Anak, Artikel

[DAR Anak] Istana Musim Dingin Ala Film Frozen Di Rusia

 

pixabay.com

pixabay.com


Bukan hanya Elsa dalam Frozen yang memiliki istana musim dingin. Meskipun tidak terbuat dari es dan salju, istana ini disebut istana musim dingin karena terletak di negara yang letaknya berada paling utara di benua Eropa.

Istana Musim Dingin atau disebut juga Winter Palace ini sebenarnya adalah tempat tinggal resmi kekaisaran monarki Rusia pada tahun 1732 sampai 1971. Bangunan yang berada si Saint Petersburg ini di cat berwarna hijau mint dan putih. Dari warnanya saja, sudah memberikan kesan sejuk seperti salju.

Dari bagian depan, bangunan ini memiliki panjang 250 meter dan tinggi mencapai 30 meter, serta luas bangunan ini mencapai 60.000 meter kubik. Belum termasuk halaman depan dan kebun belakang, lho


via justfunfacts.com

via justfunfacts.com



Istana mengagumkan yang bergaya Baroque, yaitu seni arsitektur abad 17 ini memiliki 1.786 pintu, 1.945 jendela, dan 1.057 ruangan yang dipenuhi hiasan dan dekorasi mewah dan anggun. Kebanyakan ruangan tersebut sekarang dibuka untuk wisatawan umum. Sepertinya tidak akan cukup waktu sehari untuk menjelajahi istana ini, ya Sahabat?

Istana ini juga pernah mengalami kebakaran hebat yang membuat istana ini memerlukan renovasi di bagian dalam istana. Namun, bagian luar dari bangunan ini tetap dipertahankan. Setelah kebakaran pada tahun 1837 itu, bagian dalam bangunan ini di desain ulang oleh para arsitek terkenal dunia, salah satunya adalah Bartolomeo Rastrelli.


via justfunfacts.com

via justfunfacts.com


Sebagai tempat tinggal resmi kekaisaran Rusia, meja makan di istana ini memiliki seribu tempat duduk untuk tamu, sedangkan aula tempat berpesta bisa menampung sampai 10.000 orang.

Letak Rusia yang hampir berada di Kutub Utara tersebut membuat suhu udara disana mencapai dibawah nol celsius, sehingga untuk membuat sang Raja nyaman, ruangan-ruangan di dalam istana tersebut diatur untuk memiliki temperatur yang hangat lengkap dengan lampu-lampu yang memberi kesan seperti saat musim panas. Bahkan, bunga-bunga di dalam istana bisa bermekaran seperti saat musim semi.


Peter the Great Memorial Hall via justfunfacts.com

Peter the Great Memorial Hall via justfunfacts.com


Istana ini memiliki beberapa ruangan singgasana, salah satu yang terluas adalah ruangan yang disebut sebagai St. George’s Hall, sedangkan singgasana yang lebih kecil dinamai Peter the Great Memorial Hall dibangun khusus untuk Raja Nicholas I pada 1833 oleh seorang arsitek bernama Auguste de Montferrand.


St. George Hall via justfunfacts.com

St. George Hall via justfunfacts.com


Sejak tahun 1905 setelah demonstrasi besar-besaran terjadi, Istana ini sudah tidak ditinggali oleh keluarga raja dan hanya dikunjungi untuk acara besar kerajaan saja.

Dan pada 1917 diumumkan bahwa bangunan istana ini menjadi milik dari museum Hermitage dan menjadi salah satu destinasi wisata yang didatangi jutaan pengunjung tiap tahunnya.


Winter Palace dari tepi sungai Neva

Winter Palace dari tepi sungai Neva


Sahabat, lihat deh foto-fotonya. Indah sekali kan istana ini? Siapa yang ingin mengunjungi istana ini pasti semuanya  ingin kan?

Oh iya, kalau sahabat punya artikel serupa mengenai istana-istana lain di dunia, boleh tulis di rumahkkpk.com, lho! Yuk, berbagi informasi dengan Sahabat yang lain.



(Penyunting: Kak Nizar)

Author


Avatar