Artikel, Ruang Redaksi

Inspirasi Pojok Baca: Setiap Rumah Harus Punya

Sebuah ruangan tanpa buku bagaikan sebuah raga tanpa jiwa.”

—Marcus Tullius Cicero


Pojok baca, atau reading nook, adalah sebuah tempat khusus yang digunakan untuk kegiatan membaca. Biasanya di pojok ini ada rak-rak berisi buku, kursi atau bantal, lampu baca, dan benda-benda lainnya yang membuat seseorang merasa nyaman dan betah berlama-lama membaca.

 

Baru-baru ini, dalam Instagram stories-nya, Marie Lu sang penulis buku Warcross dan Batman: Nightwalker berbagi foto pojok baca di rumahnya.


Pojok Baca Marie Lu

Di pojok baca Marie Lu, terlihat dua rak buku mengapit sebuah bangku panjang yang dihiasi berbagai bantal duduk dan plushies (boneka empuk). Bangku tersebut sepertinya multifungsi sebagai tempat penyimpanan juga. Kalau boleh menebak, mungkin di dalamnya berisi timbunan buku yang tidak muat ditaruh di rak.


Di dinding terpampang gambar sebuah kota entah apa, yang sepertinya cocok menjadi latar tempat The Young Elites, salah satu buku karya Marie Lu. Nuansa kelam dari gambar tersebut diimbangi dengan bantal yang berwarna-warni. Secara keseluruhan, pojok baca ini membuat orang kagum dan ingin merasakan sendiri nyamannya duduk dan membaca di sana.


Kalau kamu ingin membuat pojok baca sendiri di rumah, beberapa pojok baca berikut ini mungkin dapat memberimu inspirasi untuk berkreasi.


  1. Pojok Baca di Bawah Tangga


    Inspirasi Pojok Baca - Buku Marie Lu


    Jika rumahmu bertingkat dan ruangan di bawah tangga masih kosong, bisa diberdayakan sebagai pojok baca. Jangan lupa tambahkan lampu atau lilin-lilin dalam wadah kaca untuk membantu penerangan, terutama jika ruangan di bawah tangga tersebut tidak berada dekat dengan jendela yang menghadap ke luar.

    Penggunaan warna putih pada cat tembok dan rak buku, serta pada kursi dan bantal, akan membuat pojok baca di bawah tangga ini terkesan bersih dan modern, tidak terkesan suram dan menakutkan. Atau kalau kamu suka dengan nuansa yang lebih hangat, kamu bisa memilih perpaduan warna coklat, krem, atau merah.


  2. Pojok Baca di Samping Jendela


    Inspirasi Pojok Baca Samping Jendela - Buku Marie Lu


    Kalau di rumahmu ada jendela besar, apalagi yang di luarnya ada halaman atau pemandangan indah, kamu cukup menaruh kursi atau sofa favoritmu di sampingnya untuk membuat pojok baca. Untuk membuatmu lebih nyaman, tambahkan kursi kecil berbantal untuk menopang kaki.

    Tambahkan lampu jika dianggap perlu saja, karena pada siang hari, kamu akan mendapat penerangan alami dari sinar matahari sebagai teman membaca.

    Pojok Baca Samping Jendela

    Jika kamu suka membaca sambil minum teh, kopi, atau coklat panas, jangan lupa sediakan meja kecil di samping kursi membacamu. Tapi hati-hati, jangan menumpuk buku di atas meja dan menjadikannya sebagai alas cangkirmu… kalau tak sengaja tersenggol, bisa basah dan rusak bukunya.

    Sebagai pengganti meja kecil, kamu bisa juga menyediakan kabinet atau laci kecil. Cangkir minuman disimpan di bagian atas kabinet, sementara buku-buku bisa dimasukkan ke dalam laci di bagian bawah.


  3. Pojok Baca di Luar Ruangan


    Inspirasi Pojok Baca di Rumah - Buku Marie Lu

    Apa kamu pencinta alam yang suka membaca di bawah sejuknya pohon rindang atau dikelilingi tanaman? Kamu bisa membuat pojok baca di kebun atau halaman rumah. Tidak perlu menyediakan rak buku, untuk mencegah buku-buku cepat rusak akibat terpapar sinar matahari dan udara luar.


    Inspirasi-Pojok-Baca-Buku-Marie-Lu

    Khawatir digigit nyamuk atau serangga? Kamu bisa menyelubungkan kelambu ke pojok bacamu. Jangan lupa pula mengenakan losion anti-nyamuk, atau kamu bisa menyimpan kulit jeruk atau sereh yang sudah terbukti aromanya dapat mengusir nyamuk.


    Inspirasi-pojok-baca

    Jika kamu tidak memiliki kebun atau halaman, pojok baca bisa dibuat di balkon. Tambahkan banyak tanaman hijau, sehingga ketika matamu lelah melihat tulisan di buku yang kamu baca, kamu bisa memandang tanaman-tanaman hijau itu agar kembali merasa segar.


  4. Pojok Baca Sang Penulis

    Pojok-Baca-Marie-Lu

    Penulis yang baik adalah pembaca yang baik, jadi tidak heran jika rumah seorang penulis memiliki pojok baca dan perpustakaan sarat buku. Idealnya, pojok baca seorang penulis punya area terpisah untuk membaca dan menulis. Ini untuk memisahkan antara kegiatan bekerja dan kegiatan santai.

     

    Rak buku seorang penulis tidak hanya berisi buku-buku yang dibaca untuk hiburan, melainkan juga buku-buku referensi, seperti kamus atau ensiklopedia.


  5. Pojok Baca Anak-Anak

    Inspirasi Pojok Buku Baca Anak

    Kebiasaan membaca memiliki banyak sekali manfaat. Beberapa di antaranya, seperti dilansir dari kompas.com, adalah untuk menstimulasi mental, mengurangi stres, memperbanyak kosakata, memperbaiki memori, melatih kemampuan berpikir, meningkatkan konsentrasi, dan melatih keterampilan menulis. Oleh karena itu, amat penting untuk menanamkan kecintaan akan baca buku sejak dini.

     

    Kamu punya anak, adik, atau adik sepupu yang masih kecil? Ajaklah dia untuk membuat pojok baca. Pojok baca untuk anak-anak harus dibuat semenarik mungkin, dengan pilihan warna kursi dan bantal yang cerah ceria.

     

    Rak bukunya tidak perlu terlalu banyak dan padat isi. Karena buku-buku anak biasanya tipis dan sarat ilustrasi berwarna, kamu bisa susun buku-bukunya menghadap ke depan agar desain sampulnya terlihat dan menarik minat anak untuk membacanya. Perlu diingat juga untuk tidak terlalu tinggi memasang raknya, agar buku-bukunya mudah dijangkau anak-anak.

     

    Sebagai pemanis pojok baca anak, kamu bisa menghias dindingnya dengan stiker atau gambar hasil karya sang anak, dan menyelipkan beberapa mainan di antara buku-buku di rak.

    Pojok Baca

    Untuk alternatif, kursi atau sofa bisa diganti dengan karpet tebal dan tenda. Ini pilihan yang bagus jika pojok baca anak berada di luar kamarnya, karena anak-anak pun butuh ruang privasi sendiri, yang bisa mereka dapatkan dari ruang tertutup di dalam tenda.

     

    Ketika membaca di dalam tenda pada malam hari, anak-anak bisa menggunakan senter, sehingga memberi kesan berkemping yang mengasyikkan. Atau, gantungkan fairy lights di bagian dalam tenda, sehingga memberi kesan magis.


    Inspirasi Pojok Baca

    Untuk anak-anak yang aktif, penggunaan kursi atau sofa di pojok baca dapat diganti dengan kursi gantung atau hammock. Kursi gantung ini dapat berfungsi juga sebagai ayunan, sehingga anak-anak tidak bosan duduk diam dalam waktu lama.

     

    Bagaimana, apakah kamu jadi tergugah untuk membuat pojok baca di kamar atau di rumahmu? Seperti apa pun gaya pojok baca yang kamu pilih, pastikan kamu melengkapinya dengan perabot dan buku-buku yang kamu suka, sehingga pojok tersebut bisa menjadi suaka yang menyenangkan untuk didatangi setelah kamu lelah beraktifitas seharian.





[Oleh: Dyah Agustine]



Baca juga: 7 Blog Penulis Keren yang Bisa Dikunjungi Saat Butuh Inspirasi

 

Baca juga: 7 Fakta Marie Lu, Rising Star di Genre Fantasi

Author


Avatar