Anak, Artikel

[DAR Anak] Ada Kotak Surat di Dalam Laut!


Kotak Pos | Feature
Sahabat mungkin sekarang sudah sangat jarang melihat kotak surat. Padahal dahulu sebelum teknologi telepon dan seluler maju dengan pesat, kotak surat bisa ditemui hampir di setiap tempat. Bahkan hampir bisa ditemui di setiap trotoar jalan. Tapi meskipun kotak surat bertebaran di mana saja, semua kotak surat itu masih berada di atas tanah.

Tapi, kotak-kotak surat yang satu ini sangat unik lho. Tempatnya ada di dalam laut! Hhmm … memangnya tidak basah, ya? Kotak surat ini benar-benar berfungsi lho Sahabat. Jadi kita benar-benar bisa mengirim surat dari dalam laut sambil menyelam. Ini dia beberapa kotak surat yang ada di dalam air.



1 . Hideaway Island di Vanuatu


foto dari: www.tripadvisor.com.au

foto dari: www.tripadvisor.com.au


Di dalam laut hideaway Island ini tidak hanya terdapat kotak surat saja, tetapi juga kantor posnya. Kantor pos di Vanuatu ini adalah salah satu kantor pos bawah laut yang paling terkenal di dunia. Didirikan sejak tahun 2003 dan berlokasi tiga meter dibawah permukaan laut. Memang tidak terlalu dalam, jadi para penyelam pun tidak membutuhkan alat-alat menyelam yang berat.

Mereka menyediakan kartu pos khusus anti air untuk para pengunjung yang ingin mengirim kartu pos kepada temannya. Petugas kantor pos ini akan memberi cap pos selagi masih di dalam air, jadi pastinya cap yang digunakan bukanlah cap dari tinta biasa melainkan cap timbul khusus. Kemudian kartu pos itu akan dikirim ke alamat yang dituju. Keren, kan!



2 . Susami Bay di Jepang



Foto via m.dailyhunt.in

Foto via m.dailyhunt.in


Kantor pos bawah laut yang kedua ada di sebuah desa nelayan kecil di Susami Bay, Jepang. Kantor pos ini adalah kantor pos bawah laut yang pertama kali didirikan yaitu pada tahun 1999. Berlokasi di kedalaman 10 meter dari permukaan laut. Kotak surat ini diciptakan untuk mempromosikan lokasi wisata tersebut.

Sebelum ada kotak surat bawah laut, Sasami tidak memiliki sesuatu yang menarik untuk para pengunjung. Sehingga diciptakan kotak surat bawah laut sebagai daya tarik wisatawan. Para penyelam bisa membeli kartu pos anti air di toko sekitar lokasi wisata, kemudian menuliskan pesan dengan tinta yang berbahan dasar cat minyak sehingga tidak akan luntur saat terkena air.

Para petugas akan menyelam ke dalam laut setiap beberapa hari sekali untuk mengambil surat-surat yang ada di dalam kotak pos tersebut, kemudian akan mengirimnya ke alamat tertuju. Setiap tahunnya tercatat ada 1000 sampai 1500 surat dikirim dari kotak pos bawah laut tersebut. Wah, peminatnya banyak juga ya?



3 . Pulau Layang-Layang di Malaysia


Kotak Surat Dalam Laut

Foto via Star2.com


Kotak Surat Dalam Laut dan Kotak pos bawah laut di Malaysia ini memecahkan rekor dunia di tahun 2015 sebagai kotak pos bawah laut terdalam. Karena berlokasi 40 meter dibawah permukaan laut.

Di kotak pos Malaysia ini tidak menggunakan kartu pos anti air, tetapi membungkus setiap surat dengan kantong plastik kedap air. Sebelum di kirim, kartu pos tersebut akan diberi cap khusus yang berlogo “Malaysia Book of Records”.



4 . Risor di Norwegia


Kotak Surat Dalam Laut

Foto via amusingplanet.com


Risor ini adalah satu-satunya kotak pos bawah laut yang kering. Hhmm … bagaimana sih? Jadi begini, kotak pos di Risor terbuat dari “diving bell” yaitu sebuah tabung yang terbuat dari logam dan bagian dalamnya kering karena tidak ada air yang masuk.

Pengunjung bisa memasukan surat mereka ke kotak surat yang berada di dermaga, kemudian nanti akan dibawa ke kantor pos bawah laut menggunakan diving bell yang bisa berisi seorang petugas di dalamnya. Selama petugas dan surat-surat itu berada di dalam air, surat-surat itu akan di cap dan diberikan lagi ke daratan untuk dikirimkan ke alamat tertuju.



5 . Sea Floor di Bahamas


Kotak Surat Dalam Laut

Foto via amusingplanet.com


Kantor pos Sea Floor ini memang sudah tidak lagi beroperasi, tetapi kantor pos ini sesungguhnya adalah kantor pos bawah laut pertama. Didirikan pada tahun 1939 oleh seorang fotografer John Ernest Williamson yang dikenal sebagai pelopor fotografi di dalam air. Williamson membangun sebuah bilik dari kaca tebal seperti akuarium yang bisa diturunkan ke dalam air.

Bilik yang disebut juga sebagai Williamson Photosphere ini memungkinkan orang di dalamnya mengamati makhluk-makhluk di dalam air dan mengambil fotonya. Pada tahun 1939, diadakan ekspedisi foto bawah laut. Untuk mendapat banyak perhatian, maka dibukalah kantor pos Sea Floor. Namun kantor pos ini tidak bertahan lama dan ditutup pada tahun 1941.



Menurut Sahabat, apakah Indonesia yang terkenal dengan kepulauan maritimnya perlu juga membuat kantor pos bawah laut seperti ini. Kalau dibuat di Taman Laut Bunaken sepertinya keren juga ya?  



[Oleh : Rini]

Author


Avatar