Anak, Artikel

[DAR Anak] Sarapan Enak, Yuk!


Sarapan | Feature

foto via tribunnews.com


Sahabat KKPK, tahu tidak, kalau melewatkan sarapan bisa sangat berbahaya, lho! Kalau sahabat melewatkan sarapan, bisa-bisa sahabat kekurangan energi untuk beraktifitas pagi hari.

Bahaya dari melewatkan sarapan tidak hanya sekedar lemas dan tidak berenergi, tapi bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes hingga serangan jantung! Hiiy … ngeri sekali, ya … Tetapi, banyak sekali orang yang sering melewatkan sarapan. Entah karena belum berselera atau karena terburu-buru untuk berangkat beraktifitas dan akibatnya, kalian akan makan siang lebih banyak dari porsi seharusnya.

Selain tidak baik untuk kesehatan, hal ini juga tidak efektif untuk kegiatan kamu, karena jika kita makan terlalu banyak, kita akan merasa ngantuk saat melanjutkan kegiatan kita di siang hari. Supaya kalian tidak malas untuk sarapan, coba menu-menu praktis dan lezat dibawah ini, yuk!


1 . Telur Orak-Arik


Telur Orak Arik | Image

foto via viva.co.id


Telur orak-arik atau sering disebut scramble egg ini merupakan menu sarapan yang sangat mudah dibuat, tapi tetap bergizi. Sahabat juga bisa tambahkan sayuran kesukaan Sahabat, seperti wortel, brokoli, jamur atau lainnya.

Supaya lebih lezat, Sahabat tambahkan keju parut ke dalam telur orak-ariknya. Pasti sahabat semua tidak akan malas lagi untuk sarapan!




2 . Sereal



sereal | Image

foto via food.detik.com


Pasti sahabat suka menu sarapan yang satu ini. Sereal gandum rasa coklat atau buah-buahan merupakan menu yang sangat mudah disajikan. Sahabat hanya perlu mencampur sereal dengan susu, dan sereal siap di santap!

Supaya tidak bosan, Sahabat bisa mencampur sereal kesukaan dengan yogurt dan tambahkan potongan buah-buahan. Pasti akan membuat Sahabat bersemangat!




3 . Smoothies



Smoothies | Image

foto via delish.com


Smoothies adalah sejenis jus yang dibuat lebih kental dari jus biasanya. Kombinasi yang paling pas sebagai menu sarapan adalah campuran dari buah pisang, stroberi dan susu vanila. Hhmm pasti sangat lezat, ya.

Sahabat juga bisa menikmati sarapan ini sambil perjalanan ke sekolah. Menghemat waktu, kan?




4 . Roti Bakar


Roti Bakar | Image

foto via food.detik.com


Roti merupakan sumber karbohidat yang berguna untuk memberi energi pada tubuh kita. Jadi, sangat cocok sebagai menu sarapan. Selain mudah dibuat, rasanya juga pasti lezat karena Sahabat bisa sesuaikan isian roti sesuai kesukaan sahabat. Selai coklat, keju, madu, selai stroberi apa saja bisa!




5 . Roti Lapis (Sandwich)


Sandwich | Image

foto via annslounge.com


Sahabat juga pasti sudah sering menyantap sandwich sebagai sarapan. Karena sandwich merupakan menu lengkap nutrisi yang sangat praktis bahkan untuk dibawa sebagai bekal makan siang. Didalamnya Sahabat bisa tambahkan sayuran, telur, keju atau sosis sebagai pengganti daging asap.




6 . Onigiri


Onigiri | Image

foto via woodland foods.com


Onigiri adalah makanan khas jepang yang enak dan lucu. Onigiri terbuat dari nasi putih dan campuran sayuran yang dimasak dan dikepal berbentuk segitiga atau bulat. Biasanya, bagian luarnya dibalut dengan lembaran rumput laut kering. Rasanya enak, membuatnya gampang, dan cara makannya mudah!




7 . Oatmeal


Oatmeal | Image

foto via dennys.com


Oatmeal ini hampir sama dengan sereal, hanya saja oatmeal akan lebih mirip seperti bubur gandum. Rasanya memang sedikit hambar, tapi kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Jadi, Sahabat bisa menyeduhnya dengan susu, kemudian tambahkan madu supaya rasanya tidak terlalu hambar. Supaya semakin berselera, tambahkan potongan buah yang kamu suka!



Bagaimana, sekarang tidak malas untuk sarapan lagi, kan? Jangan lewatkan sarapanmu hari ini, ya! Sahabat KKPK juga bisa membuat resep menu sarapan sahabat di rumahkkpk.com, yuk, tulis sekarang!


(Penyunting: Nurasiyah Jamil)

Author


Avatar