Anak, Artikel

[DAR Anak] Ternyata Penulis Tangan Lebih Cerdas Dibandingkan Pengetik Di Gadget Lho!


Penulis Tangan vs. Pengetik | Feature
Zaman sekarang menulis diatas kertas sudah mulai ditinggalkan. Adanya teknologi yang mempermudah Sahabat untuk membuat catatan langsung dari laptop, tablet, atau bahkan handphone membuat orang-orang jarang membawa buku catatan atau alat tulis.

Menggunakan gadget memang mudah dan cepat, tapi ada fakta baru yang mengungkapkan bahwa penulis tangan cenderung lebih cerdas bila dibandingkan dengan seseorang yang sering menulis menggunakan gadget. Hhmm … kok bisa, ya?

Menurut sebuah studi yang dimuat di jurnal Phsychological Science menemukan bahwa menulis manual, yaitu dengan pulpen dan kertas bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan untuk memahami konsep-konsep. Untuk menemukan hasil penelitian itu, dua ilmuwan psikologi dari University of California melakukan percobaan pada mahasiswa.

Mahasiswa tersebut dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok penulis tangan dan kelompok penulis menggunakan laptop (pengetik). Kemudian kedua kelompok tersebut diminta untuk mendengarkan ceramah dan mencatat isi ceramah tersebut.


Penulis Tangan | Image
30 menit kemudian, peneliti tersebut menguji dan mengamati pemahaman mahasiswa mengenai ceramah yang didengarkan tadi. Hasilnya, para mahasiswa yang mencatat menggunakan laptop mendapatkan hasil tes yang lebih buruk dibandingkan dengan para mahasiswa yang mencatat dengan menulis tangan.

Para peneliti itu mengatakan bahwa penulis tangan lebih mengingat fakta-fakta dan konsep-konsep yang dicatatnya, serta mampu memahami lebih dalam mengenai hal yang ditulisnya. Mengapa bisa begitu, ya?


Pengetik | Image
Setelah diamati lebih lanjut, kebanyakan para pengetik mencatat catatannya secara “verbatim” yaitu mencatat kata demi kata yang diucapkan oleh dosennya. Sedangkan penulis tangan cenderung mencatat hasil pemahamannya sendiri.

Menurut dugaan para peneliti, hal inilah yang membuat para pengetik memiliki pemahaman yang lebih rendah. Mereka juga menambahkan bahwa menulis dengan tangan dapat memperkuat proses pembelajaran yang lebih bermutu, sedangkan mengetik justru menghambat proses pembelajaran tersebut.


Promo KKPK | Image
Jadi, supaya Sahabat lebih ingat rumus-rumus matematika atau pelajaran yang harus dihapalkan, cobalah untuk menuliskannya di buku catatan Sahabat, ya! Sahabat juga bisa tulis di buku notes lucu KKPK seperti di gambar diatas, lho

Sahabat bisa mendapatkan notes ini gratis dengan membeli dua buku KKPK di mizanstore.com. Segera pesan ya, sebelum kehabisan!



(Penyunting: Kak Nizar)

Author


Avatar