Anak, Artikel

[DAR Anak] Makanan Korea Ini Mirip Dengan Makanan Asli Indonesia


 Makanan Asli Indonesia
Indonesia sedang mengalami “demam Korea”. Yang sedang tren dari Korea bukan hanya boyband, girlband, atau drama saja, tetapi kuliner Korea juga sudah mulai merajalela di Indonesia. Banyak kafe dan restoran yang memiliki konsep Korea dan tentunya menyajikan makanan dan jajanan ala Korea.

Tapi Sahabat tahu tidak bahwa ada beberapa makanan Korea yang sangat mirip dari penampilan ataupun rasanya dengan makanan asli Indonesia. Yuk perhatikan beberapa makanan ini, jangan ngiler dulu ya!



1 . Toppoki versus Cilok


 Makanan Asli Indonesia

Toppoki dan Cilok

Yang pertama ada jajanan Korea yang disebut toppoki. Camilan ini terbuat dari tepung beras dan berbentuk bulat memanjang dan bertekstur kenyal dan berwarna putih. Di Indonesia memang banyak makanan yang bertekstur kenyal, tapi camilan yang satu ini sangat mirip dengan cilok! Bukan hanya dari penampilan dan teksturnya, tapi rasanya pun tidak berbeda jauh.

Topokki selalu disajikan dalam keadaan panas dan lebih nikmat jika disiram saus gochuang, yaitu saus pasta cabai dari beras ketan dan kochukaru atau bubuk cabai yang difermentasi. Makanan ini bisa dijumpai di pinggir-pinggir jalan. Mirip kan sama cilok? Apalagi kalau ciloknya ditambah saus kacang.



2 . Kimbab versus Lemper


 Makanan Asli Indonesia

Lemper dan Kimbab

Kimbab adalah makanan yang biasanya dijadikan sarapan oleh orang Korea. Terbuat dari nasi yang diberi isian sayuran, daging dan telur kemudian digulung dengan lembaran rumput laut kering. Indonesia juga punya makanan yang mirip dengan makanan ini. Ya! Lemper.

Lemper sama-sama terbuat dari nasi yang diberi isian kemudian digulung. Bedanya, lemper diisi daging cincang saja. Tapi kalau Sahabat mau bereksperimen, bisa juga lemper diberi isian sayuran. Lebih sehat juga, kan?



3 . Dakkochi versus Sate


 Makanan Asli Indonesia

Dakkochi dan Sate

Dari tampilannya saja dakkochi ini sangat mirip sate, sama-sama ditusuk. Bagaimana dengan bahannya? Masih sama … Yap, Dakkochi ini adalah sate ayam versi Korea. Terbuat dari potongan ayam yang ditancapkan pada kayu atau bambu. Kemudian, dipanggang seperti barbeque sambil diolesi saus manis.

Bedanya, dakkochi memiliki ukuran potongan ayam yang lebih besar dibanding dengan sate ayam Indonesia. Di Korea, makanan ini bisa kamu temuin di pinggir jalan dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 1,000 won/porsi.



4 . Jjajangmyeon versus Mie Ayam


 Makanan Asli Indonesia

Jjajangmyeon dan Mie Ayam

Kalau Sahabat sering menonton drama Korea pasti Sahabat sering melihat makanan ini karena makanan ini gampang ditemukan dan menjadi makanan banyak orang di Korea. Jjajangmyeon adalah mie dengan saus kedelai hitam dicampur dengan potongan ayam. Kalo diperhatikan, Jjajangmyeon mirip banget sama mie ayam.

Kalau Jjajangmyeon pakai saus kedelai hitam, kalau mie ayam cukup pakai kecap aja. Untuk rasanya, enggak jauh berbeda kok dengan mie ayam, sama-sama ada rasa manisnya.



5 . Kimchi versus Asinan Sayur


 Makanan Asli Indonesia

Kimchi dan Asinan Sayur

Kimchi juga hampir selalu menjadi hidangan di setiap drama Korea. Makanan khas Korea ini berbahan dasar sawi putih yang difermentasi. Untuk sebagian orang Indonesia, kimchi memiliki rasa yang aneh yaitu asam dan pedas yang sangat kuat.

Tetapi jika diperhatikan, Indonesia sendiri punya makanan yang mirip dengan kimchi dari segi rasa. Asinan sayur juga memiliki rasa asam dan pedas, mirip dengan kimchi. Perbedaannya hanya pada macam-macam sayur yang ada di dalamnya.



6 . Bulgogi versus Semur Daging


 Makanan Asli Indonesia

Bulgogi dan Semur Daging

Bulgogi adalah masakan daging, biasanya daging sirloin atau bagian daging sapi dengan tekstur yang kenyal dan bagus. Dibanding makanan Korea lainnya, bulgogi memiliki kecocokkan rasa dengan lidah orang Indonesia. Karena rasanya yang familiar dan mirip seperti semur daging. Dari segi penampilan juga bulgogi sangat mirip dengan semur daging.

Perbedaannya ada pada aromanya. Semur daging beraroma lebih sedap karena kaya akan rempah-rempah sebagai bumbunya, sedangkan bulgogi hanya dibumbui kecap asin dan gula. Kira-kira lebih enak semur daging atau bulgogi ya?


Tuh kan Sahabat, gak mesti jauh-jauh ke Korea ternyata kuliner Indonesia juga sangat beragam dan tidak kalah enak dengan kuliner luar negeri. Hhmm … makan apa ya hari ini?  



[Oleh : Rini]

Author


Avatar