Artikel

Lead The Innovation Game: Beranikah Kamu Berubah?

Peluncuran Buku Lead the Innovation Game

Generasi milenial dan inovasi merupakan dua hal kunci di dunia kerja dan bisnis saat ini. Generasi baru yang lahir dari era Internet semakin menunjukkan keunggulannya. Tak hanya sebagai konsumen, juga menjadi pionir dalam beragam bentuk start up bisnis. Kekuatan inovasi kreatif generasi ini, yang tak terbayangkan pada generasi sebelumnya, mampu melahirkan abad baru yang energik dan dinamis.


Pambudi Sunarsihanto—berpengalaman sebagai Head of HR di sejumlah perusahaan terkemuka. Dalam acara Meet n Greet serta peluncuran bukunya Lead the Innovation Game: Menjadi Pemenang di Era Milenial, memaparkan bahwa kemampuan beradaptasi sangat dibutuhkan di era milenial. Pambudi juga menjelaskan bahwa tantangan utama di era ini adalah perubahan yang begitu cepat. Hal tersebut menyebabkan peluang kerja menjadi semakin tidak menentu.


Peluncuran-buku-lead-the-innovation-game


Kunci untuk menghadapi perubahan ini, selain kemampuan beradaptasi adalah kemauan untuk selalu belajar hal baru. Perubahan dan generasi milenial ini dibahas dalam bab bertajuk Change or Die dan The Millennial buku Lead the Innovation Game: Menjadi Pemenang di Era Milenial.

 

Makhluk yang akan bertahan hidup bukanlah yang paling kuat atau yang paling pintar, melainkan yang paling mampu menyesuaikan diri dengan perubahan. –Charles Darwin

Generasi milenial, menurut Pambudi, merupakan generasi unggul yang penuh kreativitas dan inovasi. Namun, mereka juga memiliki kekurangan, misalnya saja cenderung tidak sabar. Seperti yang ditulis pada buku praktis dan menarik ini, beberapa karakter khas generasi milenial adalah:

  1. Digitally connected
  2. Shorter attention span
  3. What is for me?
  4. Looking for cool environment
  5. Looking for “experiences”

 

Generasi milenial juga terkenal “sulit dikendalikan” di lingkup dunia kerja. Orang-orang di bagian SDM atau HR kadang menjadi pihak yang harus berhadapan langsung dengan sosok milenial tersebut. Menurut Mohamad Ario Dimas, Vice President of Marketing Loket (GO-JEK Group), bekerja dengan milenial merupakan tantangan yang unik. Nah, strategi menghadapi generasi ini juga lengkap dibahas dalam buku terbaru Pambudi ini.



Acara Meet n Greet Pambudi Sunarsihanto serta peluncuran buku Lead the Innovation Game: Menjadi Pemenang di Era Milenial berlangsung pada Minggu, 11 November 2018 di Toko Buku Gramedia Bandung. Acara ini dihadiri oleh komunitas HR Bandung serta kalangan umum. Peluncuran buku ketiga Pambudi tersebut juga diisi dengan aksi sulap yang menghibur.


foto-bersama-Pambudi

Salah seorang peserta acara, Risma Dewi, mengatakan bahwa acara Meet n Greet Pambudi Sunarsihanto serta peluncuran buku ini sangat seru dan materi yang disampaikan begitu menarik. Setelah mengikuti acara tersebut, Risma Dewi semakin yakin bahwa dengan kemampuan yang dimiliki, generasi milenial dapat membawa perubahan positif, terutama di lingkungan pekerjaan.


Buku Lead the Innovation Game: Menjadi Pemenang di Era Milenial disajikan dengan gaya yang berbeda. Ciri khas generasi milenial lengkap dengan kompleksitas yang harus dihadapi, disampaikan dengan gaya cerita bagaikan novel, dengan karakter utama bernama Andi. Andi mewakili generasi milenial yang menghadapi perubahan di kehidupan pribadi maupun kariernya.


Buku ini membahas secara lengkap cara-cara yang dapat dilakukan generasi milenial untuk menghadapi perubahan. Selain itu, membahas tentang bekerja sama dengan para senior yang lebih konvensional, serta agar mampu menjadi seorang pemimpin. Tidak hanya itu, buku ini juga menghadirkan strategi saat menghadapi keberhasilan, juga tips n tricks untuk memunculkan inovasi-inovasi baru.

Pambudi Sunarsihanto merupakan seorang career coach multitalent yang pernah bekerja sebagai engineer, trainer, project manager, sales manager, dan saat ini di bidang SDM. Sesuai dengan pesan yang disampaikannya mengenai kemauan belajar, Pambudi sendiri adalah seorang life-time learner. Beliau berusaha untuk belajar setiap hari, dari buku, majalah, internet, atau YouTube. Lebih dari itu, Pambudi juga senantiasa belajar dari berbagai kisah hidup orang-orang yang bercerita kepadanya, baik berprofesi sebagai CEO, direktur marketing, office boy, bahkan seorang yang baru lulus kuliah.


pambudi-dan-buku-lead-the-innovation-game

Buku Lead the Innovation Game: Menjadi Pemenang di Era Milenial merupakan buku ketiga Pambudi Sunarsihanto, setelah Think Different, Act Differently dan buku Lead Differently yang diterbitkan oleh Penerbit Kaifa.



[Oleh: Fauziah Hafidha]



Baca juga: Keren! Inilah 4 Tokoh yang Sukses dengan Modal Nekat

Author


Avatar