Anak, Artikel

[DAR Anak] 5 Tips Menulis Ala Putra



5-tips-1  

Halo sahabat! Hari ini Putra ingin berbagi 5 tips menulis untuk kamu 🙂 Siapa yang disini suka menulis? Pasti suka kesal kan kalau tulisan kamu masih terasa kurang enak dibaca atau saat kamu tidak ada inspirasi. Simak yuk tips di bawah ini:

  5-tips-2  
1. Banyak Membaca Buku

Rutin membaca akan membantu untuk mengembangkan kemampuan menulismu, lo. Misalnya, kalau kamu suka menulis cerita fantasi, perbanyaklah membaca buku fantasi. Putra yakin deh pasti nanti kamu bakal jago bikin tulisan fantasinya.
  5-tips-3  

2. Mencoba Hal Baru

Ada banyak cara untuk mendapatkan inspirasi, salah satunya dengan mencoba sesuatu yang baru. Misalnya, pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya atau ikut suatu kegiatan sosial. Itu akan membuat ide-ide segar lebih mudah muncul, apalagi kalau kamu menemukan pengalaman seru di sepanjang perjalananmu.
  5-tips-4  

3. Tulis Idemu

Kalau sudah mendapatkan ide, secepatnya kamu tulis ya sahabat! Saat tercetus ide, lebih baik langsung kamu tulis di kertas, notes atau bahkan di ponselmu agar tidak lupa.

Jadi, kalau kamu sedang ingin mencari inspirasi, jangan lupa untuk membawa kertas dan pensil untuk mencatat semua ide yang muncul ya. Tulislah idemu sebanyak-banyaknya, agar ceritamu semakin kaya.  

5-tips-5

4. Berlatih

Saatnya menuangkan ide kamu ke dalam sebuah cerita. Agar tulisanmu bagus, kamu harus banyak berlatih juga. Semakin banyak kamu menulis, Putra yakin tulisanmu akan terus-menerus berkembang. Para penulis yang sudah ahli pun masih sering melatih tulisannya lo.
  5-tips-6  

5. Cek Kembali Tulisanmu

Setelah kamu menulis, kamu bisa mengulas tulisanmu itu dengan menunjukkannya kepada orang tua, kakak, adik, atau bahkan temanmu, minta pendapat mereka tentang tulisanmu. Jika mendapat ulasan yang kurang baik, jangan menyerah dulu, ambil positifnya dan terus menulis.  

Bonus: Jika kamu sudah merasa cukup puas dengan tulisanmu, jangan malu dan takut untuk menerbitkan karyamu di blog, koran, atau majalah. Lebih bagus lagi jika kamu mau menerbitkan karyamu ke penerbit buku. Tunjukkan karyamu ke seluruh dunia! 😀  



***

 

Nah, begitulah 5 Tips Menulis ala Putra. Semoga bermanfaat bagi sahabat semua, dan bisa terus menulis dan menambah karya-karya anak bangsa 🙂



  Asyila Syafawani Afifah Publisis DAR! Mizan
(Penyunting Nizar Tegar)

Author


Avatar