Anak, Artikel

[DAR Anak] 7 Kemiripan Batman dengan Kelelawar


Batman | Feature
Sahabat KKPK mana sih, yang tidak tahu Batman? Karakter komik superhero yang berpenampilan seperti kelelawar itu merupakan pahlawan super pembela kebenaran yang berasal dari kota Gotham. Batman muncul pertama kali di komik pada tahun 1939.

Batman yang memiliki identitas asli sebagai Bruce Wayne merupakan pengusaha yang kaya raya dan memiliki ilmu pengetahuan pada bidang teknologi, itulah mengapa Wayne memiliki alat-alat canggih yang membantunya beraksi sebagai Batman.

Hhmmm … mengapa disebut sebagai manusia kelelawar, ya? Apakah Batman benar-benar mirip dengan kelelawar? Kita cari tahu bersama, yuk!


 

Foto: comicartfans.com

Foto: comicartfans.com



1 . Bertopeng


Sebanyak 1.400 spesies kelelawar yang telah diketahui, kelelawar dari Mexico, Venezuela, dan Colombia tercatat sebagai kelelawar teraneh yang pernah ada. Hal itu dikarenakan spesies ini terlihat seperti memakai topeng. Terdapat tumpukan kulit disekitar wajahnya yang digunakan untuk berkamuflase saat mereka tidur.

Oh, mungkin perbedaannya adalah om Batman justru mengenakan topeng untuk berkamuflase saat dia beraksi, sedangkan kelelawar bertopeng menggunakan topengnya untuk bersembunyi saat tidur. Hehe …




2 . Memiliki Rasa Keadilan


Seperti Batman yang membela keadilan untuk warga Gotham City, kelelawar juga memiliki rasa keadilan terhadap sesamanya. Kelelawar akan membagi makanannya pada kelelawar lain yang memiliki sedikit makanan, tetapi dia akan memilih-milih untuk berbagi.

Kelelawar dapat mengingat siapa yang telah baik terhadap dirinya, sehingga dia akan memberi lebih banyak makanan kepada teman-temannya yang baik itu. Wah, kelelawar saja mau berbagi, tuh, Sahabat!




3 . Membersihkan Jalanan dari Musuh


Batman jelas membersihkan jalanan dari orang-orang jahat yang suka mengganggu masyarakat, begitu pula dengan kelelawar. Mereka membersihkan jalanan dari serangga-serangga musuh para petani seperti, ngengat, kumbang, agas, lalat, bahkan nyamuk. Beberapa spesies kelelawar mampu menangkap seribu serangga yang berukuran sebesar nyamuk dalam waktu satu jam! Wih, mereka seperti mesin pemakan serangga.

Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Science  pada tahun 2011, tanpa kelelawar, Industri Pertanian di Amerika Serikat mengalami kerugian sekitar 3,7 miliar dolar AS dalam setahun. Wah, kelelawar benar-benar menjadi penolong petani, ya?


 

Foto: merlintuttle.org

Foto: merlintuttle.org


4 . Merawat Anak Terlantar


Bruce Wayne merawat Robin dan menjadikan Robin sebagai temannya saat beraksi membela kebenaran. Keberadaan Robin memperkuat Batman karena mereka bekerja sebagai tim. Begitu pula dengan kelelawar yang ditemukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Mereka diketahui sering memberi makan kelelawar kecil yang bukan anaknya. Hal ini menguntungkan bagi koloni kelelawar karena anggota timnya bertambah.




5 . Cerdas


Bruce Wayne tentunya adalah orang yang cerdas sebagai seorang yang cakap dalam perkembangan teknologi canggih. Kelelawar pun merupakan binatang cerdas yang bisa mengenal dan mengingat gerak manusia.

Suatu hari, om Tuttle, seorang ahli lingkungan mencoba menjinakan seekor kelelawar liar di Kalimantan, om Tuttle menyodorkan ulat untuk memancing kelelawar. Kelelwar lain yang melihat kejadian itu mempelajari bahwa jika dia terbang menabrak om Tuttle, maka dia akan diberi makanan.

Jadi, kelelawar ini belajar hanya dengan melihat contoh, lho! padahal ada yang mengatakan bahwa kelelawar sebenarnya tidak bisa melihat. Hhmm … teori itu sepertinya terbantahkan dengan kejadian ini, ya?




6 .  Memiliki Kekuatan Super

Bob Kane, sang pencipta tokoh Batman, memilih kelelawar bukan tanpa sengaja. Karena kelelawar memiliki kekuatan super alami, yaitu mereka bisa mendeteksi objek dengan sonar alami yang dimilikinya.

Contohnya, mereka bisa mengetahui jenis permukaan tembok yang ada dihadapannya bahkan sebelum mereka mendarat. Sehingga kelelawar bisa membedakan tembok bata atau tembok kaca yang licin dan tidak bisa dihinggapi.

Kalau begini, tidak ada ceritanya kelelawar salah mendarat, ya? Kehebatan lain yang dimiliki kelelawar adalah, kelelawar bisa terbang horizontal dengan kecepatan 100 mil per jam. Bahkan Batman harus menggunakan mobil super canggihnya untuk bisa melaju secepat itu.


 

Foto: phys.org

Foto: phys.org


7 . Memiliki Musuh Bubuyutan


Seperti Batman yang selalu berhadapan dengan Joker si badut kejam, kelelawar memiliki musuh yang disebut sebagai sindrom hidung putih. Sindrom itu adalah jamur yang tumbuh diwajah kelelawar, sekitar 80 persen kelelawar di bagian timur laut Amerika mati karena penyakit ini.

Selain sindrom hidung putih, manusia juga merupakan musuh bagi kelelawar. Manusia seringkali memusnahkan kelelawar karena banyaknya rumor tidak benar mengenai kelelawar yang dianggap membahayakan manusia.



Sahabat, itulah beberapa kemiripan antara Batman sang pahlawan super dengan kelelawar sang pembasmi serangga. Jadi, apakah lebih mirip dengan Batman atau dengan Vampir, ya?



(Penyunting: Dini Ocktarina)

Author


Avatar