uang kita bisa membeli segala keinginan kita. Tetapi berbeda halnya dengan orang-orang berikut. Fobia terhadap uang dinamakan chrometophobia.

Biasanya ketakutan ini disebabkan karena rasa bingung dan frustasi dalam mengatur keuangan yang rumit.


Fobia Badut | Image
6 . Takut Badut

Badut yang sesungguhnya diciptakan untuk menghibur terutama anak-anak ternyata justru ditakuti oleh banyak orang. Tidak terkecuali anak-anak itu sendiri. Biasanya orang yang takut pada badut disebabkan oleh seringnya penggunaan badut sebagai tokoh yang menyeramkan.

Contoh saja pada komik Batman, Joker merupakan badut yang kejam dan jahat. Begitu pula di beberapa film yang menampilkan badut sebagai sosok yang jahat. Fobia badut ini disebut juga coulrophobia.


7 . Takut Balon

Sama seperti badut, balon ada sebagai mainan atau hiasan yang sering ditujukan untuk anak-anak. Tapi tidak jarang anak-anak yang merasa takut jika ada balon di sekitarnya.

Ketakutan ini disebabkan karena balon seringkali meletus tiba-tiba dan mengagetkan orang disekitarnya. Ketakutan ini dinamakan globophobiafobia.


8 . Takut Kuman

Takut kuman secara berlebihan dikenal dengan germophobia. Orang-orang yang mengidap fobia ini biasanya enggan untuk bersalaman, berpegangan tangan, atau kegiatan apapun yang mengharuskan mereka berinteraksi fisik dengan orang lain.

Hal ini disebabkan karena mereka terlalu takut jika kuman yang ada pada orang lain akan berpindah kepada dirinya.


9 . Takut Tidur

Takut tidur disebut dengan somniphobia. Ini merupakan kondisi yang kurang masuk akal, tapi ketakutan ini sungguh nyata loh. Mereka yang takut tidur mengalami kekhawatiran berlebih karena mengasosiasikan kegiatan tidur dengan meninggal. Ada pula yang mengaku mengalami mimpi buruk yang terus berulang-ulang dan merasa dihantui di dalam tidurnya.


10 . Takut Janggut

Untuk laki-laki dewasa, janggut dapat menjadi kebanggaan tersendiri, karena janggut membuat laki-laki terlihat lebih maskulin. Tetapi beberapa orang justru menganggap janggut sebagai hal yang mengerikan dan menakutkan. Biasanya mereka akan sangat takut bila menyentuh janggut. Fobia ini disebut sebagai pogonophobia.



Nah Sahabat, itulah beberapa fobia yang unik. Aneh tapi memang ada lo! Setiap orang pada umumnya memiliki paling tidak satu ketakutan atau fobia.

Apa Sahabat punya fobia terhadap hal tertentu? Ceritakan ya! Tulis pengalamanmu di rumahkkpk.com ya!  



Oleh : Rini

Author


Avatar