Anak, Artikel

[DAR Anak] Perbedaan Arti Bahasa Tubuh di Seluruh Dunia


Intercultural | Feature
Bahasa tubuh adalah saat kita menggerakkan sebagian atau seluruh anggota tubuh kita untuk berkomunikasi. Misalnya, menganggukkan kepala, menggelengkan kepala, membuat gerakan tangan, mengangkat bahu, atau gerakan lainnya yang kita lakukan dengan maksud tertentu.

Bahasa tubuh ini bukanlah hal universal, artinya, gerakan yang sama bisa memiliki arti yang berbeda di negara yang berbeda. Gerakan kecil yang memiliki arti sepele, bisa-bisa memiliki arti yang tidak sopan di negara lain.

Oleh sebab itu, kita pelajari bersama, yuk, arti-arti bahasa tubuh yang berbeda di negara-negara di dunia.



1 . “Oke”

Gestur Oke | Image
Jari telunjuk dan ibu jari yang membentuk sebuah lingkaran ini sering diartikan sebagai ungkapan “oke” di beberapa negara. Namun, di Brazil, gerakan tangan ini memiliki arti yang tidak sopan dan cenderung menghina.

Lain halnya di Jepang, gestur ini dapat diartikan sebagai “meminta uang” karena lingkaran yang kita buat diasosiasikan dengan koin yang berarti uang.



2 . Mengacungkan Jempol



Gerakan yang diartikan “bagus” di Indonesia ternyata memiliki arti lain di negara-negara di Amerika latin, Afrika Barat, Iran, Iraq, dan Afganistan. Di negara-negara tersebut, gestur ini berarti “terserah kamu”.

Sedangkan di Australia, Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, dan Rusia gerakan ini diartikan sebagai ungkapan menyetujui sesuatu.



3 . Simbol “V”

peace sign | image
Di Amerika, gerakan tangan yang seperti menunjukan angka 2 ini diartikan sebagai simbol damai. Sedangkan di Australia, Britania Raya, Irlandia, dan Selandia Baru seimbol ini diartikan sebagai “menentang kekuasaan” dan sering dianggap penghinaan.

Di Jepang, gaya ini sering  digunakan jika mereka sedang berfoto yang berarti berpose lucu.



4 . Gerakan Menunjuk

menunjuk | image
Gerakan mengacungkan jari telunjuk dan ibu jari serta melipat ketiga jari lainnya ini sering diartikan sebagai angka 7 untuk sebagian orang Indonesia. Di Belgia, Belanda, German, dan Austria gerakan ini diartikan sebagai angka 2, sedangkan di Tiongkok, gerakan ini berarti angka 8.

Berbeda jauh dengan negara-negara di atas, Italia mengartikan gerakan ini sebagai indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak baik sedang terjadi.



5 . Mengangguk dan Menggelengkan Kepala



Umumnya, mengangguk adalah gerakan yang diartikan sebagai persetujuan atau “ya”, sedangkan menggelengkan kepala berarti tidak setuju atau “tidak”. Sebaliknya, di India mengangguk diartikan sebagai “tidak” dan menggeleng kepala diartikan sebagai “ya”.

Ini akan sangat membingungkan dan memicu kesalahpahaman karena sebagian besar negara-negara di dunia memiliki arti yang sama, kecuali India.


Bagaimana, Sahabat KKPK sekarang sudah semakin banyak tahu, kan, tentang kebiasaan bahasa tubuh dan gestur di negara-negara di dunia? Sebenarnya, masih sangat banyak perbedaan arti dari gestur dan bahasa tubuh di dunia. Kakak Admin akan beri tahu lagi di lain artikel.

Makanya, cek terus artikel-artikel seru di website ini, ya! Atau kamu juga bisa buat artikel kamu sendiri di website rumahkkpk.com, yah!



(Penyunting: Kak Aas)

Author


Avatar