Anak, Artikel

[DAR Anak] Kebun Binatang Kopenhagen Akan Membangun Rumah Panda


Panda | Feature

foto via destinasian.co.id



Beberapa jenis hewan tidak bisa sembarangan hidup di mana saja. Karena setiap hewan memiliki karakteristik berbeda-beda, ada yang hanya bisa bertahan hidup di tempat dingin seperti penguin atau beruang kutub. Itu juga salah satu alasan kita tidak bisa dengan bebas memelihara hewan-hewan tersebut.

Kebun binatang adalah salah satu tempat tinggal hewan yang dibuat manusia. Untuk membuat hewan-hewan merasa nyaman tinggal di tempat buatan manusia tersebut, manusia harus memikirkan fasilitas-fasilitas yang mendukung kelangsungan hidup hewan itu.

Misalkan dengan membuat kandang mereka terasa seperti habitat aslinya. Upaya itu juga dilakukan oleh kebun binatang di Kopenhagen yang akan membangun rumah untuk panda dari Cina. Rumah panda ini di klaim akan persis seperti habitat panda asli di Cina.

Populasi panda dalam beberapa tahun terakhir ini terus berkurang lantaran habitat alaminya banyak dirusak pihak tak bertanggung jawab. Di beberapa bagian dunia, seperti Cina, pertumbuhan populasi manusia telah mendorong hewan-hewan ke area hidup lebih kecil dari seharusnya.

Oleh karena itu, kebun binatang Kopenhagen berencana membangun rumah khusus untuk panda dibantu oleh firma arsitektur asal Denmark, BIG.



Desain rumah panda di kebun binatang Kopenhagen

Desain rumah panda di kebun binatang Kopenhagen | foto via properti.kompas.com




Desain Rumah Panda tersebut akan memiliki ruang interior hampir seluas 1.254 meter persegi dan ruang eksterior seluas 1.207 meter persegi yang membentuk gambaran Yin dan Yang. Berdasarkan pernyataannya, BIG menjelaskan habitat yang mereka buat membentuk lingkungan paling bebas dan paling alami bagi panda. Berbentuk Yin dan Yang karena sifat unik panda yang memisahkan diri antara jantan dan betina. Sehingga diperlukan dua tempat serupa yang sedikit terpisah.

Konstruksi rumah panda Kopenhagen ini diharapkan bisa dimulai pada tahun ini dan ditargetkan selesai pada 2018 nanti atau tepat dengan kedatangan dua panda besar dari Chengdu, Cina. Proyek ini menghabiskan biaya sekitar Rp 293,2 miliar.


Semoga panda-panda itu nanti betah tinggal di kebun binatang Kopenhagen, ya …

Author


Avatar