Anak, Artikel

[DAR Anak] Pulau Natuna – Si Cantik Yang Jadi Rebutan

Pantai di Natuna via backpackerindonesia.com

Pantai di Natuna via backpackerindonesia.com


Sahabat KKPK pasti sudah tahu kan, bahwa Indonesia memiliki banyak destinasi wisata alam yang super indah. Kondisi geografis negara Indonesia yang merupakan kepulauan ini sangat menguntungkan Indonesia dari segi pariwisata, karena Indonesia memiliki banyak pantai indah hampir diseluruh penjuru Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke.

Destinasi wisata ini bahkan telah menjadi favorit wisatawan asing sejak lama. Sebut saja pulau Bali, pulau Komodo, Flores, Bangka Belitung, bahkan sampai ke Raja Ampat di Irian Jaya.

Meskipun telah banyak pulau yang diketahui, Indonesia masih memiliki banyak pulau yang belum terjamah, bahkan belum diberi nama. Padahal, pulau-pulau ini berpotensi menjadi objek wisata kelas dunia!


Pantai Sahi via disparbud.natunakab.go.id

Pantai Sahi via disparbud.natunakab.go.id


Pulau Natuna yang kedaulatannya masuk sebagai bagian dari Provinsi Kepulauan Riau adalah salah satu pulau indah yang belum diketahui banyak orang. Pulau yang posisinya berada di bagian terluar Indonesia ini berlokasi sangat dekat dengan perbatasan Laut Cina Selatan, bahkan jika dilihat dari letaknya, pulau ini seperti pulau milik negara Malaysia.

Pulau ini memiliki luas sekitar 2000 km persegi dan memiliki populasi sebanyak 72.450 jiwa. Yang menjadi daya tarik dari Pulau Natuna adalah pantainya sangat indah. Pantai berbatu disini mirip seperti pantai ke Belitung.

Selain keindahan alam yang masih asri, Pulau Natuna menyimpan minyak bumi dan gas bumi yang sangat banyak! Cadangan minyak bumi di Natuna mencapai 1,4 miliar barel dan cadangan gas buminya mencapai 112,3 miliar barel. Pantas saja, pulau ini sering diperebutkan oleh negara-negara tetangga kita.


Masjid Agung Natuna via wisatalova.com

Masjid Agung Natuna via wisatalova.com


Selain pantai, destinasi wisata di pulau Natuna adalah Masjid Agung Natuna yang sering disebut sebagai Taj Mahal dari Indonesia. Baru-baru ini presiden Jokowi, mengarahkan agar pulau Natuna ini dijadikan destinasi wisata. Kalau begitu, nampaknya pulau ini memerlukan pembangunan lebih lanjut, terutama di bidang infrastruktur.

Karena untuk sampai ke pulau Natuna, Sahabat harus terbang ke Batam terlebih dahulu. Setelah itu, Sahabat bisa melanjutkan terbang ke Bandara Ranai di Pulau Natuna. Sedangkan dengan kapal laut, Sahabat bisa menghabiskan waktu sampai 3 hari perjalanan laut.

Harga tiket pesawat ke Natuna pun masih sangat mahal, karena masih sedikit maskapai yang mempunyai tujuan terbang ke sana.


Latihan Gabungan TNI via jakartagreater.com

Latihan Gabungan TNI via jakartagreater.com


Selama beberapa tahun ke belakang sampai sekarang, pulau ini sering dijadikan tempat latihan gabungan dan uji coba alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) oleh bapak-bapak TNI. Mungkin selain latihan berperang, bapak-bapak TNI ini sekalian menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang pulau-pulaunya sering diperebutkan negara lain. Jangan sampai ada pulau yang diakui negara lain lagi ya, bapak-bapak TNI!


Bagaimana Sahabat, tidak perlu ke luar negeri untuk berlibur kan? Indonesia saja sudah sangat indah dan masih banyak keindahan yang belum dijelajahi. Ada objek wisata apa saja ya di Pulau Natuna? Tunggu di artikel selanjutnya!



(Penyunting: Kak Nizar)

Author


Avatar