Anak, Artikel

[DAR Anak] 5 Bangunan dengan Langit-Langit Paling Indah Dari Seluruh Dunia

 

 

Foto via dailymail.uk

Foto via dailymail.uk


Langit-langit sebuah bangunan mungkin adalah bagian yang paling jarang diperhatikan. Keindahan dari sebuah bangunan sering kali berfokus pada dinding atau lantai. Tetapi untuk bangunan-bangunan tertentu, langit-langit justru menjadi daya tariknya. Karena didesain tidak biasa dan sangat indah.

Mau tau bangunan apa saja dengan langit-langit terindah? Ini bahasan lengkapnya.



1 . Castello di Sammezzano di Leccio, Italia

ceiling1 | Image
Bangunan ini memang bangunan istana yang sempat beralih fungsi menjadi sebuah hotel mewah pada akhir Perang Dunia II. Tetapi tidak lama hotel tersebut ditutup dan bangunan ini menjadi tidak terawat. Padahal bangunan yang memiliki total 365 ruangan dengan dekorasi unik pada setiap ruangannya ini berpotensi besar untuk menarik pengunjung.

Langit-langit dengan warna-warna terang dan bernuansa seperti burung merak ini adalah karya arsitek Ferdinando Panciatichi Ximenes d’Aragona. Lihatlah karyanya ini Sahabat, sungguh detail dan rumit ya? Hihihi …



2 . Ely Cathedral di Cambridgeshire

ceiling2 | Image
Bangunan ini merupakan gereja yang selesai dibangun pada tahun 1334 oleh tukang kayu kerajaan, William Hurley. Pada bagian atas bangunan ini memiliki lentera kayu yang amat besar diukir dengan indah berbentuk bintang.

Keindahan bangunan ini tidak hanya terdapat pada langit-langitnya saja, tapi juga pada pilar-pilar penopang yang dipenuhi hiasan yang senada dengan bagian atap tersebut. Wah, keren sekali ya!



3 . Stasiun Solna Centrum di Stockholm

ceiling3 | Image
Sepasang seniman bernama Anders Aberg dan Karl-Olov Bjork melukis dan menonjolkan bagian bebatuan di langit-langit sebuah stasiun metro. Hasilnya stasiun itu terlihat seperti sebuah gua. tidak ketinggalan bagian eskalator juga dibuat seperti sebuah jalan keluar dari dalam gua. Seperti keluar dari dunia yang berbeda, ya?



4 . Stasiun Grand Central di New York

ceiling4 | Image
Selama berpuluh-uluh tahun, langit-langit di stasiun ini terabaikan dan tertutup kepulan asap rokok para pengunjung. Paadahal langit-langit di stasiun ini dilukis dengan indah oleh seniman Perancis Paul Cesar Helleu yang berkolaborasi bersama seniman lokal New York, Charles Basing.

Lukisan yang terdapat pada langit-langit bangunan ini merupakan gambaran rasi-rasi bintang yang dipertegas dengan simbol-simbol zodiak. Pada tahun 1998, akhirnya langit-langit stasiun ini dibersihkan dan keindahannya dapat dilihat kembali.



5 . Mesjid Shah di Isfahan

ceiling5 | Image
Pada tahun 1598 ibu kota Persia dipindahkan ke Isfahan. Di sinilah Shah Abbas menginginkan dibangunnya sebuah bangunan keagamaan yang sangat indah. Dengan berkembangnya teknik membangun akhirnya masjid ini selesai dibangun pada tahun 1638.

Di desain oleh seorang kaligraf terhebat, Rezza Abbasi dengan memadukan warna biru, hijau, keemasan dan merah muda membuat bangunan ini terasa sejuk dan teduh kontras dengan hawa panas di daerah timur tengah tersebut.



Pasti setelah membaca artikel ini Sahabat KKPK semua akan menjadi lebih sering memperhatikan langit-langit sebuah bangunan. Atau Sahabat ingin mulai mengecat dan menggambari langit-langit kamar tidurmu? Sepertinya ide yang bagus, tuh!



Sumber dan foto: bbc.com

Author


Avatar