Artikel, Kolom Editor

[Kolom Editor] Mythical Creatures- 5 Makhluk Magis yang Bisa Dijadikan Sahabat


Mythical Creatures Article | Featured Image
Suka baca novel-novel fantasi? Pasti teman-teman sudah familier dong dengan makhluk-makhluk magis yang sering wara-wiri di berbagai novel fantasi. Yang paling populer, sebut saja naga, vampir, dan manusia serigala. Sekilas mereka tampak menyeramkan dan berbahaya ya? Jangankan bisa bersahabat, baru bertemu saja mungkin teman-teman sudah ambil langkah seribu.

Tapi jangan keliru… makhluk-makhluk magis lainnya ada banyak sekali lo. Beberapa di antaranya malah baik, jinak, dan bisa dijadikan sahabat. Mau tahu? Yuk, kita kenalan. Kata orang, tak kenal maka tak sayang.
 

IMPUNDULU

Impundulu | Image
Berasal dari Afrika (tepatnya wilayah Pondo, Xhosa, dan Zulu), Impundulu adalah peliharaan gaib para penyihir. Wujudnya berupa burung berbulu hitam dan putih, dengan ukuran sebesar manusia. Ia mampu menciptakan petir dan halilintar, karena itulah ia sering juga disebut lightning bird.

Impundulu memiliki banyak manfaat. Lemak tubuhnya bisa digunakan sebagai ramuan penyembuh, dan dagingnya bisa dipakai sebagai bahan ramuan untuk melacak pencuri dan mengendalikan pikiran manusia… itu kalau kau tega membunuhnya. Impundulu adalah makhluk yang setia dan patuh, serta bisa diwariskan setelah majikannya tewas.  


BARONG

Barong | Image
Barong adalah roh baik pelindung anak-anak. Wujudnya mirip singa, dengan bulu tebal berwarna putih, berwajah merah, dan bermahkota. Hati-hati, jangan sampai tertukar dengan Rangda, si penyihir jahat! Sepintas penampakan mereka memang mirip, tapi mereka berada di dua kubu yang berlawanan.

Biasanya Barong ditemani oleh dua ekor monyet. Jika kau ingin berkenalan dengannya, tidak perlu jauh-jauh, bertandanglah ke Pulau Bali.  


ELF

Elf Fae | Image
Kalau kau pencinta alam, pasti akan cocok bersahabat dengan kaum Elf atau kaum Fae. Mereka pandai menggunakan ilusi dan meracik obat-obatan herbal. Ilusi tersebut dipakai untuk menyembunyikan tempat tinggal mereka, yang ada di berbagai wilayah di Eropa, di antaranya Inggris, Irlandia, Skotlandia, Skandinavia, dan Denmark.

Jika kau beruntung dan berhasil menemukan serta bersahabat dengan kaum fae, manfaatkan untuk belajar lebih banyak tentang alam. Nantinya kau akan bisa buka bisnis obat-obatan herbal deh.  


BROWNIE

Brownie | Image
Brownie adalah peri rumah yang berasal dari Skotlandia. Mereka amat jarang menampakkan diri kecuali pada anak-anak yang masih polos. Brownie bekerja pada malam hari untuk membantu membajak ladang, memanen gandum, memeras susu sapi, serta membersihkan rumah dan kandang hewan.

Balasan atas jerih payah mereka ini bisa berupa makanan kesukaan mereka, yaitu susu, roti, bubur, dan madu. Meskipun brownie amat berguna, jangan sampai menyinggung perasaan mereka, karena mereka dapat berubah menjadi boggart yang gemar mengacaukan rumah dan mengerjai penghuninya.  


NOKKEN

Nokken | Image
Kalau kau senang musik, bersahabatlah dengan Nokken. Berasal dari Jerman, Nokken adalah roh air melankolis yang bisa muncul sebagai kuda putih atau pria muda rupawan. Ia pandai bermain musik dan nyanyiannya amat indah. Jika diberi beberapa persembahan, Nokken bersedia mengajarimu bermain musik.

Tapi hati-hati, jangan sampai kau merusak tanaman kesukaannya, yakni water lily, karena Nokken bisa murka dan menghabisimu.


Bagaimana, dari kelima makhluk magis di atas, adakah yang ingin teman-teman jadikan sahabat? Kisah-kisah lebih lengkap tentang asal muasal mereka kini bisa teman-teman baca dalam buku-buku Mythical Creatures: Asia, Europe, dan Africa. Siapa tahu, mungkin teman-teman malah akan menemukan makhluk lain yang lebih menarik.
 
All Mythical Creatures | Cover

Klik gambar, untuk menuju gerbang dunia makhluk-makhluk magis

 
Dyah Agustine merupakan editor novel-novel Fantasi serta Qanita Classic, kamu bisa follow IG-nya @dblueholic , atau stalking Facebooknya di sini.  


(Penyunting: Nizar Tegar)

Author


Avatar