Anak, Artikel

[DAR Anak] “Istana” dari Bekas Pabrik Semen


Istana Bekas Pabrik Semen
Beginilah cara seorang arsitek membuktikan kreativitasnya. Ricardo Bofill yang berprofesi sebagai seorang arsitek, melakukan perjalanan ke Barcelona, Spanyol di mana dia menemukan bangunan bekas pabrik semen dari era perang dunia pertama. Dia kemudian membeli tempat itu pada awal tahun 70an.



Istana Bekas Pabrik Semen
Memang, membutuhkan waktu lama untuk memugar dan membuat bangunan itu menjadi “istana”. Tetapi melihat hasilnya, benar-benar menakjubkan! Selama 40 tahun Bofill tidak berhenti merenovasi setiap sudut bekas pabrik yang sangat luas ini. Dia menambahkan kebun-kebun disekitarnya dan menjadikan beberapa bangunan sebagai tempat kerjanya.

Meskipun begitu, waktu yang diperlukan untuk merenovasi sebenanrnya hanya 2 tahun. Sisanya, Bofill hanya sedikit mengembangkan dan bereksperimen dengan ruang yang ada.


Istana Bekas Pabrik Semen
Bangunan itu sekarang terdiri dari sebuah gereja, galeri untuk karya-karyanya, dan sebuah bangunan 4 lantai yang menjadi kantor untuk firma arsitektur yang dipimpinnya.


Istana Bekas Pabrik Semen
Lihat deh, bangunan ini benar-benar nampak seperti istana. Dengan taman-taman di bagian rooftop bangunan tersebut tidak hanya indah dilihat dari daratan, tetapi dari atas juga. Bagian dalam tidak kalah indahnya. Dengan memadukan gaya arsitektur surealis, abstrak, dan industrialis menjadikan bagian interior bangunan ini terlihat simpel, minimalis dan tetap nyaman.


Istana Bekas Pabrik Semen
Jika Sahabat berkesempatan mengunjungi Catalonia di Spanyol, Sahabat bisa mengunjungi galeri arsitektur Pak Bofill ini. Hhmm … kalau Sahabat belum punya kesempatan untuk mengunjungi langsung, Sahabat bisa lihat keindahannya dari galeri di website Pak Bofill ini.


Istana Bekas Pabrik Semen
Pak Ricardo Bofill ini benar-benar bisa membuktikan kreatifitasnya sebagai seorang arsitek ya? Tidak perlu membangun dari nol, bangunan yang sudah berdiri kokoh pun masih bisa dikreasikan. Salut!


Istana Bekas Pabrik Semen




Dihimpun dari omgfacts.comwww.thisiscolossal.com, dan www.ricardobofill.com

Author


Avatar