Anak, Artikel

[DAR Anak] Liburan Ke Kota Batu, Yuk!

foto via tempatwisata.co

foto via tempatwisata.co


Sahabat KKPK sudah punya rencana liburan atau belum? Musim liburan, kan, akan segera tiba! Kalau Sahabat belum punya tujuan untuk berlibur, Sahabat datang ke kota Malang saja! Kota malang yang sangat terkenal dengan apelnya, tidak hanya memiliki perkebunan apel saja, lho.

Selain kebun apel, kota Malang juga memiliki tempat wisata yang keren dan unik, wajib untuk dikunjungi. Keindahan tempatnya tidak kalah dengan tempat liburan di luar negeri, lho! Yuk, lihat ada apa saja disana.




1 . Jawa Timur Park 1

 

foto via trenwisata.com

foto via trenwisata.com


Terletak di Jalan Kartika No.02 Kota Wisata Batu, objek wisata ini menjadi yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan telah menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur. Jatim Park 1 ini memiliki 60 wahana permainan, diantaranya Ken Arok Swimming pool, Tour Bus, Super Loop Coaster, Pendulum 360’, Carnival Halloween dan masih banyak lagi. Tempat ini juga menjadi satu-satunya tempat wisata pertama di Indonesia yang memiliki 5 wahana Roller Coaster sekaligus!

Harga tiket masuknya pun terhitung ekonomis yaitu 70.000 rupiah per orang pada hari Senin – Kamis, sedangkan hari Jumat – Minggu seharga 100.000 rupiah. Untuk menikmati lebih dari 60 wahana permainan, harga tersebut termasuk murah, kan? Di Jatim Park 1 ini Sahabat akan bermain sambil belajar, karena Jatim Park 1 memiliki science center yang dilengkapi dengan science stadium yang mampu menampung 150 orang dalam sekali peragaan science.

Bangunan Jatim Park juga dilengkapi dengan alat-alat peraga ilmu terapan disekitar wahananya. Bermain sambil belajar, ide yang bagus, kan?




2 . Jawa Timur Park 2

 

foto via planetjember69.blogspot.com

foto via planetjember69.blogspot.com


Masih berada di kompleks wisata yang sama dengan Jatim Park 1, tempat wisata yang satu ini merupakan kombinasi unik dari kebun binatang modern sekaligus lembaga konservasi dan museum berstandar internasional dengan luas total 22 hektar. 

Kebun binatang ini memiliki 300 lebih spesies koleksi satwa dari berbagai belahan dunia. Diantaranya ada pygmy marmoset yaitu monyet terkecil didunia, lemur ekor cincin hingga kuda gipsi asal Amerika.

Tak hanya satwa eksotik, beberapa hewan endemik yang sangat unik juga melengkapi koleksi kebun binatang yang dikenal dengan nama Batu Secret Zoo ini, diantaranya ada binturong albino, tapir, landak albino, nutria albino, coatimundi albino, piton albino, harimau putih dan singa putih.

Bahkan kebun binatang ini baru saja menambah koleksinya, yaitu “Snow Leopard” spesies kucing hutan yang berhabitat di pegunungan himalaya yang bersalju. Sahabat pasti penasaran, kan, untuk melihat satwa satwa langka itu? Di kebun binatang ini juga, Sahabat bisa menikmati berbagai wahana, diantaranya berinteraksi dengan hewan sambil memberi mereka makan, pertunjukan singa laut dan lebih dari 30 wahana lainnya.

Selain kebun binatang, Jatim Park 2 ini juga memiliki Museum Satwa yang berstandar Internasional. Di museum ini terdapat berbagai macam fosil dan replika satwa dari berbagai belahan dunia yang ditampilkan dalam diorama yang terlihat hidup.

Tiket masuk ke Jatim Park 2 tidak jauh berbeda dengan tiket Jatim Park 1, yaitu berkisar antara Rp. 84.000,- sampai Rp. 120.000,- saja. Sangat terjangkau bila dibandingkan dengan keseruan yang akan Sahabat dapatkan.




3 . Eco Green Park


Foto via travelspromo.com

Foto via travelspromo.com


Sesuai dengan namanya, Eco Green Park ini mengajak Sahabat untuk lebih mencintai bumi. Dengan lebih dari 35 wahana pembelajaran yang disediakan, Sahabat akan belajar tentang pengolahan limbah, simulasi menghadapi gempa bumi, atau Sahabat bisa bercengkrama dan berfoto dengan satwa-satwa cantik seperti burung Nuri, Kakak Tua, Merak Putih, bahkan burung Elang! Sahabat berani atau tidak, nih?

Eco Green Park terletak tepat disebelah Jatim Park 2 dengan harga tiket masuk 49.000 untuk hari Senin – Kamis dan 70.000 rupiah untuk Jum’at – Minggu. Sahabat pilih Jatim Park 2 atau Eco Green Park? Gerbangnya bersebelahan, tuh!




4 . Museum Angkut dan Movie Star Studios

foto via intaninchan.wordpress.com

foto via intaninchan.wordpress.com


Museum ini berbeda dengan museum pada umumnya, karena museum ini menyajikan lebih dari 300 koleksi alat angkut klasik hingga modern dari berbagai negara di seluruh belahan dunia, ada replika mobil ikonik yang dipakai Mr. Bean juga, lho!

Museum dengan konsep unik ini memiliki 16 zona yang tertata sangat hidup sesuai lansekap kota-kota ternama di dunia, seperti Venice, London, Gangster Town, Las Vegas, bahkan Holywood. Selain itu juga mobil yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu mobil Chrysler Windsor Deluxe tahun 1952 milik Ir. Soekarno yang menjadi mobil kepresidenan pertama Indonesia.

Selain mobil, museum ini juga memiliki koleksi pesawat yang beragam. Ada pesawat Boeing 737-200 dengan interior mewah selayaknya pesawat kepresidenan. Selain bisa berfoto-foto di dalam kabin pesawat, para pengunjung juga bisa belajar menjadi pilot dengan melakukan simulasi terbang di dalam kokpit pesawat ini.

Selain menyuguhkan kendaraan-kendaraan bersejarah, museum ini juga memiliki ruangan lain yang disebut sebagai Museum Topeng. Di dalamnya museum ini menyuguhkan topeng-topeng bersejarah yang harus dijaga kelestariannya, karena merupakan bagian dari budaya Indonesia.




5 . Museum Tubuh “The Bagong Adventure”

foto via kompasiana.com

foto via kompasiana.com


Selain Museum Angkut dan Museum Topeng, kota wisata Batu juga memiliki Museum tubuh. Museum ini menyajikan replika raksasa bagian-bagian tubuh manusia. Disini Sahabat akan belajar mengenai seluk beluk anatomi tubuh manusia yang terlihat rumit itu. Tetapi, museum ini menampilkan replika bagian tubuh manusia dengan cara yang tidak biasa, dijamin tidak akan membosankan.

Terdiri dari 13 zona, diantaranya terdapat zona gigi, hidung, mata, telinga, bahkan paru-paru dan zona-zona lainnya. Sahabat bisa belajar biologi sambil berwisata disini. Sahabat juga bisa mendapatkan fasilitas check up kesehatan gratis di museum ini. Seru, kan?




6 . Batu Night Spectacular

foto via wisatamalang.info

foto via wisatamalang.info


Objek wisata yang satu ini berada tidak jauh dari Jatim Park 2, buka mulai jam 4 sore sampai jam 11 malam. Objek wisata ini dibuka pada malam hari karena menyuguhkan keindahan kerlap kerlip lampu dari berbagai wahana yang ada disana.

Terdapat lebih dari 35 wahana menarik seperti Sepeda Udara, Taman Lampion, Laser Show, hingga wahana-wahana yang mendebarkan seperti Rumah Hantu. Bukan hanya itu saja, berbagai pertunjukan menarik juga bisa dinikmati  setiap hari, seperti Dancing Fountain, Live Music, dan pertunjukan tari tradisional.

Sahabat juga bisa sambil berbelanja disini, karena terdapat sekitar 250 penjual suvenir untuk dijadikan oleh-oleh. Jangan lupakan teman-temanmu di sekolah, ya …




7 . Predator Fun Park

foto via iklantravel.com

foto via iklantravel.com


Predator Fun Park merupakan Taman Konservasi Predator pertama di Indonesia yang berjarak hanya 20 menit dari Batu Night Spectacular, tepatnya di Jalan Raya Tlekung No 315.

Tempat ini memiliki berbagai macam koleksi satwa predator seperti piranha, pari dan berbagai macam spesies buaya. Tempat ini juga mengedukasi tentang pengembangbiakan dan pengeraman buaya. Bahkan para pengunjung bisa berinteraksi dan memberi makan langsung kepada satwa predator di sini.

Tapi, hati-hati, ya … Selain koleksi satwa predator, ada juga waterpark dan beberapa wahana permainan seperti Coco Train, Extreme Trampolin, Fun House dan masih banyak lagi. Nah, itu tadi beberapa tempat wisata di kota Malang yang bisa kamu kunjungi saat liburan nanti.

Kota Malang yang memiliki cuaca yang sangat sejuk ini akan membuat Sahabat betah berlama-lama liburan di kota ini. Yuk, ajak orang tua Sahabat untuk berlibur ke Malang. Sebelumnya, persembahkan nilai ujian yang bagus dahulu, ya … Sahabat


KKPK punya tempat wisata yang seru untuk direkomendasikan kepada sahabat yang lain? Yuk, tulis cerita liburan kamu di rumahkkpk.com, ya …


(Penyunting: Nurasiyah Jamil)

Author


Avatar