Artikel, Info, Resensi

Kisah Haru-Seru ala dr.Gia

Menjadi dokter mungkin pernah terlintas di benak kamu ketika kecil ketika ditanya soal cita-cita. Dokter adalah profesi yang mulia dan cukup terpandang. Mengenyam pendidikan yang tidak sebentar, ditambah biaya sekolah kedokteran yang tidak murah kelak terbayar dengan berbagai tugas mulia dan bisa menyelamatkan banyak jiwa yang membutuhkan pertolongan.

Namun, Pernahkah terbayang jika kamu menjadi seorang dokter, hari-hari seperti apakah yang akan kamu lalui? Rutinitas seperti pergi ke rumah sakit sesuai jadwal shift, menunggu pasien datang, melakukan tindakan seperlunya, bercengkerama dengan kolega, dan begitu seterusnya setiap hari. Biasa saja, bahkan kedengarannya membosankan seperti pekerja kantoran. Atau, ada stigma malah menjadi dokter itu enak dan santai. Pasien yang datang keluhannya mungkin tidak berat, cukup diresepi obat, selesai, lalu mendapatkan gaji yang besar setiap bulannya.

Semua pandangan itu sepertinya terbantahkan dengan kisah-kisah viral yang dibagikan oleh dokter muda, dr. Gia Pratama pada akun Twitternya sejak beberapa waktu lalu. Kisah-kisah suka dukanya saat menjadi koas di salah satu rumah sakit daerah dan menjadi dokter UGD banyak menarik perhatian netizen dan melahirkan sebuah pandangan baru terhadap profesi dokter. Gia banyak bercerita tentang sebagian pengalamannya selama menjadi dokter, mulai dari kisah yang lucu, sedih, haru, seram, tragis, aneh, sampai yang penuh keajaiban.

Tulisannya mengundang banyak komentar dari para followers-nya. Tidak sedikit pula yang ikut terbawa suasana dan bahkan menaruh simpati kepada sang dokter dan pasien-pasien yang dia temui. Di tengah kesibukannya, Gia rajin membagikan kisahnya setiap hari dengan harapan bisa menyebarkan hikmah positif. Melalui kacamatanya, kita bisa melihat dan merasakan bagaimana serunya menjadi dokter yang harus menghadapi berbagai pasien yang memiliki situasi dan latar belakang yang berbeda setiap harinya.

Tidak semua kisah dia bagikan di Twitter. Ada beberapa ‘The Untold Stories” yang kemudian Gia putuskan untuk menceritakannya ke dalam sebuah novel berjudul #BerhentiDiKamu, yang akan rilis secara resmi pada 8 Desember dan sudah mulai membuka pre-order di beberapa toko buku online. Semua kisah di dalam bukunya disajikan lebih detail, lengkap dengan berbagai ilustrasi yang membangun suasana cerita menjadi lebih hidup. Penasaran bagaimana kisah sang dokter melewati hari-harinya yang tidak biasa dan lain daripada kisah yang lain? 

Author


Avatar