Anak, Artikel

[DAR Anak] 8 Hewan Bertanduk Menawan


hewan bertanduk | feature

Sahabat bisa sebutkan hewan apa saja yang memiliki tanduk? Pasti sangat banyak. Tanduk hewan biasanya berfungsi sebagai senjata saat mereka bertarung untuk mempertahankan wilayah atau memperebutkan mangsa. Tanduk pada hewan biasanya keras dan tajam. Tetapi dibalik fungsinya yang berbahaya, bentuk tanduk pada hewan-hewan ini justru terlihat indah dan menawan.

Bahkan tanduk-tanduk ini terlihat menghiasi kepala hewan seperti mahkota. Yang pasti hewan-hewan bertanduk ini terlihat semakin cantik dengan tanduk di kepalanya. Dalam artikel ini, Kak admin sudah mengumpulkan hewan-hewan bertanduk yang paling cantik dan menawan. Kita lihat bersama yuk, hewan apa saja yang tanduknya paling indah.



1 . Eland Raksasa

Eland Raksasa | Image
Eland Raksasa adalah salah satu spesies antelop dari genus Taurotragus. Eland merupakan jenis antelop terbesar yang ukurannya mencapai 3 meter. Keindahan yang dimiliki antelop ini adalah tanduknya yang menempel di kedua sisi atas kepalanya, berbentuk lurus ke arah belakang.

Uniknya, tanduk Eland ini melingkar dari bagian bawah hingga ke atas. Hewan ini terlihat gagah dengan tanduknya itu, ya?



2 . Kambing Ibex

Alpine ibex goat | Image
Kambing Ibex atau yang bernama ilmiah Capra Ibex ini merupakan kambing yang memiliki tanduk besar dan panjang dibandingkan dengan kambing lainnya.

Kambing ini juga sering disebut sebagai Alpine Ibex karena kambing ini berpopulasi di pegunungan Alpen. Coba Sahabat lihat tanduk yang panjang dan melengkung ke belakang itu. Tanduknya keren sekali, kan?



3 . Kijang Tanduk Bercabang

Kijang tanduk bercabang | Image
Kijang tanduk bercabang ini dikenal juga dengan nama Pronghorn Antelope merupakan mamalia tercepat kedua di dunia setelah Citah. 

Spesies Antelop yang tingginya berkisar satu meter ini bisa berlari dengan kecepatan mencapai 88 km per jam. Hewan ini bisa ditemukan di Amerika Utara.



4 . Bongo

Bongo | Image
Bongo merupakan jenis antelop yang berasal dari Afrika. Hewan ini terlihat anggun dengan bulu berwarna cokelat tua bergaris putih serta tanduknya yang sedikit melengkung membuatnya terlihat semakin manis. Hewan pemakan tumbuhan ini merupakan hewan nokturnal, yaitu hewan yang aktif saat malam hari.



5 . Dik-Dik

dik dik antelope | Image
Dik-dik merupakan spesies kijang berukuran kecil. Beratnya hanya berkisar 3 sampai 6 kilo dengan tinggi berkisar 40 cm. Hewan yang tergolong kecil diantara familinya ini memiliki sepasang tanduk paling minimalis.

Jenis kijang kecil ini merupakan hewan yang jinak lo, Sahabat. Sehingga sering dijadikan hewan peliharaan.



6 . Kerbau Afrika

Kerbau Afrika | Image
Kerbau yang disebut Cape Buffalo ini berhabitat asli di daratan Afrika. Kerbau ini tidak memiliki hubungan kekerabatan dengan kerbau liar yang ada di Asia. Karakteristik kerbau ini terdapat pada bentuk tanduknya yang unik.

Tanduk kerbau Afrika ini tumbuh melengkung ke bawah menutupi seluruh permukaan kepala bagian atasnya, setelah itu berbelok dan melengkung ke arah atas. Telinga kerbau ini terdapat di bawah tanduknya, seperi tersembunyi oleh tanduknya. Spesies kerbau ini merupakan hewan buas dan berbahaya. Dia bisa menyerang manusia juga lo, Sahabat!



7 . Badak

Badak | Image
Hewan yang terkenal dengan culanya ini merupakan hewan yang dilindungi karena populasinya sudah semakin berkurang. Hewan ini pada umumnya memiliki dua tanduk yang tumbuh dibagian depan kepalanya, namun ada pula spesies yang memiliki satu tanduk atau yang sering disebut badak cula satu. Seperti yang ada di Indonesia.

Tanduk badak tersusun dari keratin bahan yang sama dengan pembentuk kuku pada manusia. Kelebihan tanduk badak dengan tanduk binatang lainnya adalah bisa tumbuh kembali setelah patah. Meskipun begitu jika tanduk badak itu dipotong habis, tetap saja tumbuhnya akan lama.

Tanduknya seringkali diburu oleh pemburu liar yang tidak bertanggungjawab. Padahal Badak tanpa cula kan terlihatnya kurang ganteng. Hihihi …



8 . Rusa Jantan

Rusa Jantan | Image
Tanduk pada rusa disebut juga antler. Antler ini merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang setiap tahun. Sahabat lihat deh, antler pada rusa bisa tumbuh sangat besar dan bercabang-cabang. Antler pada rusa terlihat seperti batang pohon yang banyak cabangnya. Selain indah, antler ini sangat kuat karena merupakan tulang.

Rusa pada umumnya berbadan kecil dan ramping, tapi mereka memiliki kaki yang kuat. Badannya yang ramping juga membuat rusa mampu bergerak dengan gesit.


Hewan bertanduk memang terlihat menarik dan unik. Kalau Sahabat punya hewan bertanduk yang belum masuk ke dalam daftar di atas, beri tahu kakak admin dan Sahabat lainnya yuk! Tulis langsung ceritamu di rumahkkpk.com, ya!

Author


Avatar