Artikel, baru, Kolom Editor

Jajaran Aktris Cantik Pemeran Catwoman

Apa yang pertama muncul di benakmu ketika mendengar nama Catwoman? Sosok wanita berbalut pakaian hitam?

Catwoman adalah salah satu tokoh fiksi yang sangat populer dari DC Comics. Kepopulerannya bahkan menyaingi Wonder Woman. Sosok Catwoman juga tak bisa lepas dari Batman, karena mereka muncul dalam latar tempat yang sama, yaitu Kota Gotham.

Baca juga:
– 4 Novel Keren dengan Tokoh Kucing Hitam
– 9 Film Batman Paling Populer, Mana Favoritmu?

Seperti tokoh-tokoh populer DC Comics lainnya, Catwoman juga sudah beberapa kali muncul di film, baik itu film serial televisi atau film layar lebar. Berikut ini aktris-aktris yang telah memerankan Catwoman.

  1. Julie Newmar

    aktris pemeran catwoman
    Aktris kelahiran tahun 1933 ini adalah yang pertama memerankan tokoh Catwoman. Dia muncul dalam serial televisi Batman yang pertama kali dirilis pada 1966. Serial ini tayang selama 3 musim dan 120 episode sebelum akhirnya dihentikan pada 1968 karena rating yang menurun.

    Julie tampil di berbagai film dan serial televisi sejak 1952, kemudian merambah ke bisnis desain pakaian dalam di tahun 70an dan bisnis real estate di tahun 80an. Julie meraih kesuksesan di kedua bisnis ini, dan dia masih aktif hingga saat ini.

  2. Lee Meriwether

    aktris pemeran catwoman
    Aktris yang pernah memenangi kontes kecantikan Miss America pada 1955 ini memerankan Catwoman pada film Batman yang dirilis pada 1966. Dalam film ini, Catwoman berkomplot dengan The Joker, The Penguin, dan The Riddler. Mereka menamai kelompok mereka United Underworld. Tujuan mereka? Menguasai dunia. Lee juga muncul pada serial televisi Batman tahun 1960-an sebagai Lisa Carson, wanita yang diculik untuk dijadikan pengantin King Tut.

    Lee aktif di dunia perfilman sejak 1954 hingga saat ini. Dia pernah mendapatkan nominasi Golden Globe Award dan Emmy Award.
  3. Eartha Kittaktris pemeran catwoman
    Seperti Julie Newmar, Eartha Kitt juga memerankan Catwoman dalam serial televisi Batman tahun 1960-an. Eartha yang berdarah campuran (afrika-Amerika) memerankan Catwoman pada musim terakhir serialnya tayang, yaitu musim ke-3. Dalam sejarah pertelevisian Amerika, ini pertama kalinya dua aktris berbeda ras memerankan satu tokoh yang sama.

    Sayangnya, aktris ini telah meninggal dunia pada 2008 lalu karena mengidap kanker usus besar, sehingga kita sudah tidak bisa lagi menyaksikan aktingnya di layar kaca.

  4. Michelle Pfeiffer

    Michelle Pfeiffer memerankan Catwoman di film Batman Returns yang disutradarai oleh Tim Burton dan dirilis pada 1992. Di film ini, Catwoman bekerja sama dengan The Penguin untuk menjebak Batman dan menjadikan sang kesatria hitam Gotham seorang kriminalis. Di sisi lain, sosok asli Catwoman, yaitu Selina Kyle, menjalin hubungan asmara dengan Bruce Wayne sang Batman.

    Michelle Pfeiffer adalah aktris yang aktif dan produktif hingga saat ini. Dia memulai karir aktingnya sejak 1978 dan telah membintangi lebih dari 40 film layar lebar, di antaranya Scarface (beradu akting dengan Al Pacino), The Age of Innocence (diangkat dari novel klasik karya Edith Wharton), Stardust (diangkat dari novel fantasi karya Neil Gaiman), Dark Shadows (disutradarai oleh Tim Burton), Murder on the Orient Express (diangkat dari novel detektif karya Agatha Christie), Ant-Man dan the Wasp, dan Avengers: Endgame. Tahun 2019 ini, Michelle juga akan hadir lewat film Maleficent: Mistress of Evil.

  5. Halle Berry

    aktris pemeran catwoman
    Halle Berry menjadi tokoh utama dalam film Catwoman yang dirilis pada 2004. Tokoh Catwoman di sini hanya memiliki kesamaan nama saja, sementara sosok asli dan alur ceritanya berbeda dengan Catwoman yang muncul dalam semesta Batman. Dalam Catwoman, sosok wanita berkostum kucing hitam ini memiliki nama asli Patience Phillips (bukan Selina Kyle), seorang desainer grafis. Dia dibangkitkan dari kematian oleh dewi kucing Bast, dari mitologi Mesir, dan dianugerahi kemampuan bertarung dan kelincahan bagai kucing.

    Sayang sekali, film Catwoman ini dinilai gagal total, baik secara kualitas film, dan juga secara finansial. Film ini hanya meraih pemasukan sebesar 82 juta dolar, sementara biaya produksinya mencapai 100 juta dolar. Bahkan karir akting Halle Berry meredup setelah membintangi Catwoman, padahal pada 2001 aktris cantik ini memenangi Academy Award kategori aktris terbaik untuk perannya di film Monster’s Ball.

  6. Anne Hathaway

    aktris pemeran catwoman
    Anne Hathaway memerankan Catwoman dalam film Batman The Dark Knight Rises, arahan sutradara Christopher Nolan. Anne menyatakan bahwa sejak kecil dia mengidolakan Catwoman, dan dulu mimpinya setelah besar nanti bukanlah menjadi putri, melainkan menjadi Catwoman. Impian Anne menjadi kenyataan.

    The Dark Knight Rises adalah film ketiga dalam trilogi Batman karya Nolan. Film pertamanya adalah Batman Begins, dan film keduanya The Dark Knight. Trilogi Batman ini mendapat banyak respon positif dan meraih kesuksesan besar di box office.

    Catwoman dalam The Dark Knight Rises juga dianggap sebagai yang terbaik dalam sejarahnya muncul di layar kaca. Catwoman yang diperankan oleh Anne tidak sekadar mengumbar keseksian, tapi juga menunjukkan karakter yang elegan dan pantas menjadi pendamping Batman.

    Anne Hathaway sendiri memang merupakan aktris dengan kemampuan akting yang mumpuni. Dia telah meraih berbagai penghargaan dan nominasi penghargaan dunia perfilman, yang paling terkenal adalah perannya sebagai Fantine dalam film Les Miserables yang rilis di tahun yang sama dengan The Dark Knight Rises, 2012. Anne juga muncul di berbagai film populer, seperti The Princess Diaries (2001), The Devil Wears Prada (2006), Alice in Wonderland (2010), Interstellar (2014), dan Ocean’s 8 (2018). Atas kontribusinya di dunia perfilman, pada Mei 2019 lalu Anne Hathaway mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame.


aktris pemeran catwoman

Menurutmu, apakah Catwoman layak mendapatkan kesempatan untuk tampil di film layar lebar lagi? Dan siapakah yang pantas memerankannya? Para penggemar DC pastinya ingin tahu lebih banyak tentang kisah hidup Catwoman alias Selina Kyle, karakter yang begitu kompleks dan menarik.[]

Author


Dyah Agustine

Dyah Agustine

Editor penanggung jawab fiksi di salah satu unit penerbit Mizan Pustaka.