Anak, Artikel

[DAR Anak] Fakta-Fakta Menarik Tentang Madu

foto via www.idntimes.com

foto via www.idntimes.com



Sahabat pasti tahu madu adalah makanan yang dihasilkan oleh lebah-lebah yang mengumpulkan nektar dari bunga-bunga. Rasanya yang manis, membuat semua orang menyukainya. Madu ini sudah ada sejak jaman dahulu, lho!

Selain itu, madu juga memiliki sangat banyak manfaat. Selain dikonsumsi, madu juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti menjadi obat, bumbu masakan, pengawet makanan, bahkan menjadi kosmetik alami. Wah, banyak sekali ya! Kita baca yuk fakta-fakta selengkapnya tentang madu.



1 . Telah dimanfaatkan sejak 5500 tahun sebelum masehi



foto via brilicious.brilio.net

foto via brilicious.brilio.net


Pada zaman kuno, madu dianggap sebagai zat yang didewakan karena manfaatnya yang sangat banyak dan mujarab. Menurut mitos kuno, madu terbuat dari nektar yang dikaitkan dengan persembahan dari para dewa sebagai tetesan embun ajaib yang turun dari kahyangan. Bahkan Al-Qur’an sering menyebut-nyebut makanan ini, kan?



2 . Merupakan obat populer sejak zaman Mesir kuno


foto via merdeka.com

foto via merdeka.com


Disebutkan lebih dari 500 kali dalam 900 jenis pengobatan bisa diatasi dengan madu. Semakin canggihnya teknologi juga memungkinkan madu untuk dijadikan obat dalam bentuk lain. Selain dijadikan obat-obatan, mengonsumsi madu untuk sehari-hari pun sangat dianjurkan untuk memelihara kesehatan.



3 . Tidak Membusuk!


foto via selingkaran.com

foto via selingkaran.com


Para arkeolog yang sedang melakukan penjelajahan di Mesir, menemukan sebuah tong besar berisi madu yang diperkirakan sudah berumur ribuan tahun. Mereka membuka tong tersebut dan mencicipi madu didalamnya. Hebatnya, madu itu tetap terasa enak dan seperti madu baru.

Selain itu, meskipun madu telah berubah bentuk menjadi kristal seperti gula putih, madu tetap bisa kembali ke bentuk semulanya yang kental. Cukup dengan merendam kaleng madu tersebut di air panas, maka madu akan mencair kembali dengan sempurna.



4 . Memiliki zat-zat penting   


foto via nulis.co.id

foto via nulis.co.id


Madu merupakan makanan yang cukup lengkap akan kandungan zat yang dibutuhkan untuk menopang kesehatan tubuh. Di antaranya madu mengandung berbagai enzim, vitamin, dan mineral. Madu juga tidak mengandung lemak dan kolesterol. Enzim yang terdapat pada madu adalah enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan lainnya.

Akibatnya, sistem kekebalan tubuh kita akan berfungsi dengan baik, sehingga kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Tidak berhenti disitu, madu juga mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk memerangi dampak buruk dari polusi, serta mengandung anti bakteri yang membuat pencernaan kita terjaga.



5 . Sebagai obat penenang


menenangkan

foto via naughtyaccessories.co.id


Madu merupakan satu-satunya makanan yang mengandung zat yang disebut “pinocembrin”, yaitu antioksidan yang dapat memperbaiki fungsi otak. Mengonsumsi roti dengan madu yang disertai teh hangat sebelum waktu tidur akan membuat kamu lebih tenang dan tidur dengan nyenyak. Sahabat yang sering merasa kesulitan untuk tidur, bisa mencoba resep ini, nih!



6 . Memiliki rasa dan warna yang berbeda-beda



Beda Bunga Beda Rasa | Image

foto via www.pil-tei.com


Meskipun pada umumnya rasanya tetap terasa manis dan berwarna keemasan, rasanya dapat berbeda-beda tergantung dari nektar tanaman apa madu ini dibuat.



Nah, Sahabat sudah tahu kan, betapa madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan bisa dijadikan untuk bahan kosmetik. Madu dapat melembabkan kulit kering dan meregenerasi kulit-kulit yang sudah tua, sehingga bisa membuat awet muda.

Bagaimana cara Sahabat mengonsumsi madu? Jika Sahabat memiliki resep untuk membuat madu jadi lebih enak, Sahabat bisa tulis resepnya di rumahkkpk.com.



(Penyunting: Kak Nizar)

Author


Avatar