Anak, Artikel

[DAR Anak] 6 Film Animasi Populer yang Diadaptasi Dari Buku


Film adaptasi dari buku | Feature
Mungkin Sahabat sering melihat buku yang diadaptasi menjadi film. Tetapi yang diadaptasi menjadi film biasnya merupakan biografi tokoh terkenal, atau buku drama remaja dan dewasa. jarang sekali rasanya ada buku yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah film animasi. Tapi beberapa film animasi ini diadaptasi dari buku juga. lho! Ini dia diantaranya …



1 . Howl’s Moving Castle karangan Diana Wynne Jones

Howl's | Image
Howl’s Moving Castle merupakan novel yang ditulis oleh penulis Inggris, yaitu Diana Wynne. Meskipun buku ini berasal dari penulis Inggris, perusahaan film animasi yang tertarik untuk mengadaptasi buku ini adalah sebuah produsen film animasi dari Jepang.

Ya, studio Ghibli adalah produsen film animasi dari Jepang yang telah memproduksi banyak film animasi yang terkenal sampai ke seluruh dunia. Buku ini diadaptasi dengan judul yang sama antara film dan bukunya. Yang namanya adaptasi dari media yang berbeda, pasti ada sedikit perbedaan antara versi buku dan versi filmnya.

Meskipun begitu, Diana Wynne, penulis buku ini merasa puas dengan adaptasi yang dilakukan oleh Ghibli. Hmm … Sahabat sudah baca dan nonton filmnya belum?



2 . The Polar Express karangan Chris Van Allsburg

The Polar Express | Image
Pasti banyak Sahabat yang sudah nonton film ini. Tahu tidak kalau film ini sesungguhnya diadaptasi dari buku yang juga berjudul sama karangan Chris Van Allsburg? Bahkan buku ini pernah mendapat penghargaan untuk kategori ilustrasi terbaik untuk buku anak saat pertama kali dirilis pada tahun 1985. Siapa yang sudah baca bukunya juga?



3 . How to Train Your Dragon karangan Cressida Cowel

How to Train Your Dragon | Image  
Diadaptasi dengan judul yang sama oleh studio DreamWorks pada tahun 2010, How to Train Your Dragon bahkan telah dibuat kelanjutannya yaitu How to train Your dragon II. Film ini mendapatkan sambutan bagus dari para penonton film dan menuai sukses yang cukup besar. Makanya sampai dibuat kelanjutannya.

Menurut Kak Admin sendiri, buku maupun filmnya sama-sama bagus. Sama-sama akan membuat kamu tertawa-tawa melihat tingkah Hiccup seorang pembajak yang tidak disegani bahkan dianggap gagal sebagai bajak laut. Buku ini juga mempunyai banyak seri lho …



4 . Cloudy With A Chance Of Meatballs karangan Ron dan Judy Barret

Cloudy Meatball | Image
Meskipun diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama, cerita dari buku dan film ini memiliki perbedaan yang cukup jauh berbeda. Dalam film yang Sahabat lihat, film ini menceritakan tentang seorang ilmuwan yang menciptakan alat yang bisa membuat langit menurunkan “hujan” makanan ke bumi.

Sedangkan di dalam buku, cerita ini mengisahkan tentang seorang kakek yang bercerita kepada cucunya tentang makanan yang jatuh dari langit. Tetapi secara garis besar, idenya tetap sama ya?



5 . Shrek! karangan William Steig

Shrek | Image
Tidak banyak yang tahu bahwa film yang diproduksi dengan judul yang sama ini sebenarnya diadaptasi dari buku. Film yang diproduksi oleh DreamWorks ini meraih sukses besar setelah pertama kali dirilis tahun 2001 dan sudah dibuat beberapa seri kelanjutannya. Sedangkan versi bukunya dirilis pertama kali pada tahun 1990.

Tidak banyak yang tahu kalau Meskipun filmnya meraih sukses besar, tidak banyak yang tahu kalau sebenarnya film ini merupakan adaptasi dari buku dengan judul Shrek!.



6 . The Lorax karangan Dr. Seuss

The Lorax | Image
Dr. Seuss merupakan penulis dan kartunis asal Amerika yang terkenal dengan buku dan cerita anak-anak yang dibuatnya. The Lorak adalah salah satu  karangannya yang telah diangkat menjadi film.

The Lorax versi buku sudah rilis sejak tahun 1971, sedangkan versi filmnya baru dibuat pada tahun 2012. Sebelum The Lorax, karya Dr, Seuss yang juga diadaptasi menjadi film adalah The Cat In The Hat. Kebanyakan cerita yang dibuat Dr. Seuss memiliki pesan-pesan moral yang bagus, lho!



Itulah 6 film animasi populer yang berasal dari buku. Beberapa buku memang terasa perlu dibuat menjadi film. Apalagi jika cerita dalam buku tersebut seru. Kalau menurut Sahabat, buku apalagi yang harus diangkat menjadi film?

Author


Avatar